Lupakan Kegagalan, Terima Kenyataan, dan Bangkitlah

  • 18
  •  
  •  
  •  
    18
    Shares

DatDut.Com – Pernah ngga sih kalian ngerasa kecewa dalam hidup ini? Aku yakin kalian semua pasti pernah mengalami hal yang sama, yaitu sebuah kekecewaan.

Klo aja kekecewaan itu bisa diutarakan satu per satu, pasti akan ada banyak macamnya. Iya kan? Iya dong, pasti!

Misalnya kecewa karena tidak mendapatkan nilai ujian yang memuaskan, kecewa karena hubungannya kandas di tengah jalan, kecewa karena tidak lolos seleksi beasiswa, de el el.

Klo udah ngerasa kecewa, semua pikiran negatif bermunculan. Iya ngga sih? Terkadang, kita sendiri sampai bingung dan bertanya-tanya sendiri di dalam diri, “Sebenernya siapa sih yang salah?”.

Kita ambil aja contohnya kecewa karena ngga dapet nilai ujian yang memuaskan. Nah, dari contoh kekecawaan ini kita bisa telusuri titik kesalahannya dimana.

Di saat kita liat nilai ujian kita rendah dan ngga sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka kita harus introspeksi dulu sebelum menyimpulkan. Yaitu dengan menelaah kembali apa yang udah kita perbuat.

Baca juga:  Permainan Anak Zaman Dulu Lebih Menantang, Menyehatkan, dan Membahagiakan!

Caranya adalah dengan bertanya dalam sanubari. Apakah di saat proses belajar di dalam kelas kita sudah benar-benar memperhatikan?

Apakah kita sudah paham dengan materi yang disampaikan oleh dosen atau teman kita yang presentasi? Apakah persiapan belajar kita untuk ujian sudah maksimal?

Pasti banyak pertanyaan yang ada dalam benak kita. Iya toh? Itulah yang seharusnya kita lakukan sebelum menyalahkan keadaan.

Karena dengan introspeksi diri, secara tidak langsung semua pertanyaan di benak kita akan terjawab dan kita tau di mana letak kesalahannya.

Setelah ada beberapa pertanyaan, maka faktanya pun akan muncul. Bisa jadi, faktor yang menyebabkan nilai ujian kita rendah adalah karena kita belum paham dengan materinya dan persiapan belajar kita pun belum maksimal.

Ingat ya! Usaha itu tidak akan mengkhianati hasil. Percayalah bahwa di setiap kejadian itu pasti ada hikmah yang dapat kita ambil. So, jangan bersedih hati klo apa yang kita dapat tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan!

Baca juga:  Ini 5 Pertanyaan yang Bikin Badmood Saat Lebaran Ketemu Teman atau Keluarga

Kenapa? Karena dari sebuah kegagalan kita bisa belajar dan berusaha untuk lebih baik lagi.

Ingat ya! Kegagalan itu bukanlah titik akhir dari hidupmu! Tapi dengan satu kegagalan, kamu bisa mengubah dunia dengan seribu kesuksesan.

Tetap semangat ya kawan! Jangan mudah putus asa! Yakinkan dalam hati bahwa Allah memiliki rencana yang indah untukmu disaat apa yang kamu dapat tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3
67 %
Happy
%
Sad
%
Excited
33 %
Angry
%
Surprise

Komentar

Iip Latifah

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Iip Latifah
  •  
    18
    Shares
  • 18
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close