Bantahan terhadap Dr. Khalid Basalamah terkait Masalah Sayyidina

  • 121
  •  
  •  
  •  
    121
    Shares

DatDut.Com – Baru-baru ini muncul fatwa baru yang membuat gempar umat Islam Indonesia, khususnya adalah warga Ahlussunnah. Dalam video pendek itu terdapat pembidahan dalam menisbatkan kata “sayyidina” ketika menyebut Nabi Muhammad Saw. Menurutnya, kata sayyidina belum ada di zaman Nabi. Menyebut Nabi dengan sayyidina malah mengurangi martabat Nabi. Pendapat ini disampaikan oleh Dr. Khalid Basalamah, yang beberapa waktu ini banyak menarik perhatian netizen.

Kontan saja pendapat ini menimbulkan polemik. Pasalnya, memanggil Nabi Muhammad dengan menggunakan sayyidina sudah menjadi kebiasaan turun temurun mulai dari zaman dahulu. Nah, ketika masyarakat mendengar fatwa kontroversial seperti itu, pastilah masyarakat merespons dan menanggapinya dengan cepat, dan bahkan hingga mengatakan hal-hal negatif.

Baca juga:  Wacana Khilafah di Dunia Maya Dikuasai Kelompok Anti-Pancasila

Perlu diketahui bahwa sebenarnya pemanggilan dengan kata sayyidina terhadap beliau Nabi Muhammad Saw. sudah digunakan oleh para sahabat seperti dalam beberapa hadis yang akan disebutkan di bagian berikutnya. Entah mengapa hadis-hadis tersebut diabaikan begitu saja. Beliau malah justru membidahkan orang-orang yang tidak sepaham dengannya.

Muslihin, Lc.

Muslihin, Lc.

Alumni Universitas Imam Syafi'i Mukalla Hadramaut Yaman. Anggota Bahtsul Masail PCNU Kab. Grobogan. Alumni Pon Pes Al-Ma'ruf Bandungsari, Pon Pes Al-Maymun Kauman Klambu Grobogan.
Muslihin, Lc.