Mana yang Didulukan, Hafal Alquran atau Belajar Ilmu Agama?

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Salah satu hal yang membahagiakan hidup di zaman ini adalah lahirnya (kembali) generasi pecinta dan penghafal Alquran.

Jangan banyak dikritik dulu anak-anak yang sedang cinta-cintanya kepada Alquran dan sedang berjuang menghafal Kalam Mulia Tuhannya.

Mereka sudah cinta dan mau hafal Alquran saja sudah keren di tengah godaan hedonisme dan alayisme yang tak kenal henti.

Fenomena banyaknya orangtua yang ingin menjadikan anaknya sebagai hafiz, seperti sedang tren saat ini, membuat banyak orangtua bingung.

Sepertinya dalam konteks kebingungan itu, saya sering ditanya, “Mana yang lebih penting, menghafal Alquran atau belajar ilmu agama seperti tafsir, hadis fikih, qawaid, akhlak, dll?”

Saya jawab, “Dua-duanya penting. Kalau sudah hafal Alquran tapi belum paham ilmu agama, maka sudah saatnya belajar ilmu agama. Atau sebaliknya, kalau sudah paham ilmu agama tapi belum hafal Alquran, maka sudah saatnya menghafal Alquran.”

Baca juga:  Hilangnya Adab Jamaah Pengajian Gegara Mabuk Pilpres

Saya juga sering ditanya, “Mana yang lebih didulukan, menghafal Alquran atau belajar ilmu agama?”

Saya jawab, “Dua-duanya bisa dilakukan secara bersamaan. Namun bila tak bisa secara bersamaan, maka kenali dulu potensimu atau potensi anakmu. Kalau punya potensi hafalan kuat, menghafal yang utama didulukan. Sebaliknya, kalau pemahamannya yang bagus, maka belajar ilmu agama yang bisa didulukan.”

Ingat! Tak ada kewajiban untuk menghafal Alquran. Yang ada justru kewajiban mencari ilmu agama. Tapi belajar ilmu agama akan jauh lebih sempurna bila hafal Alquran.

Tapi jangan paksa dirimu atau anakmu melebihi batas kemampuannya. Yang penting jangan pernah lelah berdoa agar diri kita dan anak-anak kita selalu berada di jalan kebaikan, cinta Alquran, dan terus mau belajar ilmu agama sampai ajal mnjemput.

Baca juga:  Tren Menghafal Alquran dan Menghormati Penghafalnya
0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Pendiri DatDut.Com. Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media.
Moch. Syarif Hidayatullah

Latest posts by Moch. Syarif Hidayatullah (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close