Mau usir Nyamuk dari Rumah secara Alami dan Aman? 11 Tanaman Ini Solusinya (Bag. 2)

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Musim penghujan masih berlangsung. Ada baiknya menjaga kesehatan keluarga dengan mencegah gigitan nyamuk. Soal mencegah gigitan nyamuk ataupun mengusir nyamuk tentu banyak orang yang memilih berbagai produk kimia yang instan.

Namun jika Anda lebih peduli soal kesehatan, ada baiknya menggunakan tip alami untuk mengusir dan mencegah nyamuk betah di rumah Anda.

Ada banyak tanaman bahkan beberapa di antaranya tergolong liar yang ternyata berkhasiat mencegah nyamuk. Paling tidak, dengan adanya tumbuhan anti nyamuk di rumah Anda, atau di sekitar rumah, bisa meminimalisir adanya serangga satu ini. Berikut ini ada 11 tanaman yang berkhasiat mengusir nyamuk dari rumah Anda:

 

[nextpage title=”7. Peppermint”]

7. Peppermint

Bau dan rasa peppermint sangat dibenci nyamuk. Karenanya sangat baik ditanam disekitar rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, peppermint juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai resep makanan dan minuman.

[nextpage title=”8. Bawang Putih”]

8. Bawang Putih

Lagi-lagi mengusir nyamuk dengan bumbu dapur. Tapi bukan dengan cara dikonsumsi. Sertakan tanaman bawang putih dalam pot di kamar maupun bungan di taman sekitar rumah Anda.

Ini akan berfungsi menambah pengamanan rumah dari serangan nyamuk. Kalaupun daerah Anda tidak cocok untuk menanam bawang putih, paling tidak manfaat mengusir nyamuknya sudah kita dapatkan.

Baca juga:  Mau usir Nyamuk dari Rumah secara Alami dan Aman? 11 Tanaman Ini Solusinya (Bag. 1)

[nextpage title=”9. Penny Royal”]

9. Penny Royal

Tanaman ini masih tergolong dalam kategori tanaman mint. Beberapa penjual bibit bungan online bisa Anda hubungi untuk mendapatkan bibitnya. Tinggi batangnya sekitar 6 – 12 inchi. Penny Royal sangat mudah tumbuh.

Selain berfungsi mengusir nyamuk, ternyata penny royal juga dapat digunakan untuk mengusir kutu, tikus dan hama lainnya. Jadi dengan berbagai manfaat alaminya, tak ada salahnya tanaman ini menjadi salah satu penghuni taman ataupun pot di rumah Anda.

[nextpage title=”10. Rosemary atau Rosmarin”]

10. Rosemary atau Rosmarin

Tanaman ini tampak asing bagi kita. Rosmarin biasa digunakan dalam berbagi resep kuliner kawasan Laut Tengah, misalnya masakan Italia, Yunani/Turki dan Levantia. Rosmarin tahan dengan tanah kering. Jadi cocok ditanam di daerah yang panas.

Tanaman ini menebarkan aroma wangi, yang sekaligus mengacaukan penciuman dan daya efektivitas “radar” nyamuk.

Bunganya berbentuk kecil-kecil dengan warna ungu, sedang daunnya berbentuk jarum tapi lembut, panjangnya sekitar 2-2,5 cm. karena baunya yang kuat rosmarin sering digunakan untuk mengurangi bau pada masakan berbahan daging kambing. Juga ditambahkan dalam ayam atau bebek panggang.

[nextpage title=”11. Geranium”]

11. Geranium

Tanaman Geranium cocok diletakkan dalam pot gantung. Warna warni bunganya yang kecil-kecil memberikan suasana berbeda di teras rumah Anda.

Baca juga:  Lulus Kuliah Tak Berani Nikah, Kamu Perlu Diruqyah dengan 5 Hal Ini!

Tumbuhan ini memiliki warna bunga putih, merah muda, merah dan ungu. Aroma dari daun geranium berkhasiat mengusir nyamuk di rumah.

Cara lainnya, Anda bisa ambil beberapa helai daun geranium kemudian digosokkan pada kulit. Aromanya yang menyengat bagi nyamuk akan membuat serangga itu menjauhi Anda.

Itulah 11 tanaman yang dapat Anda coba tanam di sekitar rumah untuk mengusir nyamuk secara alami dan aman. Selain itu tentu dapat menambah koleksi tanaman hias sekaligus bumbu dapur.  Selamat mencoba.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Nasrudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close