Melepas Sandal Ternyata Salah Satu Tuntunan Islam Saat Masuk Area Kuburan

  • 13
  •  
  •  
  •  
    13
    Shares

DatDut.Com – Tak banyak yang tahu kalau berada di kuburan juga ada etikanya. Ternyata Islam mengatur sampai hal-hal terkecil dalam kehidupan seorang Muslim. Tuntunan-tuntunan ini biasanya ditemukan dalam hadis, bila tidak ditemukan di dalam Alquran.

Salah satu yang unik adalah melepas sandal saat berada di kuburan. Disebut unik, karena kita tak banyak tahu dan memang agak sulit diperaktikkan dalam konteks Indonesia. Kuburan di sini kadang tanahnya becek setelah turun hujan. Dan, kondisi Indonesia yang beriklim tropis, di samping budaya menjaga kebersihan yang masih rendah, membuat tuntunan ini pun sering tak bisa diamalkan.

Dasar melepas sandal saat di area kuburan atau pemakaman ini didasarkan pada hadis ketika Rasulullah Saw. melihat seorang yang berjalan di kuburan dengan memakai sandal. Saat itu Nabi menegur lelaki itu, “Hai orang yang memakai sandal kulit! Celakalah engkau! Lepaskan kedua sandal kulitmu!”

Baca juga:  Soal Doa Buka Puasa, Tak Perlulah Merasa Paling Sahih dan Menyalah-nyalahkan yang Lain!

Maka orang itu melihat siapa yang memanggil. Setelah dia tahu bahwa itu Rasulullah Saw., maka ia pun membuka kedua sandalnya dan melemparnya. Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Daud dengan kualitas sanad hasan.

Measha

Measha

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ibu rumah tangga yang menggemari film korea dan martabak manis juga pesmol gurame.
Measha

One thought on “Melepas Sandal Ternyata Salah Satu Tuntunan Islam Saat Masuk Area Kuburan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *