Jangan Ketukar! Ini Beda Subhanallah dan Masya Allah

  • 4
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

DatDut.Com – Ternyata selama ini sebagian kita salah menggunakan subhanallah dan masyaallah.

Biasanya di saat kita takjub atau mendengar hal yang indah, maka kita akan  mengucapkan lafaz “subhanallah”.

Begitu pun di saat kita melihat atau mendengar hal yang buruk, maka kita akan mengucapkan lafaz “masya Allah”. Ternyata penggunaannya terbalik loh guys!

Subhanaallah terdiri dari dua kata: subhana dan Allah yang artinya Mahasuci Allah.

Seharusnya lafaz subhanallah digunakan ketika kita melihat atau mendengar sesuatu yang buruk. Sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Quran, Subhanaallah digunakan dalam mensucikan Allah dari hal yang tak pantas.

Seperti dalam surah Al-Mukminun ayat 91, lafaz “Subhanaallah” digandengkan dengan “amma yashifun” yang artinya Mahasuci Allah dari apa yang mereka sifatkan.

Contoh lain yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti melihat anak yang berbuat nakal. Seorang ibu pasti akan mengucapkan “Subhanallah! Kamu nakal banget, sih!”

Baca juga:  Sahabat Nabi Juga Lakukan Bidah Kok! Ini 5 Buktinya

Masya Allah juga terdiri dari tiga kata: ma sya’ dan Allah artinya sesuatu itu terjadi atas kehendak Allah.

Seharusnya lafaz masya Allah digunakan ketika kita melihat atau mendengar sesuatu yang menakjubkan atau hal yang baik.

Jadi, dalam kaidah bahasa Arab kata ma pada masya adalah salah satu kata kerja dari “af’al ta’ajub” yang berfungsi untuk mengekspresikan perasaan takjub.

Maka, ketika kita melihat hal yang menakjubkan lalu kita ucapkan “masya Allah”, artinya kita menyadari dan menetapkan bahwa hal yang menakjubkan tersebut semata-mata terjadi atas kehendak Allah.

Contoh masya Allah untuk melihat atau mendengar sesuatu hal yang baik dapat dilihat dalam surah Al-Kahfi ayat 3, yang artinya “mengapa kamu tidak mengucapkan tatkala kamu memasuki kebunmu, ‘Masya Allah la quwwata illa billah.’”

Baca juga:  Ketika Seorang Ulama Wafat

Contoh lain yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti ketika kita melihat awan yang berbentuk seperti orang yang sedang duduk di antara dua sujud, maka kita seharusnya mengucapkan “Masya Allah, langitnya bagus banget!”

Nah guys, karena sekarang kita sudah tahu kapan seharusnya kita mengucapkan subhanaallah dan masya Allah, jangan sampai terbalik lagi ya!

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Iip Latifah

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Iip Latifah
  •  
    4
    Shares
  • 4
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close