Ini 5 Kuliner Bersantan Terlezat di Indonesia

0 0
  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 202

Waktu Baca2 Menit, 9 Detik

Datdut.Com – Keragaman kuliner nusantara adalah hasil dari keragaman suku bangsa dan kekayaan budaya nusantara. Kuliner nusantara sangat terkenal sebagai masakan yang kaya rempah, tentu saja itu karena Indonesia adalah negeri subur penghasil berbagai macam rempah. Dan dari semua kuliner-kuliner itu, ada beberapa kuliner bersantan yang sangat lezat. Yuk, simak.

1. Rendang

Kuliner khas padang ini sangat digemari di Indonesia, tak hanya oleh orang padang. Kelezatan rendang daging sapi ini hasil dari proses masak yang berulang-ulang dengan santan. Katanya, untuk memperoleh daging yang empuk dan bumbu yang meresap harus dijaga volume api dan irama aduk saat memasak rendang. Selain itu, karena dimasak berulang-ulang dengan rempah yang mengandung bahan pengawet alami, rendang kering bisa bertahan hingga 4 minggu. Tapi, kalau rendang kalio (basah/berkuah) hanya tahan hingga 1 munggu.

2. Opor Ayam

Makanan ini adalah menu wajib setiap Hari Raya Idul Fitri, meskipun sering juga kita jumpai di hari-hari lainnya. Biasanya opor ayam ini diberi campuran kentang dan telor. Rasa lezat kuliner ini, dihasilkan dari santan kental yang bercampur menjadi satu dengan ayam dan berbagai rempah-rempah. Nah, rasa nikmat opor ayam ini akan benar-benar sempurna jika dimakan dengan ketupat atau lontong, gaes.

Baca juga:  Hati-Hati dengan 5 Sebab Selingkuh Ini

3. Soto Betawi

Soto Betawi adalah salah satu kuliner soto nusantara yang layak diacungi jempol. Kuah santannya yang kental dan dicampur jeroan juga kerupuk melinjo, memberikan cita rasa khas yang sangat nikmat. Sebelum menyantap sota betawi tersebut, kamu juga bisa tambahkan bawang goreng dan perasan jeruk nipis sesuai selera. Kamu pasti bakal ketagihan, deh.

4. Sayur Mangut Ikan Panggang

Selain destinasi wisata yang mempesona, kuliner di Semarang tidak kalah menariknya. Di sini, salah satu kuliner yang benar-benar akan menggoyang lidahmu adalah sayur mangut ikan panggang.

Kuliner ini berbahan utama ikan pari atau ikan manyung yang diasapi. Biasanya ikan itu banyak ditemukan di pinggiran pantai di kawasan Semarang. Nah, rasa khas ikan pari yang dicampur dengan rempah-rempah serta santan yang kental, membuat semua yang pernah mencicipi sayur mangut ini akan selalu rindu untuk kembali ke Semarang.

5. Nasi Gandul

Baca juga:  Ini 5 Kesan Setelah Menonton Film ‘Bulan Terbelah di Langit Amerika’

Nasi Gandul ini biasanya disajikan di atas piring yang dialasi daun pisang, tapi yang paling unik dari cara penyajian nasi gandul ini, yaitu sendoknya juga terbuat dari daun pisang yang dipotong panjang dan dilipat dua sehingga bisa digunakan untuk nyendok.  Hehe.

Kuliner ini khas daerah pesisir pantai utara tepatnya kota Pati. Nasi panas dilumuri kuah daging bersantan ini benar-benar lezat. Selain itu, kita juga bisa memilih tambahan lauk yang memang biasanya disediakan sebagai penyanding nasi gandul, seperti jeroan, tempe bacem, perkedel, dsb.

(Editor : Elok)

nenengPenulis : Neneng Maghfiro (Penikmat telor setengah mateng)

Twitter : @NengAirin

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Neneng Maghfiro

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *