Manfaat Dunia-Akhirat yang Bisa Didapat Saat Tertimpa Musibah

  • 11
  •  
  •  
  •  
    11
    Shares

Datdut.Com – Akhir-akhir ini di Indonesia sedang dilanda beberapa musibah, yang paling hangat tentu saja musibah gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala.

Memang penderitaan, sakit, atau terkena musibah adalah sesuatu yang dibenci siapa pun dan ini merupakan sesuatu yang dibenci hawa nafsu. Sebab ketika menderita, aktivitas nafsu menjadi terganggu seperti nafsu makan, minum, tidur, dan nafsu-nafsu lainnya.

Akan tetapi yang perlu diingat, bahwa tidak semua penderitaan atau musibah itu adalah sesuatu yang buruk. Apa saja rahasia di balik musibah? Yuk, simak berikut ini.

1. Bentuk Kasih Sayang Allah

Ibarat anak sekolahan, apabila ingin naik kelas harus ada ujian yang harus dilalui oleh seorang murid. Begitu juga seorang muslim, biasanya Allah akan menguji hamba-Nya untuk meningkatkan derajat keshalihan di sisi-Nya. Ini tidak lain adalah bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya.

2. Insyaf dari Kelalaian

Manusia sering kali lalai dari tugas dan kewajibannya sebagai hamba Allah dan sebagai makhluk yang dipercaya memegang kepemimpinan atau khalifah di muka bumi. Kelalaian tersebut misalnya tidak melaksanakan kewajiban, mengabaikan fakir miskin, korupsi, berbohong, dan lainnya.

Baca juga:  Luqman Al-Hakim, Orang Kulit Hitam yang Jadi Nama Surah dalam Alquran, Ini 5 Faktanya

Ketika sibuk dengan kehidupan dunia, kadang-kadang kita melupakan Tuhan. Setan memanfaatkan keadaan tersebut untuk menyeret kita ke kubangan syahwat dan kedurhakaan. dan bila Allah memberi cobaan dengan berbagai musibah atau penyakit, baru lah kita sadar akan kekeliruan langkah kita.

3. Ampunan Dosa

Biasanya juga sebuah penderitaan atau musibah adalah bentuk ampunan dari Allah atas dosa-dosa yang dilakukan oleh hati, pikiran, mulut, tangan, dan kaki seseorang. Tapi ada juga penderitaan yang merupakan bentuk hukuman atas kesalahan yang dilakukan oleh seseorang.

Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang muslim ditimpa gangguan berupa penyakit lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon yang menggugurkan dedaunan.” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Pembuka Jalan Surga

Bila ingin mencapai keberhasilan atau jabatan yang tinggi kadang harus melewati jalan yang penuh lika-liku, tanjakan, dsb. Demikian jalan menuju surga. Duri, belukar, dan hal-hal yang tidak menyenangkan akan menghadang.

Sebuah jalan yang sebagian orang, sangat membelenggu dan menyiksa hawa nafsu. Sebaliknya, arah neraka sangat mudah diikuti, karena memang menyenangkan dan meluluskan segala hawa nafsu.

Begitu juga penderitaan adalah sebuah hal yang tidak menyenangkan. Namun jika kita tabah dan sabar dalam menerimanya, Allah swt akan mengampuni dosa kita dan membukakan jalan surga.

Baca juga:  5 Mitos Orang Tua yang Bersumber dari Ajaran Islam

5. Selamat dari Api Neraka

Orang yang sakit dan sabar atas penderitaan, insya Allah akan dijauhkan dari siksa neraka. Suatu hari Rasulullah disertai Abu Hurairah ra. menjenguk seseorang yang sedang sakit demam.

Setelah duduk sejenak, beliau bersabda: “Bergembiralah karena Allah berfirman, ‘ Inilah neraka-Ku. Aku menganjurkanya menimpa hamba-Ku yang mukmin di dunia ini agar dia jauh dari siksa api neraka besok hari akhirat.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Hakim)

Itulah para sobat, beberapa rahasia di balik derita. Tidak semua derita adalah bentuk kebencian Allah kepada hamba-Nya, oleh karena itu, kita harus selalu berperasangka baik kepada Allah swt.

Komentar

Muhammad Muhajir

Muhammad Muhajir

Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Alumni Pesantren al-Qudsiyyah Kudus.
Muhammad Muhajir
  •  
    11
    Shares
  • 11
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *