Kisah Aminah Al-Ramilah, Sufi Wanita yang Diminta Berdoa oleh Imam Ahmad bin Hanbal

DatDut.Com – Tak banyak sufi wanita yang dicatat dalam tintas emas sejarah peradaban Islam. Sufi wanita yang populer tentu saja Rabiah al-Adawiyah. Padahal, sejatinya banyak sekali sufi wanita. Di antara sekian banyak sufi wanita itu, nama Aminah al-Ramilah patut diketahui oleh umat Islam.

Bagaimana tidak, sufi wanita ini punya keistimewaan yang jarang dimiliki ulama laki-laki sekalipun. Wanita istimewa ini dikenal mustajab doa-doanya. Inilah yang membuat ulama sekaliber Bisyr bin Al-Harits, bahkan Imam Ahmad bin Hanbal, meminta didoakan olehnya.

Dalam kitab al-Thabaqah al-Kubra karya Syekh Abdul Wahhab Al-Sya;rani dikisahkan bahwa Bisyr bin Al-Harits tercatat selalu mengunjungi wanita sufi yang satu ini.

Suatu waktu Bisyr sakit. Aminah pun kemudian pergi dari Ramallah untuk menjenguk Bisyr. Pada saat Aminah sampai di rumah Bisyr, kebetulan ketika itu ada Imam Ahmad bin Hanbal yang juga datang untuk tujuan yang sama, menjenguk Bisyr.

Pada saat Imam Ahmad melihat Aminah, Imam Ahmad lalu bertanya pada Bisyr, “Siapa wanita itu?” Bisyr menjawab, “Wanita itu adalah Aminah Al-Ramilah. Ia mendengar aku sakit. Ia lalu datang kesini dari Ramallah untuk menjengukku.”

Ahmad lalu berkata pada Biysr, “Mintakan padanya agar ia mau mendoakan kita.” Bisyr pun lalu berkata pada Aminah, “Berdoalah pada Allah Swt. untuk kita.”

Aminah pun memenuhi permintaan itu dan mulai mendoa, “Ya Allah Swt., Bisyr bin Al-Harits dan Ahmad bin Hanbal meminta untuk diselamatkan dari siksa api neraka. Karenanya, selamatkanlah keduanya, wahai Maha Penyayang di antara para penyayang.”

Setelah beberapa waktu setelah didoakan wanita sufi ini, Imam Ahmad berkata, “Pada saat malam tiba, ada secarik kertas dari udara jatuh mengenai aku. Dalam kertas itu tertulis: ‘Dengan menyebut nama Allah Swt. yang Maha pengasih Maha Penyayang. Kami telah melakukan apa yang telah dimohonkan Aminah. Selain, itu, Kami juga telah menyiapkan tambahan dari apa yang telah dimohonkan.”

Komentar

Measha

Measha

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ibu rumah tangga yang menggemari film korea dan martabak manis juga pesmol gurame.
Measha
Artikel ini bermanfaat buat Anda? Bagikan ke teman-teman Anda:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*