Tradisi

Berziarahlah ke 5 Makam Islam Tertua di Indonesia Ini

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Banyak versi tentang awal masuknya Islam ke Indonesia. Tetapi yang paling masyhur menyebutkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. Tentunya para pendahulu yang menyebarkan Islam di Bumi Pertiwi tidak mungkin selamanya hidup. Pastinya ajal juga menjemput mereka. Nah, di bawah ini beberapa situs makam Islam tertua di Indonesia, yang merupakan makam dari para penyebar Islam:

1. Fatimah binti Maimun

Makam Fatimah binti Maimun binti Habatallah ini berada di Dusun Leran, Desa Pesucian, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Pada batu nisannya menunjukkan angka 475 H/ 1082 M. Wah, tua banget ya. Kakek buyut saya saja belum lahir tuh. Menurut sejarah, makam ini dianggap paling tua di Nusantara. Keberadaannya dikaitkan dengan kisah imigrasi Suku Lor asal Persia yang datang ke Jawa pada abad ke-10 M.

2. Syaikh Samsuddin Al-Wasil

Makam ini juga masih berada di Jawa Timur.Tepatnya di Kabupaten Kediri. Makam ini berada dikomplek pemakaman Setana Gedong. Tenang saja, makam ini berada di dalam Kota Kediri kok. Bukan di pelosok Kota Kediri, ya. Tepatnya berada di Kampung Setana Gedong. Makam ini berada di sebelah barat laut Masjid Setana Gedong. Menurut penelitian Prof. Dr. Habib Mustopo, guru besar UIN Malang mengatakan bahwa tokoh Syaikh Samsuddin adalah seorang ulama besar yang hidup pada abad ke-12, yaitu pada masa kerajaan Kediri. Tapi tidak disebutkan secara pasti kapan Syeikh Syamsuddin al-Wasil ini wafat.

Baca juga:  Ini Kenangan-kenangan Masa SD yang Bikin Kamu Ketawa! Yang Mana Pengalamanmu?

3. Sultan Malikus Saleh

Setelah dari Pulau Jawa, mari kita beranjak  ke Pulau Sumatera. Tepatnya di Serambi Mekah yaitu di Aceh Utara, yang terdapat sebuah peninggalan makam kuno yang betanggalkan 696 H/1297 M. Nama sang empunya makam tersebut adalah Sultan Malikus Saleh. Beliau adalah Raja Pasai pertama yang mempunyai peranan besar dalam pengembangan dakwah Islam di Nusantara. Selain itu, Kerajaan Samudra Pasai merupakan Kerajaan Islam pertama di Indonesia. Wajar saja, kalau makam Sang Raja pertamanya ini merupakan salah satu makam Islam tertua di Indonesia.

4. Syaikh Maulana Malik Ibrahim

Dari Aceh Utara kita kembali lagi di Gresik. Lagi-lagi di Gresik terdapat salah satu makam Islam tertua di Indonesia, yaitu makam salah satu waliyullah yang dikenal dengan sebutan Walisongo. Tepatnya di kampung Gapura di dalam Kota Gresik terdapat makam Syeikh Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan nama Sunan Gresik. Makam ini bertuliskan angka 882 H/ 1419 M, yaitu tahun wafatnya, menempatkannya sebagai salah satu tokoh yang dianggap penyebar Islam tertua di Jawa.

Baca juga:  Masihkah Percaya pada Mitos dan Kutukan Nikah "Ngelangkahi" Kakak? Toh Agama Tak Pernah Melarang

5. Syaikh Jumadil Kubro

Terdapat banyak versi di mana letaknya makam Syeikh Jumadil Kubro berada. Ada yang menyebutkan berada di antara tambak dan daerah Terboyo Semarang. Hal ini dikarenakan Syaikh Jumadil Kubro pernah melakukan tapa di bukit Bergota Semarang. Ada juga yang mengatakan makam beliau berada di lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Turgu di kaki Gunung Kawastu, juga  terdapat makam Syeikh Jumadil Kubro. Tetapi, khalayak umum kebanyakan mempercayai bahwa makam beliau yang asli berada di kompleks pemakaman Tralaya di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kelima daftar makam di atas hanya sebagian kecil saja dari makam-makam tertua di Indonesia. Tentunya, masih banyak makam tertua lainnya yang tidak hanya terdapat di pulau Jawa dan Sumatera tetapi juga berada di pulau-pulau di Indonesia yang jumlahnya puluhan ribu.

 

Maftukhatul Inayah

Maftukhatul Inayah

Mahasiswa Program Studi Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta asal Martapura. Aktif berorganisasi dan kegiatan tulis-menulis.
Maftukhatul Inayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *