Selain Mukjizat, Masih Ada 5 Lagi Hal Luar Biasa!

  • 16
  •  
  •  
  •  
    16
    Shares

DatDut.Com – Negeri ini tak pernah sepi dari orang-orang yang mengaku nabi. Mulai Lia Eden, Ahmad Musadeq, hingga nabi dari Jombang yang bernama Jari yang mengklaim dirinya sebagai Isa Habibullah (Isa kekasih Allah).

Fenomena nabi-nabi palsu ini umumnya disebabkan salah memahami kejadian luar biasa yang dialaminya.

Dia tertipu oleh godaan setan yang memperlihatkan hal-hal di luar kemampuan nalarnya. Kalau mau jujur, rata-rata merupakan orang yang tak berpengetahuan agama baik.

Dia menganggap bahwa keajaiban yang dialaminya merupakan mukjizat. Padahal, dia sendiri belum paham hakikat dari mukjizat itu.

Mukjizat berarti kemampuan melemahkan pihak lain yang sangat luar biasa dari seorang yang mengaku nabi sebagai bukti kenabiannya.

Dengan demikian, mukjizat harus berupa sesuatu yang luar biasa dan tidak terjangkau oleh rasio manusia kebanyakan. Yang perlu ketahui, tidak semua peristiwa luar biasa bisa disebut sebagai mukjizat.

Selain mukjizat, masih ada 5 lagi keajaiban luar biasa yang dialami oleh seseorang. Berikut 5 keajaiban itu:

Baca juga:  Maaf, Kemana Mereka Waktu K.H. Ma'ruf Amin Dihardik Penista?

1. Karamah

Hal luar biasa yang muncul dari diri orang saleh yang tidak mengaku sebagai nabi, disebut karamah, seperti orang yang mempunyai firasat tajam, yang kesehariannya diketahui selalu taat beribadah.

Ini biasanya dimiliki dan didapat oleh para wali Allah yang menghabiskan waktunya untuk beribadah dan menyembah Allah sepenuhnya.

2. Maunah

Maunah adalah kejadian luar biasa yang dialami oleh orang kebanyakan, seperti ada orang yang selamat di tengah hempasan tsunami yang menghanyutkan dan memporak-porandakan suatu daerah.

Orang yang selamat dalam kecelakaan pesawat, padahal semua penumpang dan kru pesawat meninggal dunia. Biasanya maunah didapat oleh orang yang beriman.

3. Irhas

Irhas adalah peristiwa luar biasa yang dialami oleh seseorang sebelum diangkat menjadi nabi, seperti peristiwa dibelahnya dada Nabi Muhammad oleh Jibril dan Mikail sebelem menjadi nabi.

4. Sihir

Sihir muncul dari orang-orang yang bisa melakukan hal-hal luar biasa, dengan bantuan setan atau jin. Biasanya ada ritual tertentu untuk mendapatkan hal luar biasa melalui sihir.

Baca juga:  Jangan Buru-buru Menyalahkan Amalan Hasil Ijtihad

Kemampuan di luar kebiasaan ini biasanya dimiliki oleh tukang sihir, dukun, dan orang-orang penganut ilmu hitam.

5. Istidraj

Istidraj adalah peristiwa luar biasa yang muncul dari seorang fasik. Misalnya, ada seorang yang bisa terbang di udara, tetapi kesehariannya tidak pernah salat.

Yang membedakan istidraj dengan sihir adalah sihir hanya diperoleh dengan ritual tertentu, sementara istidraj tidak.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
100 %
Angry
%
Surprise

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Pendiri DatDut.Com. Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media.
Moch. Syarif Hidayatullah

Latest posts by Moch. Syarif Hidayatullah (see all)

  •  
    16
    Shares
  • 16
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close