Kitab Akhlaq lil Banin, Pedoman Etika bagi Cowok

  • 72
  •  
  •  
  •  
    72
    Shares

DatDut.Com –Manners maketh man“, mungkin ungkapan barat yang satu ini erat kaitannya dengan istilah laki-laki sejati. Karena tanpa manner atau etika, seorang cowok nggak pantas disebut gentleman.

Kitab karangan Syekh Umar bin Ahmad Baraja ini berisikan panduan perilaku bagi anak laki-laki. Maka tak heran jika kitab ini sering dipakai di pesantren-pesantren maupun madrasah di Nusantara.

Menurut penulis kitab ini, pendidikan budi pekerti harus sangat diperhatikan sejak dini. Karena jika anak sudah dapat berbuat keburukan, maka saat dewasa ia bisa saja melakukan hal yang lebih buruk.

Kitab Akhlaq lil Banin ini dapat dijadikan pegangan dalam mendidik budi pekerti cowok zaman now. Dituliskan dalam bahasa Arab yang mudah dan sudah berharakat, kitab ini semakin mempermudah anak-anak dalam mempelajarinya.

Baca juga:  Ternyata Ada 5 Rumus Cinta di Balik Bait-bait Alfiyyah Ibnu Malik

Penjelasan tentang adab dalam kitab ini diberikan dengan menyebutkan ciri-ciri anak yang beradab. Mereka patuh pada orang tua dan gurunya, menghormati yang lebih tua, menyayangi yang muda, berbuat baik pada teman dan orang sekitarnya.

Barulah setelah itu disebutkan ciri-ciri anak yang tidak beradab. Juga ditambahkan sebuah kisah pendek yang menggambarkan ciri-ciri yang telah disebutkan.

Misalnya kisah Ahmad dan ayahnya yang sedang berjalan-jalan di kebun, kemudian Ahmad melihat pohon bunga yang bengkok. Saat ia bertanya kenapa pohon itu bengkok, ayahnya bilang bahwa itu karena tikang kebun tidak merawatmya sedari kecil.

Ahmad yang berniat meluruskan pohon itu malah ditertawakan ayahnya, katanya itu tidak mungkin. “Beginilah seorang anak kecil yang tidak beradab, tidak mungkin ia beradab saat sudah dewasa.”

Penjelasan tentang cara beretika seorang cowok dituliskan dalam buku ini dengan contoh-contoh yang mudah dan dekat dengan kehidupan anak. Dengan itu anak dapat langsung menangkap maksud yang terkandung dalam kitab ini.

Baca juga:  Idhatun Nasyi’in, Kitab Pembakar Semangat Kaum Muda

Bagi yang mau jadi cowok yang beretika, dianjurkan membaca kitab ini dan mengamalkan isinya. Dengan menjadi pribadi yang beretika, maka akan dicintai Allah, orang tua, juga orang di sekitarnya.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Yasmin Azzuhri

Mahasiswa Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Yasmin Azzuhri
  •  
    72
    Shares
  • 72
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close