Lakukan 5 Hal untuk Rayakan Hari Sumpah Pemuda

  • 37
  •  
  •  
  •  
    37
    Shares

Datdut.Com – Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak bersejarah di Indonesia, tanggal 28 Oktober 1928 lalu Sumpah pemuda ini dikumandangkan oleh berbagai elemen Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan momentum penting yang menandai bersatunya perjuangan pemuda ke arah persatuan Indonesia.

Di sisi lain, kondisi sebagian pemuda Indonesia masa kini masih mengalami krisis identitas diri dan krisis kebangsaan. Mulai dari merebaknya gaya hidup sekuler, hedonis, alay, hingga bahkan sejumlah aksi anarkis di dalam pergaulan kehidupan pemuda Indonesia akhir-akhir ini.

Bagaimanakah seharusnya mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan kita sehari-hari? Yuk, baca artikel ini.

1. Giat Belajar untuk Meraih Cita-cita

Salah satu cara ikut mengharumkan nama bangsa, adalah dengan memerankan peran sebagai pelajar sebaik-baiknya. Ya, caranya dengan giat dan tekun belajar. Agar nanti setelah dewasa, kita mampu berpartisisapi dalam membangun bangsa dan negara, dengan kecerdasan yang telah kita asah. Dengan begitu, kita juga dapat menjadi penerus bangsa yang mampu menghargai perjuangan pahlawan.

Baca juga:  Mau usir Nyamuk dari Rumah secara Alami dan Aman? 11 Tanaman Ini Solusinya (Bag. 2)

2. Berprestasi

Langkah berikutnya setelah menjadi orang cerdas adalah berprestasi. Ya, apa gunanya kalau cerdas tetapi tidak ada orang yang tahu kecerdasan kita? Apa gunanya kalau kita cerdas tetapi kecerdasan kita tidak dimanfaatkan untuk berinovasi? Cobalah untuk berprestasi. Karena percuma saja, jika cerdas tetapi tidak mempunyai prestasi. Kecerdasan kita tidak akan berdampak pada kemajuan NKRI.

3. Menghargai Keragaman Suku, Adat, Budaya, dan Agama

Pemuda yang cerdas dan kreatif mampu menghargai keragaman budaya, suku bangsa, tidak menonjolkan sikap kedaerahan, serta mampu menjaga kekokohan dan persatuan bangsa. Nah, salah satu alat pemersatu bangsa adalah menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sehingga komunikasi dapat terjalin dan meminimalisir perseteruan yang terjadi akibat perbedaan budaya dan karakter kesukuan.

4. Pandai Bergaul

Sebagai pemuda Indonesia, kita harus pandai bergaul agar memiliki banyak teman. Dengan bergaul, banyak ilmu dan pengetahuan yang akan didapatkan. Seperti aktif mengikuti organisasi ekstrakurikuler sekolah, kampus, dll. yang merupakan salah satu bentuk perwujudan semangat Sumpah Pemuda.

Baca juga:  Menegur Kesalahan Orang Tapi Tak Membuahkan Hasil, Ini 5 Tip Jitunya

5. Menjaga Alam

Ya, pemuda juga harus mampu memelihara alam sekitar dan mampu berfikir bagaimana caranya agar lingkungan sekitar tidak rusak. Ya, setidaknya kebersihan lingkungan harus kita junjung tinggi.

Itulah hal penting yang harus dilakukan pemuda Indonesia. Mudah-mudahan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda ini kita sebagai pemuda Indonesia bisa mencontoh semangat para pemuda zaman dahulu dalam memerdekakan Indonesia.

(Editor : Neng Irin)

muhajirPenulis : Muhammad Muhajir

FB : Aji Syarof

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Muhammad Muhajir

Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Alumni Pesantren al-Qudsiyyah Kudus.
Muhammad Muhajir
  •  
    37
    Shares
  • 37
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close