Merasa Diri Terpuruk dan Tak Berarti? Ini 5 Cara Mengatasinya

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com РSepertinya normal ketika kita sebagai manusia pernah ada pada masa di mana kita merasa sangat bodoh. Kayaknya yang kita lakuin semua salah, gak ada artinya.

Kita merasa masalah yang kita hadapi terlalu besar dan terkadang kita berani mengklaim kitalah yang paling menderita di muka bumi ini.

Atau kita merasa kehadiran kita bak buih saja, tak manfaat, sehingga kalau ada lubang yang bisa kita masuki untuk sembunyi, rasanya masuk ke dalamnya untuk beberapa saat adalah pilihan yang sangat tepat.

Tenang, kita gak sendirian. Di luar sana bejibun yang begitu, dan bejibun pula yang sukses melewatinya dengan cara yang cantik. Kesimpulan dari orang-orang yang pernah melewati itu adalah ketika berada di masa-masa seperti itu kita harus tetap melakukan yang terbaik dan yakin bahwa semua ini akan baik-baik saja dan pasti akan berakhir.

Berikut lima tips yang bisa jadi alternatif saat ada pada masa kayak gini biar berakhir indah:

1. Mendengarkan Musik

Ini adalah alternatif paling mudah dan murah. Tinggal ambil handsfree, puter lagu favorit atau lagu yang pernah bersejarah pada masa2-masa tertentu.

Sumpah, ini efektif banget. Apalagi kalau sambil ikut nyanyi lagu yang lagi didengerin. Tetapi ati-ati, pastikan dulu di sekitar kita tidak ada orang, jangan sampai suara kita yang sedang dalam kegalauan yang gila mengganggu orang lain. Hehe

2. Lakukan Hal yang Ringan

Hal yang ringan maksudnya yang tidak memerlukan otak. Artinya tidak perlu mikir dalam mengerjakannnya. Misalnya bisa nyapu, ngepel, beberes buku, beberes masa lalu (ups), mewarnai, corat coret buku dll.

Baca juga:  Jenuh dan Bosan dengan Rutinitas Keseharianmu? Lakukan 5 Hal Ini

Yang penting harus diingat adalah kegiatan tersebut tidak merugikan diri sendiri apalagi orang lain. Lebih bagus lagi jika kegiatan itu bisa bermanfaat buat diri sendiri, kayak baca Kitab Suci, buku-buku kesukaaan, masak buat tetangga dll.

3. Tontonan yang Tepat

Alternatif ini juga bisa mengubah mood dan pola pikir kita. So, memang benar apa yang dikatakan orang-orang pintar di luar sana bahwa tontonan bisa menjadi tuntutan. Apalagi dalam masa-masa galau, memilih tontonan adalah hal yang wajib, harus yang bisa memotivasi diri atau minimal mengalihkan fikiran dari negatif ke positif.

4. Ngobrol sama Temen

Utarakan masalahmu. Tapi bagi orang yang introvert, bisa ambil buku, lalu tuliskan semua yang kamu rasa. Apa pun itu, ceritalah! Hindari memendam sendiri, karena lambat laun itu akan menjadi masalah bukan hanya bagi tubuh kita tetapi juga mental, ini bahaya.

Baca juga:  Hargai Jerih Payah Penulis dan Pemilik Website dengan Cara Ini

5. Ambil Sajadah

Kalau memang merasa berat banget, ambil sajadah, lalu meraunglah sesuka hati ke Sang Maha Cinta. Kita diciptakan-Nya lengkap dengan masalah-masalah sebagai supporting unit kehadiran kita. Dan otomatisnya Tuhan sudah menyiapkan semua jalan keluar dari setiap masalah kita tersebut. Jadi, jalani saja dan tetap berfikir dan bertindak positif.

Yakinkan diri bahwa ini akan berakhir. Kata tetangga sebelah, Hadza sayammuru, ini akan berakhir. Hidup dari dulu juga begini kok, jadi gak usah sedih kepanjangan atau senang kependekan. Semua ini akan berakhir. Yakinlah. Apapun itu. So, just enjoy our life like we want to.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Azzah Zain Al Hasany

Mahasiswa Program Magister Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ibu muda yang bekerja di Mahkamah Agung dan pernah menjadi Ketua Forum Lingkar Pena Ciputat.
Azzah Zain Al Hasany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close