Lakukan 5 Hal Ini saat Anda Kehilangan File Penting

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Kehilangan file atau data penting pasti sangat menjengkelkan. Membayangkan harus kerja keras lagi untuk mengerjakannya mulai dari awal dengan deadline yang mepet, bikin kepala pening tujuh keliling.

Tenang dan jangan panik, karena pemilik jasa servis laptop di lapak.datdut.com, Sirojuddin, telah memberi bocoran bagaimana cara mengembalikan file-mu yang tiba-tiba menghilang.  Nah, silakan coba lakukan 5 tips ini!

1. Gunakan Fitur Pencarian

Jangan panik jika hal tersebut terjadi, langkah pertama coba cek di semua data di laptopmu, karena biasanya file tersebut bukan hilang tapi lupa dalam folder mana file itu tersimpan.

Supaya memudahkan pencarian file, gunakan fitur pencarian “search” yang terdapat pada home start di bawah pojok kiri layar laptopmu.

2. Cari di Recycle Bin

Coba cek di recycle bin, siapa tau file-file yang hilang itu tidak sengaja terhapus lalu bisa kamu temukan di recycle bin. Dan kamu bisa mengembalikan (restore) file tersebut ke tempat semula. Tapi, jika tidak kamu temukan, lakukan tahap selanjutnya!

Baca juga:  Jauhi 5 Tempat yang Paling Disukai Jin Ini

3. Gunakan Anti Virus

Scan menyeluruh semua folder dalam laptopmu. Mungkin saja file-mu terkena virus yang dapat menghilangkan dan membuat file-mu tidak terbaca. Sehingga menyebabkan file-file tidak terdeteksi.

Biasanya, virus-virus tersebut terbawa bersama flashdisk yang sering dipakai bergantian dari satu laptop ke laptop yang lain. Makannya, scan-lah setiap flashdisk yang masuk dan juga jangan lupa men-scan laptopmu minimal setiap seminggu sekali. Jika ternyata tidak ter-hidden oleh virus dan juga tidak ada di recycle bin. Lakukan tip selanjutnya!

4. Gunakan Program Recover Myfiles

Banyak sekali software recovery, salah satunya gunakan program recover My files yang merupakan salah satu software recovery yang sering digunakan karena kemudahan dan kelebihan fiturnya. Software ini berfungsi mengembalikan data yang hilang atau terhapus.

Sebenarnya, file yang terhapus tidak benar-benar hilang dari harddisk, karena pada umumnya harddisk menyimpan dan mencatat semua file di dalam piringan harddisk.

5. Minta Bantuan Jasa Recovery Data

Baca juga:  Jangan Menutup Diri dan Terima Nasib sebagai Pribadi Tertutup! Lakukan 5 Tip Ini

Terakhir, mintalah bantuan ke Jasa Recovery Data (Baca: Jasa Servis Leptop). Apalagi untuk data yang telah terhapus cukup lama bagi orang awam mungkin akan susah melakukan recovery sendiri, meski dengan menggunakan software-software tertentu.

Dan terakhir berdoalah kepada Allah Swt. agar kamu bisa segera menemukan file yang kamu butuhkan itu, hehe. Selamat mencoba.

nenengNeneng Maghfiro | Penulis tetap Datdut.Com

Twitter : @NengAirin

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Neneng Maghfiro

Alumni Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan International Institute for Hadith Sciences Darus-Sunnah Jakarta.
Neneng Maghfiro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close