Nasihat untuk Jonru dan Para Pemujanya

  • 41
  •  
  •  
  •  
    41
    Shares

DatDut.Com – Entah ada apa dengan Jonru sampai-sampai sebegitu sikapnya Pak Quraish. Sepertinya Jonru memendam kebencian tersendiri pada Pak Quraish. Kalau tidak ada apa-apa, mengapa Jonru selalu bersikap negatif pada pakar tafsir kenamaan Indonesia itu.

Sebagai contoh, sehari sebelum Hari Raya, melalui akunnya Jonru sempat mengajak agar tak salat Id di Istiqlal karena khatibnya Pak Quraish. Beberapa waktu lalu Jonru juga yang memviralkan video Pak Quraish saat menyampaikan bahwa Nabi tak menjamin dirinya masuk surga.

Saya sering ditanya oleh beberapa teman, apa Jonru itu belum mengaca atau mengukur diri? Saya biasanya selalu menjawab, Jonru pasti sudah mengukur. Dia paham siapa Pak Quraish dan siapa dirinya.

Hanya seperti sudah mafhum, Jonru memang pintar memilih objek statusnya agar dia tenar. Dia kritik tokoh dengan nama besar supaya dia pun kecipratan nama besar objek yang dikritiknya. Strategi inilah yang sepertinya sukses melambungkan namanya.

Meskipun demikian, dalam konteks begitu beraninya Jonru bersikap tak sopan kepada Pak Quraish, ada bagian akhlak dan adab yang dilanggar oleh Jonru. Mestinya kalau selama ini Jonru selalu mengajak orang untuk menghormati ulama, pada saat yang sama Jonru justru melanggarnya.

Baca juga:  Lima Orang Ini Berani Kritik Ulama yang Ilmunya Jauh di Atasnya

Pak Quraish Shihab adalah ulama besar yang diakui di dunia internasional. Kepakarannya dalam bidang tafsir juga tak diragukan lagi. Kedalaman ilmunya sangat tampak dalam karya-karyanya. Bahwa ada beberapa pendapat beliau yang mungkin tidak disetujui Jonru, mestinya yang dilakukan Jonru bukan menghasut, tapi menghadirkan argumen pembanding yang kuat dan mendalam.

Hal inilah yang membuat beberapa teman saya gemas dengan tingkah-polah Jonru terkait Pak Quraish. Sebagian teman malah penasaran ingin tahu kemampuan Jonru dalam membaca Alquran. Mudah-mudahan saja Jonru mau memvideokan bacaan Alqurannya sehingga orang bisa menilai kemampuan Jonru terkait Alquran pada level apa.

Ini yang mungkin perlu disampaikan pada Jonru. Selanjutnya, tugas kita semua untuk mencerahkan kawan-kawan kita di medsos yang terlanjur kesengsem dengan Jonru. Para pemuja Jonru tak jarang menganggap Jonru hampir seperti nabi yang tak pernah salah.

Meskipun kita harus maklum, mungkin mereka seperti itu karena tak terbiasa mendapatkan beragam informasi lalu menyeleksinya dan memilah mana yang layak dijadikan pijakan atau pedoman dan mana yang tidak. Dan, mereka secara kebetulan dapat sumber dan bahan informasi yang salah.

Soal agama dengan segenap wacananya, Jonru bukanlah ahlinya. Latar belakang keilmuannya juga tak ada yang bersentuhan dengan agama. Dia hanya kelewat nekat mengomentari dan menulis status soal agama, yang dia sendiri sebetulnya tak begitu memahaminya. Sudah banyak bantahan yang beredar terkait hal-hal yang disampaikan Jonru seputar agama, utamanya yang berhubungan dengan Pak Quraish.

Karena kalau orang selevel Jonru dijadikan panutan soal agama, maka Kiamat berarti benar-benar sudah dekat. Nah, di sini kita semua perlu mencerahkan wawasan orang-orang yang terlanjur kesengsem itu agar tidak keburu menjadikan Jonru sebagai panutan, apalagi soal agama dan segala wacananya.

Baca juga:  Belajarlah Hangatnya Bertoleransi dari Bu Puji dan Biarawati Ini!

Latih mereka dengan menyajikan data, dalil, dan fakta yang membuat mereka berpikir lebih leluasa untuk mendapat kebenaran yang lebih baik. Anda punya teman medsos yang suka share status Jonru? Mungkin Anda perlu bagikan tulisan ini untuknya!

 

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Pendiri DatDut.Com. Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media.
Moch. Syarif Hidayatullah

Latest posts by Moch. Syarif Hidayatullah (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *