Klarifikasi Pihak Masjid Al-Hikmah New York terkait Daud Rasyid

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Beberapa hari ini ada video yang berkeliaran mengenai kekisruhan di masjid Al-Hikmah New York, khususnya kejadian pada Jumat 19 Mei 2017.

Daud Rasyid (DR) yang mengaku Imam masjid Al-Hikmah juga telah memberikan pernyataan yang tidak jujur, serta diramu untuk menangkis sikap dan karakternya yang sangat memalukan.

Karakter DR yang kaku, angkuh, ingin benar sendiri, bahkan cenderung mengkafirkan pihak-pihak yang tidak sependapat dengannya telah membawa perpecahan dan kekisruhan di Masjid Al-Hikmah sejak setahun ini.

Kehadiran Daud Rasyid di Masjid Al-Hikmah

Sebelum menjelaskan perihal apa yang terjadi di masjid Al-Hikmah, perkenankan kami menyampaikan terlebih dahulu tentang kehadiran Daud Rasyid di masjid Al-Hikmah. Hal ini penting diketahui agar latar belakang setiap peristiwa bisa menjadi jelas.

Daud Rasyid pertama kali ke Amerika diundang oleh ICMI Orwil Amerika untuk memberikan ceramah agama di beberapa kota, termasuk di masjid Al-Hikmah. Sejak itu pula Daud Rasyid sudah tertarik untuk pindah kerja di Amerika.

Di mana-mana meminta diundang untuk jadi Imam, seperti IMAAM di Washington DC, IMF di Los Angeles, Pengajian Houston, bahkan masjid kecil dengan jamaah kecil seperti Philadelphia juga diminta mengundangnya jadi imam. Juga beberapa kali mendekati pengurus masjid Al-Hikmah New York.

Tapi tidak satu pun dari masjid atau kelompok pengajian itu yang tertarik untuk mengundangnya. Hingga tahun 2016 ada salah seorang anggota Board masjid Al-Hikmah yang berhasil dia dekati dan mengunsangnya.

Baca juga:  Habib Rizieq Pun Pernah Divonis Syiah, Ini 5 Bantahan Telaknya!

Anggota Board inilah, tanpa sepengetahuan pengurus lainnya, dan juga tanpa penyampaian apa pun kepada jamaah, mengundang Daud Rasyid untuk datang menjadi Imam di masjid Al-Hikmah.

Sebenarnya tidak ada masalah kalau saja dilakukan dengan prosedur yang baik. Toh memang memerlukan Imam. Yang jadi masalah karena datang tanpa prosedur yang benar.

Tapi yang paling bermasalah adalah cara pandang agama Daud Rasyid yang keras, kaku dan tidak mengenal lingkungan. Semua yang tidak sejalan dengan pikirannya dianggap salah. Apalagi dengan karakter yang selalu ingin menang sendiri dan angkuh.

Maka sejak kehadirannya jamaah menjadi resah, ribut, bahkan terkadi kekisruhan-kekisruhan. Yang ikut di pengajian-pengajiannya tidak pernah lebih dari 7-10 orang.

Jamaah masjid Al-Hikmah menolak Daud Rasyid. Bahkan orang yang mengundangnya ke New York juga telah dihentikan dari kepengurusan masjid.

Oleh pengurus Masjid Al-Hikmah Daud Rasyid sudah berkali-kali diminta berhenti, atau dipecat. Tapi Daud Rasyid tetap bertahan, bahkan tidak mengakui pengurus masjid yang ada. Dia ingin melakukan semuanya dan merasa otoritas mutlak di Masjid Al-Hikmah.

Konflik di Masjid

Memang sejak beberapa tahun terakhir ada konflik antara beberapa orang dengan pengurus masjid. Berbagai fitnah terjadi, bahkan mereka berusaha membawanya ke pengadilan.

Baca juga:  Ini Sisi Romantis K.H. Hasyim Asyari pada Keluarga

Tapi singkatnya permasalahan itu adalah ketidakpuasan semata kepada pengurus karena mereka tidak masuk dalam kepengurusan.

Mereka pun melakukan berbagai tuduhan, teramasuk penyalahgunaan dana, yang hingga kini justeru pihak tertuduh meminta mereka membawanya ke arbitrasi biar semua dapat dibuktikan. Tapi mereka gagal melakukan itu.

Ternyata Aud Rasyid yang merasa Imam itupun memihak, bahkan belakangan diketahui memang dibawa oleh pihak-pihak yang menuntut pengurus ini. Karena dia memihak maka jamaah semakin resah dan marah kepadanya.

Bahkan tidak sekalipun ceramah Daud Rasyif diikuti oleh jamaah masjid Al-Hikmah kecuali mereka yang melawan kepengurusan itu.

Masalah Kiblat Masjid Al-Hikmah

Masalah kibkat di masjid ini memang sudah ada sejak awal dibeli gedung. Sejak itu ada perbedaan pendapat tentang arah kiblatnya. Perbedaan ini disebabkan oleh berbedaan metode dalam penentuan.

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga dan sudut pandang yang khas nan unik.
Redaksi

One thought on “Klarifikasi Pihak Masjid Al-Hikmah New York terkait Daud Rasyid”

  1. semoga permasalahannya cepat selesai….sangat memalukan kalau didalam masjid saja ribut ribut terus….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *