Mudik, Benar-benar Surga yang Dirindukan Para Perantau

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Benar kata Nabi, surga itu dikelilingi hal-hal yang tidak menyenangkan, sementara neraka dikelilingi hal-hal yang menyenangkan. Kalau kita sepakat bahwa mudik itu surga, maka jangan menggerutu dengan segala kesulitan dan kesengsaraan yang kita rasakan dalam perjalanan mudik kita.

Bagaimanapun rumitnya perjalanan mudik, bagi para perantau bertemu dengan orangtua, keluarga, dan menghirup udara segar kampung halaman, tetaplah hal yang tak bisa digantikan oleh apa pun. Benar-benar kenikmatan surgawi.

Yang jelas mudik memberi energi tersendiri bagi para perantau sehingga mau bersusah payah melakukan perjalanan yang tidak mudah. Bermacet-macet ria, kepanasan, perjalanan ratusan hingga ribuan kilo, bahkan di tengah-tengah sebagiannya tetap menjalankan ibadah puasa. Semua dilakukan demi merasakan kehangatan bersama keluarga.

Baca juga:  Jelang Idul Adha, Ternyata Banyak Tradisi Unik di Berbagai Daerah, Mulai Mepe Kasur hingga Manten Sapi
Moch. Syarif Hidayatullah

Moch. Syarif Hidayatullah

Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media. Pengajar di Program Magister Fakultas Adab dan Humaniora. Ketua Program Studi Tarjamah FAH UIN Syarif Hidayatullah. Doktor Filologi Islam dan Analisis Wacana.
Moch. Syarif Hidayatullah