Masa Bikin Status di Medsos Saja Mesti Plagiat

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Hormati tulisan dan pendapat orang lain dengan menyebut namanya bila kamu mengutip tulisan, gagasan, atau pendapatnya.

Meskipun di media sosial, mestinya tetap begitu etikanya. Nanti takut kebiasaan. Jangan senang dapat like atau share atas status Anda yang sebetulnya tulisan dan pendapat orang lain.

Nanti takut suatu saat ada yang iseng bongkar-bongkar, kan malu. Ini pengingat untuk kita semua.

Saya sering melihat beberapa status yang identik dengan status yang saya posting, tapi tidak menyebut itu tulisan saya.

Saya biasanya diam saja, karena toh itu ilmu Allah yang dititipkan lewat saya. Apalagi kalau itu ada manfaatnya.

Hanya kok gak baik juga ya bagi ybs kalau terus-terusan begitu. Persis orang yang suka foto di mobil mewah, padahal itu mobil kantor. Atau, orang yang suka foto di restoran, padahal ditraktir.

Baca juga:  Ketika Ustaz Firanda Andirja Kritik Ustaz Adi Hidayat

Semoga bisa dipahami demi kebiasaan bermedia sosial yang lebih baik dan saling menghargai.

Maka, jangan berteman dengan saya jika Anda tak kuat baca status saya. Saya takut bila sudah tak kuat, Anda kehilangan adab dan akhlak santun saya, karena saya menulis status bukan untuk memuaskan Anda.

Jangan share status saya bila ketika status saya tak sesuai dengan fikrah dan manhaj Anda, lalu Anda berubah jadi kesetanan. Padahal sebelumnya bila status saya sama dengan mau Anda, Anda taburkan puja-pujian.

Maaf, yang menulis status ini kurang suka dengan yang bermuka dua dan yang berkepribadian ganda. Kalau Anda merasa begitu, lebih baik unfriend atau blokir saya.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Pendiri DatDut.Com. Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media.
Moch. Syarif Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close