Maksimalkan 5 Fitur FB Ini Agar Akun Anda Aman dan Nyaman

  • 43
  •  
  •  
  •  
    43
    Shares

DatDut.Com – Siapa yang tak tahu Facebook? Aplikasi media sosial karya Mark Zuckerberg ini sangat populer dan hanya sebagian kalangan tua saja yang tak menggunakannya.

Bahkan, menurut Anand Tilak (Head of Facebook Indonesia), sebagaimana dilansir Infokomputer.com, hingga tahun 2015, pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 72 juta orang.

Tak hanya sebatas jumlah, pengguna Facebook Indonesia merupakan trendsetter atau pembuat tren, bukan sekedar pengikut.

Banyak rekan yang mengeluh akunnya diretas orang usil. Sebagian lagi sebel karena dinding Facebooknya kotor oleh coretan dan tanda dari orang.

Sepertinya mereka belum memaksimalkan fitur keamanan yang disediakan. Padahal, Facebook mempunyai fitur pengaman yang cukup untuk melindungi akun kita.

Bahkan sewaktu-waktu Anda meninggal, Facebook telah menyediakan fitur agar Facebook Anda dinonaktifkan. Penasaran? Berikut ini lima fitur unik yang harus Anda manfaatkan.

1. Pengaturan Umum

Sebagian cara membobol akun FB adalah dengan melacak email yang dipakai mendaftar. Detail triknya bisa Anda tanya sendiri kepada “Mbah” Google. Untuk mengantisipasi, sebaiknya email asli Anda tidak ditampilkan di halaman profil Tentang.

Caranya, masuk ke Pengaturan Umum, lalu klik bagian Email. Setelah terbuka, maka pilihlah Gunakan email Facebook Anda. Dan hilangkan centag pada Izinkan teman …dst. Dengan cara ini, alamat email asli yang Anda pakai mendaftar di Facebook tak akan tampil di halaman Tentang.

2. Kronologi dan Penandaan

Dinding kronologi akun FB adalah seperti dinding rumah sendiri. Seharusnyalah orang yang akan menandai atau ingin coret-coret di dinding kita itu harus minta izin.

Kalau tak diatur demikian, akun kita akan penuh dengan coretan orang lain, penandaan. Dari sekian banyak tag atau tanda, pasti ada yang kurang kita sukai kalau tampil di dinding kronologi.

Ini bisa diatur. Masih di halaman Pengaturan, pilihlah Kronolgi dan Penandaan. Lalu klik “Siapa yang dapat menambahkan …dst”.  Pilihlah Hanya saya. Ini akan membuat kronologi Anda tertutup dari coretan orang lain.

Baca juga:  Sebelum Wafat, Prof. Dr. Ali Mustafa Yaqub Mengajarkan 5 Cara Ini dalam Memahami Hadis

Dengan trik ini, bagi yang ingin mengucapkan terimakasih atas konfirmasi, selamat ulang tahun dsb, biarlah lewat inbox saja.

Lalu, klik Tinjau kiriman yang menandai Anda …dst. Klik pada tombol Menyala. Ini berfungsi untuk memberitahu Anda apabila orang menandai Anda (tag) dalam kiriman status tertentu.

Selanjutnya turun ke Bagaimana cara mengelola tanda…dst. Klik pada Tinjau tanda yang … dst”, dan klik tombol Menyala.

Dengan trik kedua ini, setiap ada orang menandai Anda, akan ada pemberitahuan yang terletak di bagian kiri halaman profil.

Tulisannya, 1 item menunggu persetujuan Anda. Tinggal klik pemberitahuan tersebut, lalu Akan diarahkan ke halaman persetujuan apakah kiriman itu akan ditampilkan di dinding ataukah tidak.

Bahkan, jika mau, Anda bisa hapus tanda dengan cara klik tanda gerigi pada sudut kanan berita yang menandai, lalu pilih Hapus tanda. 

3. Pemblokiran

Fitur satu ini fungsinya untuk mengembalikan status teman di FB yang pernah kita blokir. Misalnya, sudah merasa kuat lihat mantan berfoto bareng pasangan dan anaknya, kita bisa hilangkan blokiran kita. Hehehe.

Tapi ingat, cara ini tidak bisa menghilangkan blokiran orang kepada kita. Jadi kalau kita yang diblokir, tentunya menunggu kebaikan hati orang tersebut untuk membuka pemblokirannya atas kita.

Tempatnya masih di halaman Pengaturan. Pilih Pemblokiran. Lalu pada pilihan urutan kedua terlihatlah menu Memblokir Pengguna. Di situlah tercantum nama-nama pengguna FB yang pernah Anda blokir. Tinggal klik Batalkan blokir, maka Anda dapat kembali saling melihat kabar.

4. Keamanan

Sekarang, kita membicarakan bagian yang paling penting. Menu ini berada di nomor dua dari atas. Setelah klik, akan tampil banyak pilihan.

Pilihan teratas adalah Pemberitahuan masuk. Sunting agar bila ada orang akses akun FB Anda dari komputer atau perangkat yang belum Anda pakai, maka akan ada SMS pemberitahuan masuk nomor HP Anda.

Lalu menu kedua, Persetujuan masuk, pilihlah ponsel untuk menerima kode keamanan setiap Anda akses dari perangkat berbeda. Pengamanan akun FB menjadi berlapis apabila kita menggunakan akun Gmail.com.

Baca juga:  Tata Batinmu terkait 5 Hal Ini, agar Kamu Bisa Tahajud

Saat ini, Gmail juga bisa diatur tambahan keamanannya dengan menggunakan verifikasi lewat kode yang dikirim ke nomor HP pengguna.

Memang jadinya ribet kalau harus mempersiapkan HP ketika akan akses FB dari warnet misalnya. Tapi demi keamanan akun kita, kenapa tidak?

5. Wariskan Akun Pada Keluarga

Masih dalam menu keamanan, kita ke bagian paling bawah. Ada pilihan Kontak pewaris. Bila disunting, maka akan tampil kotak yang bisa Anda isi dengan nama akun keluarga yang akan Anda percaya untuk mewarisi akun FB Anda.

Di bawah kotak isian tersebut, agak kebawah ada pilihan Penghapusan akun. Jika Anda ingin akun dihapus setelah Anda meninggal, maka silakan centang pada tombolnya. Maksudnya bukan Anda, tapi keluarga Anda. Kan Anda sudah meninggal? Hehe.

Apabila sewaktu-waktu meninggal, saudara Anda yang mewarisi FB dapat memberi laporan ke pihak FB bahwa pemilik akun (Anda) telah meninggal. Lalu pihak Facebook akan menghapus akun Anda.

Mungkin penjelasan ini terlalu singkat dan kurang memahamkan. Tetapi kalau Anda buka pada bagian dan menu yang saya sebutkan tentu akan lebih jelas. Atau, perlukah saya buka jasa setting keamanan akun FB di Lapak.datdut.com? Hehehe.

nasrudin maimunKontributor : Nasrudin | Penggemar martabak dan bakso

FB: Nasrudin El-Maimun

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Nasrudin

Alumni Pesantren Darussalam Blokagung & Program Pasca Tahfidz VIII Pesantren Bayt Al-Qur'an Pusat Studi Al-Qur'an Jakarta. Menyukai bakso dan martabak. Penggemar kajian kitab klasik dan kehidupan santri. Saat ini tinggal di Lampung.
Nasrudin
  •  
    43
    Shares
  • 43
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close