Mau Lomba 17-an? Ini 5 Tips Biar Menang!

  • 6
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

DatDut.Com – Sedikit lagi 17 Agustus, nih. Pasti mulai banyak lomba yang diadakan di berbagai tempat. Dari RT, RW, sekolah, sampai kantor, semua pada ngadain lomba yang beraneka ragam.

Bertahun-tahun ikut lomba 17-an, tapi jarang menang? Atau bahkan belum pernah menang sama sekali? Coba ikuti 5 tips ini biar bisa menangin lomba di tempatmu!

1. Daftar lomba

Ingat ya, guys, kalau mau menang lomba, ya awalnya harus daftar dulu. Mendaftarkan diri sendiri itu penting biar bisa ikut lomba.

Coba diingat lagi, selama ini sudah daftar lomba belum pas mau ikut 17-an? Jangan-jangan Cuma dateng doang lagi, plonga-plongo nunggu dipanggil giliran lomba?

Kalau nggak daftar, sampai negara api menyerang juga nggak bakal menang lomba.

2. Jangan melamun

Pada hari perlombaan, jangan sampai lupa kamu daftar lomba apa saja. Datang ke tempat pelaksanaan lomba sesuai jadwal yang diberikan panitia. Jangan cuma melamun karena itu nggak ada gunanya.

Khusus lomba membawa kelereng dengan sendok, gigit sendoknya di mulut dan jangan di kunyah. Kalau lapar, sebaiknya makan dulu sebelum lomba. Jalan perlahan dan hati-hati karena tidak ada masa lalu yang sedang menghantui.

Baca juga:  Elpiji Kian Mahal, 5 Macam Kompor Berbahan Bakar Air Ini Bisa Jadi Solusinya

Sedangkan untuk lomba memasukkan paku ke dalam botol, pastikan botolnya utuh dan terbuka. Kalau masih ada tutupnya atau botolnya pecah, mana bisa masuk pakunya?

Pokoknya, fokus untuk menang dan jangan melamun!

3. Kerjasama tim

Buat lomba yang berkelompok, hal ini sangatlah penting. Jangan sampai ada perdebatan tak penting saat berjalannya lomba. Bisa-bisa tim lawan menggasak habis timmu dalam sekejap.

Bagi yang ikut lomba tarik tambang, atur formasi dengan baik. Formasi apa yang paling baik? Coba pikir sendiri ya, jangan mager.

Talinya juga bisa diikat di tangan biar lebih kuat. Lalu tarik talinya kuat-kuat dengan tangan. Jangan pakai gigi, nanti bisa copot. Apalagi pakai hati, nanti bisa kecantol.

Kalau lomba futsal caranya seperti biasa lah ya.

4. Nggak terlalu lapar atau kenyang

Nah, ini strategi penting buat yang mau ikut lomba makan kerupuk atau lomba makan yang lain.

Sebelum pergi ke tempat lomba, nggak usah makan terlalu banyak. Khawatir nanti pas mulai lomba sudah nggak nafsu makan dan kecepatan mengunyah menurun.

Terlalu lapar pun nggak bagus. Makan sedikit untuk mengisi tenaga buat lomba. Kalau kelaparan, entar bisa tergoda dengan jatah peserta lain dan lupa sama yang di depan mata. Nah, loh?

Baca juga:  Tata Batinmu terkait 5 Hal Ini, agar Kamu Bisa Tahajud

5. Berlatih yang sesuai

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah latihan. Cari tahu bagaimana prosedur dan aturan lomba yang akan diikuti.

Sesuaikan latihanmu dengan lomba yang akan diikuti. Kalau ikut lomba futsal, bisa latihan menggiring dan menendang bola saja. Nggak perlu latihan lompat-lompat pakai karung segala.

Sudah dibaca? Selamat memenangkan lomba bagi yang sudah daftar dan mengamalkan langkah-langkah di atas!

Jangan lupa bagikan tips ini pada teman-temanmu agar semua orang ikut merenungkan strategi berlomba yang sesuai! Merdeka!

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Yasmin Azzuhri

Mahasiswa Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Yasmin Azzuhri
  •  
    6
    Shares
  • 6
  •  
  •  

One thought on “Mau Lomba 17-an? Ini 5 Tips Biar Menang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close