Kunci Sukses ala Dr. Ahmad Qusyairi Suhail

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Beliau adalah guru dan dosen yang dicintai muridnya. Sosok yang tegas dan displin, begitulah kami mengenal Dr. Ahmad Qusyairi Suhail.

Saking diseganinya di kalangan santri, dehamannya yang khas sudah dapat membuat mereka bergegas ke masjid. Langsung merapikan saf dan siap melaksanakan salat berjamaah bersama beliau.

Sebagai Ketua Dewan Pengawas, beliau juga kerap mengingatkan santri dan warga pesantren jika ada yang tidak sesuai. Seperti saat tandon air penuh dan airnya terus mengalir.

Atau sudah malam, tapi kipas dan lampu masjid masih menyala. Beliau tak bosan-bosan mengingatkan untuk segera mematikannya.

Para santri juga sangat hafal dengan nasihat beliau setiap pertemuan pertama setiap tahunnya. Kiat sukses serta kata mutiara yang selalu diulangnya tiap awal tahun ajaran baru.

Begitu pun saat aku masuk ke perguruan tinggi. Pertemuan pertama yang selalu diawali dengan kontrak pembelajaran pun dilengkapi dengan nasihat beliau yang sangat kuhafal.

Baca juga:  Satu Universitas di Satu Fakultas

Suara dehamnya menyambutku Senin pagi itu. Beliau memasuki kelas dengan salam dan duduk di balik meja dosen. Penuh semangat dan tepat waktu seperti biasa.

Setelah sesi perkenalan, beliau mulai menyampaikan nasihatnya. Jika ingin sukses, maka kita harus memperhatikan lima kuncinya.

Kunci yang pertama adalah niat. Selain disiplin, hal utama yang harus diperbaiki untuk meraih sukses adalah niat.

Karena sesungguhnya segala sesuatu tergantung pada niatnya. Saat niatnya baik, maka selanjutnya juga akan baik.

“Sebelum saya keluar dari kamar asrama saat mahasiswa dulu, selain membaca doa saya juga selalu memperbaiki niat. Niatkan kembali apa tujuan kita menimba ilmu,” ujar beliau.

Setelah niat, kita juga harus bersungguh-sungguh dalam belajar. Tanpa kesungguhan, kita akan merasa sulit menghadapi lika-liku sebagai penuntut ilmu.

Yang ketiga adalah yang paling sering diabaikan, yaitu disiplin. Hal ini sangat ditekankan pada kami yang kerap lalai dan menyia-nyiakan waktu.

Kunci yang keempat adalah sabar.

“Banyak ujian yang akan kita hadapi saat belajar. Tanpa sabar, kita tak akan mungkin sanggup melewatinya,” jelas beliau dengan semangatnya.

Baca juga:  Ketika Mbah Kiai Syafa’at Menyayangi Kucing dan Anjing

Yang terakhir tapi tak kalah penting adalah doa. Doa dapat menjadi senjata paling ampuh dalam menghadapi segala keadaan. Terutama doa dari orang tua kita.

Begitu lah nasihat beliau yang selalu kudapat dari tahun ke tahun. Sejak masih kelas 1 SMP sampai kini menjadi mahasiswa di Fakultas Dirasat Islamiyah, beliau selalu mengulang-ulang nasihatnya dengan harapan kita akan selalu semangat dalam menuntut ilmu nantinya.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Yasmin Azzuhri

Mahasiswa Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Yasmin Azzuhri

One thought on “Kunci Sukses ala Dr. Ahmad Qusyairi Suhail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close