Mau Mengkaji dan Mendalami Ilmu Alquran? Belajarlah di 5 Kampus Ini

  • 38
  •  
  •  
  •  
    38
    Shares

DatDut.Com – Islam merupakan agama yang selalu menebar kasih sayang bagi semua pemeluk agama di muka bumi ini. Agama ini mengajarkan kedamaian pada sesama pemeluk agama. Islam bersahabat dengan pemeluk agama lain yang ingin bersahabat. Di lain konteks, Islam juga membenarkan perang melawan musuh-musuhnya.

Agama yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. ini, bersumber dari wahyu yang kemudian dinamakan Alquran. Pemahaman Alquran yang benar merupakan kunci utama dalam menyebarkan Islam kasih sayang. Bukan Islam yang garang. Nah, saya rekomendasikan 5 kampus ini bagi Anda yang ingin mengkaji Alquran.

1.Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ)

Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qura’an berdiri pada tahun 1971 atas gagasan dan kerjasama tiga orang tokoh, yaitu K.H. Mohammad Dahlan (Menteri Agama 1967-1971), Prof. K.H. Ibrahim Hosen, dan K.H. Ahmad Zaini Miftah (Imam Besar Masjid Istiqlal), seperti dikutip Ptiq.ac.id.

PTIQ merupakan perguruan tinggi pertama di dunia yang memfokuskan pada hafalan dan kajian Alquran. Bahkan, dua tahun setelah berdirinya PTIQ, Universitas Islam Madinah terinspirasi untuk membuka fakultas khusus Ilmu Alquran.

Namun perlu Anda ketahui, jenjang strata satu (S1) PTIQ sengaja dibuat khusus hanya untuk mahasiswa laki-laki. Kampus ini terletak di Jalan Batan, No.63, Lebak Bulus, Pasar Jumat, Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga:  Kesejahteraan dan Gaji Dosen di Malaysia

2. Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ)

Enam tahun setelah PTIQ berdiri, seperti dikutip dari Iiq.ac.id, Institut Ilmu Al-Qur’an yang berada tepat di seberang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta didirikan pada taun 1977 oleh Yayasan Affan, yang diketuai Sulaiman Affan. Pada awal berdirinya, IIQ membuka Program Magister khusus untuk wanita. Program strata satu justru baru didirikan pada tahun 1982.

Hingga saat ini, Program Strata Satu (S1) IIQ hanya dikhususkan untuk kaum hawa. IIQ juga menyediakan asrama khusus yang beralamat di jalan Moh. Toha N0.31 Pamulang Timur, Pamulang, Tangerang Selatan.

3. Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ)

Berdirinya Universitas Sains Al-Quran pada tahun 2001 tidak dapat mengabaikan peran K.H. Muntaha Al-Hafizh, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Asy’ariyyah Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo, seperti dikutip dari Unsiq.ac.id.

Saat ini, UNSIQ memiliki 7 fakultas, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Bahasa dan Sastra, dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, serta Program Pascasarjana.

4. Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur’an (STKQ) Al-Hikam

Sosok K.H. Hasyim Muzadi berperan penting atas berdirinya Sekolah Tinggi Kulliyatul Qura’an (STKQ) pada tahun 2010. STKQ Al-Hikam ini, terletak di jalan H Amat N0 21 Kukusan Beji Depok, Jawa Barat, seperti dikutip dari Detik.com. Kampus ini terletak persis di belakang Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Baca juga:  Dai Ini Meraih Gelar Doktor setelah Meneliti Ekspansi Ajaran Salafi

STKQ memiliki pola belajar yang terdiri dari murajaah (mengulang hafalan Alquran), dirasah (kajian), dan tanmiyah (kursus dengan materi seperti wawasan kebangsaan, teknologi informasi, dan kewirausahaan), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

5. Fakultas Ushuludin UIN/IAIN

Bila pernah mendengar Universitas Islam Negeri atau Institut Agama Islam Negeri yang terdapat di seluruh Indonesia, Anda akan menemukan Fakultas Ushuludin di setiap perguruan tinggi tersebut.

Bila berminat untuk memperdalam kajian Alquran, Anda dapat memilih Jurusan Tafsir Hadis di setiap UIN atau IAIN di seluruh Indonesia. Dalam jurusan tersebut, Anda juga akan diajarkan mata kuliah yang berkaitan dengan Ilmu Hadis.

Komentar

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi
  •  
    38
    Shares
  • 38
  •  
  •  

One thought on “Mau Mengkaji dan Mendalami Ilmu Alquran? Belajarlah di 5 Kampus Ini”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *