Kirim Tulisan

  • 209
  •  
  •  
  •  
    209
    Shares

DatDut.Com memuat artikel-artikel yang hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit saja untuk membacanya. Tulisannya gak usah dengan bahasa yang serius alias bahasa yang ringan dan keseharian, meskipun isinya haruslah sesuatu yang penting dan bermanfaat.

Oh iya, ada syarat tulisan yang perlu diperhatikan: unik, nyentrik, penting, aktual, dan bermanfaat dengan bahasa ringan. Boleh hanya memenuhi syarat salah satunya saja, tapi diutamakan yang memenuhi 5 syarat itu.

Kategori artikel dikelompokkan sebagai berikut:

(1) Topik, tentang isu-isu penting yang sedang atau pernah jadi pro-kontra dan perbincangan banyak orang;

(2) Figur, tentang orang-orang yang mencatatkan namanya dalam sejarah atau yang dikenal masyarakat luas, baik karena kehebatannya maupun sebaliknya;

(3) Santri, tentang tingkah polah, keunikan, kenyentrikan, dan aktivitas para santri.

(4) Kitab, tentang hal-hal unik seputar kitab baik yang klasik, modern, maupun yang kontemporer;

(5) Kampus, tentang hal-ihwal yang berhubungan dengan kampus, mahasiswa, dan dosen.

(6) Medsos, tentang berbagai fenomena yang berkembang di media sosial dari yang terlucu hingga teraneh.

(8) Tradisi, tentang potret tradisi yang berkembang di masyarakat, utamanya masyarakat Muslim.

(9) Wanita, tentang cerita, kisah, hidup, pernak-pernik, dan gemerlap kaum Hawa.

(10) Tip, tentang berbagai cara dan teknik juga taktik mengenai beragam hal;

(11) Kisah, tentang berbagai kisah dari masa lalu dan masa kini.

(12) Ragam, tentang artikel yang tak dapat dimasukkan dalam 7 kategori sebelumnya, termasuk acara-acara unik dan nyentrik di sekitarmu, produk, jasa, destinasi, kuliner, atau apa pun juga hasil kreasi dan inovasi manusia.

(13) Rehat, tentang kumpulan puisi dan cerita pendek tentang apa pun yang menarik, unik, dan bermanfaat.

(14) Paham, tentang berbagai paham keagamaan yang ada di masyarakat.

(15) Ormas, tentang organisasi kemasyarakatan, terutama ormas Islam, yang ada di masyarakat.

(16) Destinasi, tentang tujuan wisata yang unik dan menarik di berbagai belahan dunia.

(14) Pojokan, tentang ulasan Dr. Moch. Syarif Hidayatullah (Pendiri DatDut.Com). Ini dikhususkan untuk Dr. Syarif. Jadi, tak usah mengirim tulisan di kolom “Pojokan”.

Kamu menuliskannya gak perlu capek-capek. Cukup tulisan-tulisan pendek yang dihasilkan saat naik angkot, di dalam kereta, di bis kota, nunggu dosen, gak ada guru, nongkrong, waktu kebangun di malam hari, lagi ngelamun, nongkrong di kafe, ngerumpi bareng teman, waktu susah tidur, dan lain-lain. O iya, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat kirim tulisan:

Hak Cipta & Kontribusi

Semua tulisan dan gambar yang masuk tetap menjadi hak milik pengirim (selanjutnya disebut “kontributor”). Jika artikel layak muat, kami akan menerbitkannya paling lambat 1 (satu) minggu setelah artikel kami terima. Bila dalam 7 hari artikel kami belum dimuat, berarti kami tidak dapat menerbitkannya.

Kontributor sangat dianjurkan untuk menyebarkan sebanyak mungkin konten DatDut.Com di tempat lain (Blog, Facebook, Twitter, Google+, Whatsapp, Email, Mailist, dll) setelah ditayangkan, dengan syarat mencantumkan bahwa pernah atau pertama kali dipublikasikan di DatDut.Com atau dengan membuat tautan ke halaman artikelnya yang ada di DatDut.Com.

Karena DatDut.Com kini bertransformasi menjadi media online berbasis jurnalisme warga, maka kami tidak memberikan honor atas tulisan yang kamu kirimkan, kecuali bila kamu menjadi “Kontributor Tetap”.

Tapi kamu dapat keuntungan tulisanmu dibaca ribuan hingga puluhan ribu pasang mata. Bukankah itu jadi ajang pencitraan positif untukmu!? Apalagi kami juga menetapkan standar penyuntingan ketat atas artikel yang masuk. Jadi, kamu bisa berenang sambil minum air. Kamu akan terus dapat masukan atas kualitas tulisanmu, sehingga kian hari bobot tulisanmu semakin meningkat pesat.

Jadi Kontributor Tetap

Kamu bisa jadi kontributor tetap bila tulisanmu sudah dimuat berjumlah 10 artikel dan 3 artikel di antaranya sudah dibaca sebanyak 1000 viewer. Nah, kamu berhak mendapat honor bulanan atas sejumlah artikel yang dimuat. Semakin banyak tulisanmu yang dimuat tiap bulannya, semakin besar juga honor yang kamu dapat. Gampang, kan? Sesimpel itu. Satu lagi, jika kamu menjadi kontributor tetap, kamu bisa memiliki akses ke dashboard admin kami. Dan, kamu bisa mengatur sendiri artikel yang kamu kirimkan.

Ketentuan dan Cara Kirim Tulisan

Kirimkan artikel yang belum dipublikasikan secara online langsung dalam format file MS Word yang di-attachment (dilampirkan). Pelanggaran hak cipta sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. DatDut.Com berhak menyunting tulisan atau gambar diri kontributor.

Karya dikirimkan melalui email: redaksi@datdut.com (di-cc ke email: datdutdotcom@gmail.com). Jika setelah seminggu karya dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain.

Kontributor yang pertama kali mengirimkan karyanya, wajib melampirkan identitas (nama lengkap, akun media sosial, foto diri) dan profil singkat.

Frequently Asked Question (FAQ)

Q: Butuh berapa lama artikel yang saya kirimkan untuk bisa tayang di Datdut?
A: 1 minggu (7 hari).

Q: Mengapa tulisan saya tidak dimuat?
A: Ada berbagai pertimbangan yang dilakukan redaksi dalam memuat sebuah artikel. Jangan berkecil hati ketika tulisanmu belum dimuat. Kamu bisa melakukan revisi dari karyamu dan mengirimkan ulang. Harap perhatikan penggunaan tanda baca yang benar (titik, koma, tanda tanya, tanda seru, alinea, paragraf, dll).

Q: Bagaimana caranya saya tahu bahwa artikel saya sudah dimuat atau belum?
A: Silakan bergabung di fanpage atau twitter kami untuk memantau pemuatan artikelmu dalam rentang waktu 1 minggu setelah artikel dikirimkan via email ke kami.

Q: Ada batasan panjang dan pendek maksimal untuk setiap artikel?
A: Silahkan dilihat artikel-artikel yang sudah dimuat. Rata-rata pada kisaran 500-1000 kata.