Ini 5 Makanan yang Terbuat dari Nangka Muda

  • 13
  •  
  •  
  •  
    13
    Shares

Datdut.Com – Banyak yang bingung, sebenarnya nangka itu sayuran atau buah-buahan. Karena nangka mempunyai dua sisi yang berbeda.

Selagi muda, si nangka ini bisa diolah menjadi sayur pendamping nasi. Setelah si nangka beranjak tua dan mulai kuning warna buahnya dia berubah nama menjadi buah-buahan.

Tapi biarkanlah, tak usah bingung-bingung, tulisan di bawah ini  tentang masakan yang berasal dari nangka muda:

1. Gudeg

Siapa sih yang nggak kenal dengan makanan yang satu ini. Gudeg merupakan salah satu makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gudeg berbahan dasar nangka muda yang dicampur dengan santan. Sewaktu proses memasak, gudeg dimasak bersama-sama dengan daun jati. Jadi hasil masakannya agak berwana merah kecoklat-coklatan.

Hemz… ada yang pernah mengatakan bahwa warna merah kecoklatan tersebut berasal dari darah ayam kampung yang dimasak bersama-sama nangka dan santan.

Tapi ternyata mitos itu tidak benar. Eh, bukan berarti hanya nangka dan santan saja ya bumbunya. Tentu saja dicampur dengan bumbu-bumbu pilihan lainnya.

Jika tanpa bumbu-bumbu yang mantap tentulah gudeg tidak akan terkenal seantero negeri ini. Kalau jalan-jalan ke Yogya jangan sampai lupa lho untuk mencicipi makanan khas Yogya yang satu ini.

Jangan khawatir, yakin deh harganya nggak akan membuat kantong kita bolong.

2. Nasi Megono

Masih dari Jawa Tengah. Nangka muda nampaknya menjadi primadona ya di Provinsi Jateng. Nasi megono merupakan makanan khas kota Batik, Pekalongan.

Megono berbeda dengan gudeg ya. Kalau gudeg cara memasaknya dengan cara digodog sampe lemput, sedangkan megono dengan cara dikukus.

Baca juga:  Mengungkap 5 Misteri Gerakan Shalat

Tentu saja beda cara memasak, beda juga bumbunya. Saya sih belum pernah memasak ataupun mencicipi megono atau gudeg.  Tapi sepertinya jika dibayang-bayangkan mungkin rasanya gurih-gurih gimana gitu. Hehe.

Buat teman-teman yang lagi jalan-jalan ke Pekalongan, jangan sampai lupa mencicipi makanan khas kota Pekalongan ini, ya.

3. Gulai Nangka

Kalau makanan yang satu ini, sepertinya semua daerah mempunyai resepnya. Artinya gulai nangka bukan makanan khas daerah tertentu.

Malah sudah menjadi resep rumahan. Mulai dari Padang, Palembang, Jakarta, Jawa, bahkan mungkin sampai ke seluruh pelosok bumi pertiwi mengenal yang namanya gulai nangka.

Tentu saja bukan hanya sekedar mengenal ya, tetapi juga bisa memasaknya. Gulai nangka cara memasaknya mudah kok. Yang penting ada bahan-bahan dan bumbu-bumbunya. Dan jangan lupa juga harus tahu cara memasaknya.

Kalau tidak tahu cara memasaknya, pastilah kita akan merasa kesulitan dalam memasaknya. Tenang saja kawan-kawan, jika ingin memakan makanan ini nggak perlu pergi jauh-jauh ke mana gitu.

Soalnya di warteg-warteg bahkan rumah makan padang mudah sekali ditemui gulai nangka ini. Tentunya dengan harga yang terjangkau pula, ya.

4. Tumis Nangka Muda

Nah, makanan yang satu ini sepertinya membuatnya lebih mudah daripada membuat gulai nangka muda. Itu bagi saya. Kalau bagi teman-teman yang lain saya kurang tahu. Hehe.

Kenapa saya berargumen demikian, karena yang namaya tumis pastilah tidak memakai santan. Karena saya nggak suka marut kelapa, makanya saya menganggap menumis nangka muda lebih mudah daripada membuat gulai nangka muda.

Baca juga:  Ini 5 Amal Saleh yang Terampas Oleh Dunia

Kalau untuk bumbu-bumbunya silakan di cari di googling ya teman-teman. Kalau saya jelasain di sini bisa jadi dua lembar nih jadinya tulisan ini. Wah, pasti boring, kan.

5. Sayur Lodeh

Nangka muda juga bisa dimasak menjadi sayur lodeh. Biasanya kalau makan nasi sayurnya pake sayur lodeh nangka muda, paling enak didampingi lauk ikan asin atau krupuk ikan.

Apalagi kalau krupuk ikan Palembang, pastilah rasa ikannya menggigit banget deh. Biar lebih lezat dan aromanya lebih mantap, sewaktu memasak bisa ditambahi dengan daun kemangi.

Itulah beberapa informasi tentang makanan yang berasal dari nangka muda. Namanya juga orang Indonesia, buahnya masih mentah saja bisa dimanfaaatkan untuk menjadi sayuran.

Itu membuktikan bahwa Indonesia itu masyarakatnya kreatif dan inovatif. Tinggal membawa saja makanan khas kampung halaman itu menjadi makanan yang terkenal seantero dunia.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Maftukhatul Inayah

Mahasiswa Program Studi Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta asal Martapura. Aktif berorganisasi dan kegiatan tulis-menulis.
Maftukhatul Inayah

Latest posts by Maftukhatul Inayah (see all)

  •  
    13
    Shares
  • 13
  •  
  •  

One thought on “Ini 5 Makanan yang Terbuat dari Nangka Muda

  1. Mau nanya mbak, untuk pembuatan abon, jenis nangka muda apa ya untuk dihasilkan abon yang mirip daging , terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close