Lima Hal yang Sering Dirasakan Mahasiswa Tingkat Akhir

  • 24
  •  
  •  
  •  
    24
    Shares

DatDut.Com – Mahasiswa, semester satu lugu-lugunya. Semester dua masih dalam tahap proses pencarian. Semester tiga udah mulai pusing mikirin tugas. Semester empat sampai lima biasanya semester yang penuh petualangan.

Semester enam udah mulai galau mikirin judul skripsi, KKN, atau praktek luar lapangan. Nah, kalau udah semester tujuh dan delapan, sudah mulai banyak kegalauan yang mendera. Galau karena apa aja sih memangnya? Ini dia yang sering dicurhatin mahasiswa semester akhir.

1. Bingung Nentuin Topik dan Korpus untuk Skripsi

Bisa dibilang nentuin judul skripsi itu udah kayak milih jodoh. Ketika kita sudah serius dan yakin bahwa judul itu akan di acc sama dosen yang berwenang, apalah daya jika Tuhan belum menghendaki.

Kita merasa sudah paling benar dan paling yakin kalau judul itu sudah pasti layak dan cocok untuk kita. Tapi apalah daya.  Jika kurang matang di latar belakang dan ketika ditanya seputar topik kita masih kelihatan bingung dan mendadak jadi orang gagu, ya sudah.

Pasti disuruh mencari topik yang lain. Kalau tidak ganti ya revisi. Sudahlah. Jalani saja. Toh semua mendapat judul yang tepat pada nantinya.

2. Suka Ngegalauian Dosen Pembimbing

Kalau judul sudah di acc dan sudah dapat dosen pembimbing, kegalauannya ganti. Suka ngegalauin dospem. Ada yang bilang susah ditemuin lah.

Ada juga yang bilang, “Ih.. dospem gue banyak maunya deh.” “Ih… salah mulu tau bimbingan sama beliau.” Dan masih banyak lagi keluhan-keluhan yang dirasakan mahasiswa.

Baca juga:  Trik Cepat Selesai Tugas Akhir bagi Mahasiswa Semester Tua

Tapi sebenarnya itu semua kembali ke kita sebagai mahasiswa yang dibimbingnya. Kalau kita serius mengerjakannya serta teliti dan detail, pasti dospem kita juga nggak susah-susah amat.

Yakinlah, dosen lebih pengalaman dan lebih banyak ilmunya daripada kita. Simple-nya sih dengerin masukan dari beliau dan aplikasikan ke skripsi kita. Insya Allah, nanti mudah ke depannya. Jangan lupa banyakin berdoa dan perkuat usaha ya!

3. Kalau Udah Pusing, Pengen Jerit dan Pengen Kabur Aja

Semua orang pasti memiliki titik kejenuhan masing-masing. Sebenarnya sih, kembali ke diri kita masing-masing. Mau dibawa santai atau mau seperti di bawah tekanan. Tapi kebanyakan sih pengennya santai.

Entah kenapa yang disayangkan kadang juga merasa jenuh dan tertekan. Kalau udah kayak gini biasanya mulai kacau pikiran. Tidak bisa konsentrasi dan ingin mengumpat diri sendiri.

Kalau boleh kasih saran, jika mengalami hal seperti ini mending segera ambil wudu lalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Bisa dengan salat sunnah atau baca Quran. Kalau bisa dua-duanya itu lebih menarik, kawan!

4. Paling Males ke Kampus

Kalau udah semester akhir, biasanya sudah tidak mengikuti mata kuliah lagi. Nah, ini biasanya yang jadi penyebab males ke kampus. Ditambah lagi kalau ke kampus pasti ketemu sama dosen-dosen.

Apalagi kalau ketemu dosen pembimbing dan kita belum bawa hasil tulisan yang mau buat bimbingan. Wah, rasanya itu campur aduk. Deg-degan dan ga berani ngangkat muka.

Baca juga:  Ini 5 Fakta tentang Organisasi Mahasiswa Pelindung Homoseksual

Tapi sebenarnya sering ketemu dosen itu baik buat diri kita. Jadi bisa dijadikan motivasi buat kita agar segera menyelesaikan skripsi.

5. Kadang Rasanya Pengen Nikah Aja

“Ya Allah pusing… pengen nikah aja.” Sering loh mendengar curhatan kayak gini. Eits, tapi nanti dulu, emang kalau mau nikah udah ada calonnya. Terus yakin emangnya kalau nikah itu tidak lebih berat daripada skripsi.

Skripsi itu pertanggungjawaban selama kita kuliah empat tahun. Pembuktian keilmuan kita. Nah, kalau nikah tanggung jawab kita sudah melebar. Tidak hanya satu hal yang diurus, tapi berbagai macam hal.

Ngurusin suami belum lagi nanti kalau punya anak. Nah, tanggung jawabnya dunia akhirat itu. So, selesain dulu lah skripsi. Yakinlah bahwa semua akan indah bukan pada waktunya. Tapi, akan indah di waktu yang tepat.

Semangat terus mahasiswa semester akhir. Semua akan berakhir. Jika ingin segara mengakhiri hubungan dengan skripsi, seriuslah. Nanti juga selesai di waktu yang tepat kok.

Komentar

Maftukhatul Inayah

Maftukhatul Inayah

Mahasiswa Program Studi Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta asal Martapura. Aktif berorganisasi dan kegiatan tulis-menulis.
Maftukhatul Inayah

Latest posts by Maftukhatul Inayah (see all)

  •  
    24
    Shares
  • 24
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *