Kurang Afdol Tujuh Belasan Tanpa 5 Hal Ini!

  •  
  •  
  •  
  •  

Datdut.Com – Setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia. Tentunya, kebayang kan apa yang ada di benak kamu saat perayaan itu? Yup banyak pernak-pernik di sekeliling desa dan kampung.

Ditambah lagi, kemeriahan even-even tertentu yang ada di dalamnya. Mau tahu hal-hal yang identik saat perayaan kemerdekaan Indonesia? Simak 5 hal identik saat acara tujuh belasan berikut:

1. Perlombaan dan Permainan

Biasanya, banyak even, permainan dan perlombaan yang diadakan saat moment tujuh belasan tersebut. Segala jenis perlombaan diadakan dan diperlombakan. Mulai dari panjat pinang, makan kerupuk, lari goni, tarik tambang dan lain sebagainya.

Tentunya, hal ini menambahkan semarak dan keceriaan di saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Warga berduyun-duyun pergi dan berkumpul di lapangan desa atau di balai desa, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun turut meramaikannya.

2. Upacara Bendera

Setiap intansi baik tingkat daerah maupun pusat akan menggelar upacara bendera. Mulai dari instansi tingkat kementerian, kelurahan, kecamatan, sekolah serta kampus-kampus pun mengadakan upacara bendera.

Baca juga:  Salawat Badar Mendunia, Ini 5 Fakta Sejarahnya

Hal ini dilakukan sebagai tanda mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan demi berkibarnya sang merah putih di saentaro nusantara ini.

3. Pawai atau Gerak Jalan

Kegiatan pawai atau gerak jalan pun turut mewarnai meriahnyatujuh belasan. Mereka mengadakan gerak jalan yang diikuti oleh semua lapisan masyarakat. Bahkan di beberapa daerah ada yang mengadakan gerak jalan  yang menempuh jarak 40-50 km dengan berjalan kaki.

Makna yang terkandung dalam simbolisasi tersebut sesungguhnya mengajarkan individu tentang perjuangan, semangat pantang menyerah, pengorbanan dan lain sebagainya.

Di samping mengenang betapa pahit dan kerasnya perjuangan dan perngorbanan para pendahulu, para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

4. Pengibaran Bendera

Di setiap halaman rumah, kantor, dan lembaga dihiasi dengan pengibaran bendera merah putih. Seluruh masyarakat sangat antusias dan partisipatif dalam merayakan HUT RI tersebut.

Bahkan setiap kendaraan pun, baik motor, mobil, bus pun wajib mengenaikan asesoris perayaan kemerdekaan Indonesia, yakni bendera merah putih.

5. Menghias Kampung

Biasanya, di sejumlah daerah atau wilayah, para warga masyarakat berlomba-lomba untuk menghias dan memperindah tampilan kampung. Mulai mengecat kembali tugu masuk perkampungan, memasang spanduk, hiasan bendera di setiap sudut jalan kampung atau desa.

Baca juga:  5 Kemistisan Suku Dayak

Tentunya, hal ini menunjukkan antusiasme mereka yang tinggi terhadap perayaaan kemerdekaan Indonesia. Bahkan tak jarang pula, event menghias kampung atau desa ini diperlombakan dan diberikan hadiah bagi mereka yang menghiasi kampungnya dengan hal-hal unik, nyentrik dan penuh filosofis.

Secara tidak langusng, sesungguhnya tradisi yang baik ini tentunya akan menjadi warisan budaya yang akan diteruskan dan dijaga secara turun-temurun hingga ke generasi berikutnya.

 

Komentar

Toni Pransiska

Toni Pransiska

Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat ini sedang menyelesaikan program doktor di kampus yang sama.
Toni Pransiska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *