Tip

Mau Perawatan Wajah dengan Bahan Alami dan Murah? Ini 7 Buah Ajaib untuk Kulit Muka

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Bagi para wanita, urusan merawat wajah menjadi salah satu hal terpenting. Namun, soal perawatan wajah kalau menuruti harus ke salon atau dokter kecantikan, tentu akan menguras isi kantong. Apalagi bagi yang punya budget pas-pasan.

Nah, ternyata perawatan wajah nggak selalu harus bayar mahal lho. Ada yang bisa dilakukan sendiri, dengan bahan-bahan di sekitar kita terutama di dapur, dan tentunya yang nggak bikin kantong jebol.

Berikut ini ada 7 buah yang sangat bagus untuk perawatan wajah. Dapatkan wajah bersih, cerah dan kenyal milikmu dengan tip perawatan wajah menggunakan 7 macam buah berikut ini:

[nextpage title=”1. Bengkuang untuk Menghilangkan Flek di Wajah”]

1. Bengkuang untuk Menghilangkan Flek di Wajah

Selain enak dibuat rujak, bengkuang sangat bagus untuk perawatan wajah. Flek-flek di wajah Anda bisa dihilangkan dengan rutin memakai masker bengkuang. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Cukup bersihkan bengkuang, kupas lalu blender hingga halus.

Oleskanlah masker bengkuang ke wajah secara merata. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilaslah wajah menggunakan air es. Sambil membilas, tepuk-tepuklah wajah Anda secara perlahan.

[nextpage title=”2. Buah Ketimun/Mentimun Juga Bagus Buat Menghilangkan Flek”]

2. Buah Ketimun/Mentimun Juga Bagus Buat Menghilangkan Flek

Selain bengkuang, mentimun/ketimun atau disebut juga timun adalah buah yang punya khasiat sama. Prosesnya juga nggak jauh beda dengan membuat masker bengkuang. Cukup bersihkan buah mentimun, blender lalu gunakan untuk masker.

Manfaat lainnya, mentimun yang mengandung Astringent mampu mengurangi kemerahan pada kulit akibat jerawat. Selan itu juga berkhasiat mencegah timbulnya bekas jerawat. mentimun juga mengandung vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal efek radikal bebas yang membahayakan bagi kulit.

[nextpage title=”3. Angkat Sel Kulit Mati dan Atasi Jerawat di Wajahmu dengan Irisan Jeruk Nipis”]

3. Angkat Sel Kulit Mati dan Atasi Jerawat di Wajahmu dengan Irisan Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang biasanya Anda temukan di dapur sebagai bumbu penyedap masakan bisa juga menjadi salah satu buah untuk perawatan wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis dapat membantu peremajaan sel-sel kulit dan melarutkan kandungan lemak pada jerawat.

Baca juga:  Hati-hati Berita Hoax, Ini 5 Tip Mengenalinya

Jadi dengan menggunakan jeruk nipis ada dua manfaat yang Anda dapat sekaligus. Yaitu mengangkat sel kulit mati agar wajah tetap cerah, dan menghilangkan serta mencegah jerawat.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Bisa dijadikan irisan untuk ditempelkan ke wajah, diperas lalu di campur dengan air hangat untuk membasuh wajah, atau bisa juga dicampur madu dan dijadikan masker. Jangan lupa, setelah sekitar 20 menit bilaslah wajah dengan air hangat dan keringkan.

[nextpage title=”4. Buah Tomat untuk Menghilangkan Komedo”]

4. Buah Tomat untuk Menghilangkan Komedo

Tomat yang masih statusnya masih diperdebatkan apakah termasuk buah atau sayuran ini memiliki banyak manfaat. Untuk menghilangkan komedo, mengatasi jerawat maupun bekas jerawat. Rasanya jarang orang yang nggak bisa mendapatkan tomat. Murah meriah dan mudah didapat.

Cara menggunakannya, bersihkan tomat lalu iris tomat menjadi beberapa bagian. Oleskan langsung ke wajah Anda. Khusus bagian yang tumbuh jerawat atau ada bekas jerawat tempelkan tomat ditempat tersebut.

Setelah kira-kira 15 menit Anda bisa membilas wajah dengan air hangat. Hasil maksimal akan terasa jika Anda merutinkan ini selama 1 bulan.

[nextpage title=”5. Buah Apel untuk Mengatasi Wajah Berminyak”]

5. Buah Apel untuk Mengatasi Wajah Berminyak

Minyak berlebih pada wajah bisa memicu tumbuhnya jerawat. Selain itu efek kilap yang timbul pada wajah akibat minyak sering membuat orang kurang PD. Buah apel ternyata punya khasiat untuk mengatasi minyak berlebih di wajah Anda.

Caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan didapur. Hancurkan buah apel dengan cara diblender. Tapi jangan tambahkan air sedikit pun saat memblender. Lalu gunakanlah buah apel halus tersebut sebagai masker. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

[nextpage title=”6. Pisang Membantumu Memiliki Kulit Wajah yang Lembab dan Kenyal”]

Baca juga:  Jempol Kaki Anda Menebar Bau?? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

6. Pisang Membantumu Memiliki Kulit Wajah yang Lembab dan Kenyal

Anda mengidamkan kulit wajah yang selalu lembab dan kenyal, kan? Tak perlu keluar biaya mahal untuk mendapatkan hal itu. Cukup dengan rutin memakai masker pisang tiap harinya, kulit wajah akan menjadi kenyal dan lembab.

Kupas 1 buah pisang lalu hancurkan dengan blender. Campurkan 1 sendok madu ke dalam pisang yang telah hancur tersebut. Aduk-aduk hingga merata lalu gunakan sebagai masker. Oleskan merata pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat dan keringkan.

[nextpage title=”7. Buah Pepaya Bisa Jadi Krim Pemutih Wajah”]

7. Buah Pepaya Bisa Jadi Krim Pemutih Wajah

Banyak sekali krim pemutih wajah yang dijual di pasaran. Tapi tak sedkit diantaranya mengandung zat kimia yang berbahaya. Nah, dengan menggunakan pepaya Anda mendapatkan wajah yang putih dan cerah tanpa taku bahaya efek samping zat kimia dalam kosmetik.

Ambillah pepaya hijau yang masih mengkal/setengah masak. Ambil daging buahnya sebanyak 1 sendok makan. Tambahkan pula 1 sendok makan daging buah pepaya yang sudah benar-benar matang.

Campur keduanya dan haluskan dalam blender. Setelah halus oleksan ke wajah sebagai masker. Biarkan sekitar 15 menit lalu bilas. Lakukan ini secara rutin tiap hari untuk mencapai hasil yang sempurna.

Itulah 7 buah yang dapat membantu Anda untuk melakukan perawatan wajah di rumah dengan biaya terjangkau. Kalau ada yang alami kenapa harus pilih yang mahal?

Nasrudin

Nasrudin

Alumni Pesantren Darussalam Blokagung & Program Pasca Tahfidz VIII Pesantren Bayt Al-Qur'an Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta. Menyukai bakso dan martabak. Penggemar kajian kitab klasik dan kehidupan santri. Saat ini tinggal di Lampung.
Nasrudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *