• 42
  •  
  •  
  •  
    42
    Shares

DatDut.Com – Laki-laki memang hebat, mereka selalu unggul dan terbaik pada hampir semua bidang. Lihatlah, secara fisik mereka kuat dan perkasa, sedang wanita lembut dan lemah. Dilihat dari berpikir logis dan rasional, mereka memang jagonya sedang wanita kurang logis dan irasional. Secara emosional mereka lebih tenang dan seimbang. Sementara itu emosional wanita kurang seimbang terlebih pada masa pre menstruation.
Secara gerak langkah, mereka lebih panjang dan leluasa sedang wanita sempit langkahnya, meskipun pada masa kanak-kanak secara IQ dan kemandirian serta manajemen diri wanita jauh lebih unggul, namun pada akhirnya di usia dewasa laki-laki akan melampaui wanita pada hampir segala sisi kehidupan.

Lihatlah, para Nabi selalu Allah ambil dari kaum laki-laki, para ahli fikih mayoritas kaum laki-laki, ahli Hadis kebanyakan laki-laki, ilmuwan, pilot, musisi, tukang jahit, petani, mekanik, semuanya banyak dipegang kaum lelaki, bahkan sampai satu profesi yaitu chef, juru masak, yang sebenarnya oleh masyarakat  pekerjaan ini disematkan pada kaum wanita, tetapi anehnya yang terbaik di bidang kuliner ini justru diampu oleh laki-laki. Masha Allah!

Karena kelebihan laki-laki di atas maka saya sangat mengagumi dan menghormati mereka. Meskipun terkadang mengeluh dengan sikap mereka yang kurang peka dan kurang hangat, bahkan terkadang sikap mereka terkesan angkuh dan selfish, tapi untungnya hal itu tidak sampai berkembang menjadi benci pada mereka dan tidak pernah ada perasaan iri dengan mereka, bahkan selalu ingin menjadi pendukung bagi mereka agar meraih kesuksesan dunia akhirat.

Karena saya sadar dengan sepenuh hati, mereka dijadikan Qawwamuna ‘alannisa oleh Allah SWT untuk memimpin kaum wanita dan masyarakat dan untuk keberlangsungan kehidupan umat manusia dan keseimbangan alam ini. Mereka tidak perlu bersaing, tidak perlu sama, karena perbedaan di antara mereka sungguh indah.

Sering pikiran iseng saya berkelana, bagaimana ya jadinya jika Allah SWT menciptakan laki-laki dan perempuan dalam keadaan sama-sama rasional, sama-sama logis, sama-sama tidak emosional, mungkin yang terjadi rumah akan terasa kaku, menjadi “garing”, kurang rasa dan tidak menyenangkan.

Bagaimana ya jadinya jika keduanya sama-sama kuat secara fisik, reaktif, mungkinkah terjadi smack down setiap hari di rumah? Atau bagaimana ya jadinya kalau chef perempuan ikut lomba, pas kebetulan ia lagi menstruasi (M) atau menjelang M, ia sedang mengalami Pre Menstrution Syndrome, ia dalam keadaan moody, barangkali saat menaburkan garam atau merica pada masakan gak pake takaran sehingga rasanya tidak karuan. Ancur deh semua!

Baca juga:  Anda Wanita Berjilbab Lebar? Perhatikan 5 Hal Ini Demi Keamanan Anda Saat Naik Sepeda Motor

Namun ternyata di balik ‘kelemahan-kelemahan’ yang dimiliki wanita, mereka punya kelebihan luar biasa yang tidak dipunyai kaum laki-laki. Berikut 5 di antaranya:

1. Hangat dalam Sikap dan Peka terhadap Kebutuhan Orang Lain Serta Penuh Kasih Sayang

Buktinya, ketika seorang anak pulang dari sekolah atau dari bermain, ketika masuk ke rumah maka yang pertama kali dicari dan dipanggil adalah ibu, bukan ayah. Anak  senang dengan kehangatan ibu saat menyambut kedatangannya. Ketika anak sakit atau terluka, maka sang anak akan menangis memanggil-manggil ibunya jarang memanggil ayah. Dan, biasanya karena kepekaan dan kehangatannya, ibu akan langsung merespon pada anaknya.

Contoh lain, Ketika Ibu sedang menyantap  makanan kesukaannya, ibu dengan suka rela akan memberikan makanan itu pada anak yang menginginkan apalagi kalau anaknya tergolong pada kelompok picky eater (anak yang memiliki selera makanan khusus, ed). Atau saat anaknya sakit, ia akan terjaga semalaman untuk merawat dan memastikan perkembangan sakit anaknya. Dan saat bekerja di luar, ia akan mengkhawatirkan anaknya seharian dan sering menelpon ke rumah untuk tahu kabar anaknya.

2. Dapat Melakukan Beberapa Aktivitas Sekaligus dalam Waktu yang  Bersamaan.

Ini yang mengherankan pada wanita. Mereka memiliki kemampuan multitasking atau tugas ganda, mengerjakan 4 sampai 6 aktivitas sekaligus dalam waktu bersamaan. Menurut hasil penelitian psikologi dari berbagai universitas, seperti University of California dan beberapa universitas lainnya di Madrid, Spanyol, tentang melaksanakan tugas dan memanajemeni banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan. Ternyata, wanita jauh lebih baik dari laki-laki.

Lihatlah, sambil masak didapur, ia mengurus laundry, tapi ternyata ia juga sedang mengobrol di telpon dengan temannya untuk urusan bisnis. Di saat itu juga, , anaknya memanggil-manggil ingin minum susu dan menanyakan tempat mainan disimpan. Dengan cekatan, ia melayani  anak tanpa sedikitpun melupakan masakan di atas kompor, laundry-nya dan percakapannya. Hasilnya, semua  rapi sempurna. Thumbs Up!!

3. Memiliki Daya Tahan Lebih terhadap Masalah Kehidupan

Ternyata wanita itu meskipun ia nangis-nangis ketika tertimpa masalah, mengurung diri dan tidak makan seharian karena tekanan yang dialami, ternyata justru hal itu menjadikannya tangguh dan siap menghadapi hari esok kembali. Apalagi setelah menumpahkan keluh-kesahnya dengan tangisan, mengadu pada Allah dalam salatnya yang khusyuk dan menceritakan masalah pada sahabat. Menjadi ringanlah semua.

Sementara itu,  laki-laki lebih segan menangis apalagi curhat pada teman, mungkin karena takut dianggap cengeng dan lemah. Padahal menangis bukan tanda kelemahan lhoo. Dan hasilnya lebih banyak laki-laki yang stres karena masalah kehidupan dibanding wanita.

Baca juga:  Viral! Resep Tetap Bahagia Ngasuh Dua Bayi ala Mama Muda Ini

4. Lebih Berhasil Saat Menjadi Single Parent

Di kampung saya ada sebuah pemeo yang mengatakan, “lebih baik ditinggal ayah daripada ditinggal ibu”. Kalau saya cermati kehidupan warga kampung di mana saya tinggal, perkataan itu terbukti benar adanya. Seorang ibu yang ditinggal suami dengan beberapa anak, ternyata lebih mampu survive (bertahan, ed).

Meskipun sebelumnya ia hanya ibu rumah tangga biasa, setelah ditinggal suami, ibu bisa bekerja meski serabutan untuk menyambung hidup. Di sisi lain, ia tetap bisa mengurus dapur sehingga anak-anak tidak sampai lapar, merawat kesehatan anak , menjaga kebersihan rumah dan lain-lain. Kalau posisi ini ada pada laki-laki, sejauh yang saya lihat, ayah hanya pandai mencari uang namun kesejahteraan anak; makanan, kesehatan dan kasih anak kurang terpenuhi.

5. Memiliki Intuisi yang Tajam

Karena area otak yang bekerja pada insting pelacakan lebih besar, wanita mampu dengan segera menangkap hal yang tidak beres pada sesuatu meskipun petunjuknya belum begitu jelas. Ketika wanita berpikir, ia menggunakan sisi kanan otaknya yang mengkhususkan diri pada masalah emosional.

Ini menjelaskan mengapa wanita memiliki kemampuan lebih baik dalam menangkap berbagai isyarat. Ia hanya butuh mendengarkan dan mengamati. Ia bisa mengetahui saat anaknya berbohong dari nada bicara, atau sorot mata, atau dari bahasa tubuh anaknya meskipun sang anak menyangkal mati-matian.

Atau ia mampu dengan segera mengetahui kebutuhan saudaranya dari telpon meskipun saudaranya tidak mengatakan apa pun kecuali menanyakan kabar dan  ngobrol biasa, atau ia bisa mendeteksi ada yang tidak beres apabila suaminya memiliki wanita idaman lain dari pola pengeluaran uang, cara berpakaian, antusiasme
baru dan sebagainya. Wallahu a’lam.


Foto-Penulis-576x1024Kontributor
: Neena Albanjary | Penikmat musik dangdut dan padang pasir

FB: Neneng Mu’minah

Komentar

Neena Albanjary

Neena Albanjary

Alumni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan guru SMK 2 Pandeglang. Gemar musik Arab dan sate.
Neena Albanjary
  •  
    42
    Shares
  • 42
  •  
  •  

1 komentar pada “Lelaki Memang Hebat, Tapi Wanita Lebih Hebat Karena Punya 5 Kelebihan Ini

Kolom komentar ditutup.