​Lakukan Ini agar Ginjal Tetap Sehat

  • 7
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares

DatDut.Com – Tak banyak yang menyadari kalau ginjal adalah salah satu bagian tubuh yang penting. Meski ia hanya seperti kacang polong dalam tubuh kita, tapi ia sangat penting dan bisa mematikan jika sudah rusak.

Tak memandang umur, tak memandang apa-apa ia akan mematikan siapa saja bagi yang tak memiliki pola hidup sehat. Apa saja sih tip agar ginjal sehat? Berikut 5 tip agar ginjal tetap sehat:

1. Menjaga Pola Istirahat

Tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup. Begitupun dengan ginjal. Ginjal akan bekerja lebih keras karena jika kurang tidur akan mengganggu peredaran darah.

Berbeda apabila kita menjaga pola istirahat, maka ginjal juga akan lebih sehat. Oleh karena itulah, beristirahatlah yang cukup.

Hal ini tak hanya berlaku bagi ginjal kita, tetapi seluruh organ tubuh. Karena sejatinya, menjaga pola istirahat menghindarkan kita dari stres, diabetes, dan menurunnya sistem imun.

2. Jangan Minum yang Bersoda atau yang Berwarna dan Berpengawet 

Salah satu penyebab ginjal sakit adalah karena meminum soda berlebihan dan minuman berwarna yang mengandung bahan pengawet. Itulah yang dialami oleh kerabat saya, sehingga ia mengalami gagal ginjal.

Baca juga:  Hati-hati Berita Hoax, Ini 5 Tip Mengenalinya

Buat anda yang suka meminum soda dan berwarna karena mengandung pengawet, lebih baik hentikan sebelum terlambat karena lebih bagus minum air putih.

3. Jangan Makan dan Minum sambil Berdiri 

Nabi Muhammad SAW melarang makan dan minum sambil berdiri karena itu adalah perbuatan buruk dan keji. Semua ini pun punya alasan.

Salah satunya adalah karena makanan langsung menabrak dinding perut sehingga makanan atau minuman takkan terserap dengan baik di saluran pencernaan. Hal ini pun juga terjadi pada ginjal.

Air yang masuk ke dalam organ ginjal tak dapat diterima dengan baik sehingga menyebabkan pengkristalan dan batu ginjal.

4. Jaga Makanan 

Selain menjaga minuman, yang harus dijaga adalah makanan. Makanan yang dimakan adalah makanan yang sehat dan sesuai porsi ideal.

Hindari makanan cepat saji, dan mengandung zat buatan seperti makanan kemasan. Karena selain tak baik untuk ginjal jika dikonsumsi terus menerus, juga tak baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya, seperti otak, dan lain sebagainya seperti pembentukan lemak.

Selain itu, bagi anda yang hobi merokok, sebaiknya itu juga dihindari untuk mencegah terjadinya disfungsinya ginjal sebab aliran darah menjadi melambat akibat rokok.

Baca juga:  Motivator Kelas Dunia Ibrahim Elfiky Ajarkan 5 Kunci Bangkit dari Kegagalan

5. Menjaga Pola Olahraga

Obat kimia tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, menjaga pola olahraga adalah sesuatu yang wajib dilakukan agar tubuh tetap sehat dan fit di samping menjaga pola makanan, minuman, dan istirahat yang cukup.

Olahraga menyebabkan sirkulasi darah menjadi lancar dan tubuh menjadi berkeringat sehingga orang cenderung banyak minum air putih dan mencegah terbentuknnya batu ginjal.

Nah, itu tadi cara menjaga kesehatan ginjal. Masih nggak mau jaga kesehatan ginjal atau bahkan tubuhmu sendiri?

Komentar

Dewi Sri

Wanita yang selalu haus berkarya. Selalu suka dengan hal-hal baru. Menulis jadi bagian terpenting dalam hidupnya. Aktif di berbagai organisasi. Salah satunya di Forum Lingkar Pena.
Dewi Sri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *