Kegalauan yang Dihadapi Mahasiswa Setelah Wisuda

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Ketika kita mendengar kalimat “wisuda”, maka satu hal yang akan sangat terkenang adalah perjuangan membuat skripsi yang beratnya minta ampun, nyari judul, menyelesaikan bab satu yang lama banget, ngejar-ngejar dosen, de el el.

Namun setelah semua perjuangan itu usai, maka akan ada rasa haru nan bahagia yang tak terhingga. Betul toh?

Pernah nggak sih kamu ditanyain orang kayak gini, “Habis wisuda, lanjut kuliah, kerja, atau nikah?” Pasti kita bingung kan mau jawab apa?

Secara spontan, pertanyaan itu membuat kita tercengang sebingung-bingungnya mau jawab apa? Iya kan? Akan terngiang di benak kita dengan muncul pertanyaan, “Iya yah, habis kuliah aku mau ngapain?” 

Dari pertanyaan di atas, akan ada jawaban yang berbeda. Ada yang menjawab lanjut kuliah, ada yang lebih memilih untuk kerja, dan ada juga yang memutuskan untuk menikah setelah wisuda. Jadi, nggak perlu panik teman-teman!

Baca juga:  Lima Hal yang Sering Dirasakan Mahasiswa Tingkat Akhir

Bagi yang menjawab setelah wisuda untuk lanjut kuliah beralasan untuk terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Karena menurutnya, pendidikan itu tidak terbatas hingga akhir hayat.

Maka, bagi yang mampu alangkah baiknya untuk melanjutkan pendidikan S2. Ngga usah berkecil hati bagi yang tidak memiliki biaya, karena sekarang sudah banyak program beasiswa baik nasional maupun internasional.

Nah, bagi yang memilih untuk kerja setelah wisuda beralasan untuk tidak membebani orang tua lagi dengan bekerja demi menghasilkan uang dari jerih payahnya sendiri.

Dan yang terakhir, bagi yang memutuskan untuk menikah setelah wisuda beralasan bahwa dia sudah menyanggupi segala tanggung jawab yang akan dihadapi di dalam rumah tangganya.

Semua pertanyaan itu sebenarnya tidak membingungkan loh! Karena 3 hal tersebut bisa saja kita lakukan bersamaan. Caranya adalah dengan memiliki tujuan dan target yang pasti.

Baca juga:  Arskal Salim: Kemenag Tindak Lanjuti Pertemuan di Shiraz, Iran

Karena dengan target dan tujuan yang pasti, semua kehidupan yang dialami akan terjadi sesuai rencana. Namun pada dasarnya, semua jawaban yang dipilih tergantung dari yang menjalankannya.

Karena dia akan memilih jawaban yang sangat urgent bagi kelangsungan hidupnya. Ada kata-kata mutiara begini: “Sarjana yang baik itu bukan sarjana yang nilainya tinggi, tetapi sarjana yang baik adalah sarjana yang ketika ditanya setelah wisuda mau ngapain nggak bingung.”

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Iip Latifah

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Iip Latifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close