KPI Mau Mengawasi Youtube dan NetFlix, Kok Netizen Keberatan?

  • 14
  •  
  •  
  •  
    14
    Shares

DatDut.Com – Belum lama setelah gempa mengguncang Jabodetabek sektor dunia nyata, kini giliran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang mengguncang Nusantara sektor dunia maya.

Lembaga yang melabeli dirinya sebagai lembaga pengawas penyiaran itu, melontarkan wacana akan melakukan pengawasan pada media penyiaran berbasis online.

Tidak semua media, “Tapi yang paling clear: Youtube dan Netflix,” kata Ketua KPI Agung Suprio, seperti dilansir Tempo.co.

Sebagai konsumen aktif dari Youtube, melihat banyaknya konten-konten yang tidak bermanfaat, saya rasa langkah yang diambil oleh KPI sudahlah tepat.

Sebut saja konten komedi jenis prank. Sebuah konten yang membuat korbannya menjadi kaget, heran, atau bingung yang intinya mengganggu kehidupan orang lain dengan tujuan menaikkan popularitas si tukang prank ini.

Saya membayangkan, jika KPI menerapkan aturan ini, Youtube akan bersih dari tayangan yang tidak ada nilainya, seperti konten prank ini.

Baca juga:  Ketika Doa "Allahumma Bariklana" Pun Dipersoalkan

Alasannya karena hal itu bertentangan dengan UU Penyiaran No. 32 Bab 2 Pasal 2 bahwa penyiaran dilakukan harus berasaskan pada manfaat dan etika.

Jadinya, semua orang akan menonton konten pendidikan atau dakwah yang sudah jelas penuh dengan nilai-nilai yang dapat direalisasikan di kehidupan sehari-hari.

Nah, kan bagus kalau benar-benar terealisasi. Tapi mengapa para netizen yang mahabenar malah tidak setuju, sampai melayangkan sebuah petisi untuk menolak wacana ini? Bukankah wacana ini harus disambut, bukan malah disambat?!

Sebelum media penyiaran online yang akan diawasi, KPI telah mengawasi media penyiaran yang menggunakan frekuensi atau semisalnya seperti televisi dan radio.

Kan lembaga pengawas. Tugasnya pasti mencegah penayangan yang tidak layak dong, seperti mencabut penayangan yang mengandung unsur vulgar dan kekerasan bukan malah melarang penayangan kartun.

Baca juga:  (Lagi) Ribuan “Korban” Status Hoax tentang PKI di Manado! Anda Salah Satunya?

Bagaimana jika KPI menetapkan aturan ini nantinya? Apakah Youtube akan senasib dengan televisi?

Akankah spongebob, luffy dan kawan-kawan mengalami nasib yang sama untuk kedua kalinya, setelah mereka dilarang di tv?

Semoga saja tidak.

Jika KPI nantinya akan menerapkan aturan ini, saya berharap luffy dan kawan-kawan, begitupun dengan spongebob serta sahabatnya patrick masih mendapat izin tayang untuk menghibur kita semua.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Muhammad Sholahudin Al-Ayyubi

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Muhammad Sholahudin Al-Ayyubi

Latest posts by Muhammad Sholahudin Al-Ayyubi (see all)

  •  
    14
    Shares
  • 14
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close