Jangan Berlebihan Menyanjung Ustaz yang Lagi Tenar

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Kita bersyukur kepada Allah dengan hadirnya Ustaz Abdul Shomad dan Ustaz Adi Hidayat di panggung dakwah digital.

Panggung dakwah digital tidak lagi melulu didominasi ustaz-ustaz salafi. Setidaknya ada informasi berimbang.

Meski ada pihak-pihak yang tidak suka dan merasa terancam, tapi harus diakui kehadiran dua ustaz ini memberi warna dan corak baru.

Hanya mungkin kita yang aktif di media sosial ini kadang berlebihan. Kita kerap menyanjung berlebihan pada figur publik yang sedang naik daun.

Sekadar mengingatkan, jangan terlalu berlebihan mengagumi. Nanti kalau ada hal yang tak disukai, akan kecewa berlebihan.

Ambil pelajaran zaman meroketnya AA Gym dulu. Semua orang menyanjung berlebihan, bahkan sempat dilabeli “holy man” segala. Eh, pas Aa poligami, hujatan yang didapat Aa.

Baca juga:  Bila Beda Pendapat, Berdiskusi atau Berdebatlah, Bukan Mengusir

Satu lagi, kalau mau jujur, masih banyak ulama dan ustaz di sekitar kita yang mungkin secara keilmuan jauh di atas dua ustaz itu.

Hanya karena kita jarang hadir di majelis ilmu yang di pesantren, masjid atau musala di lingkungan kita, maka kita hanya ketemu ustaz-ustaz digital ini.

Jadi, tak usah berlebihan. Biasa saja. Meskipun kita tetap harus menghormati keduanya dan semua ulama yang mengajarkan dan mensyiarkan agama ini dengan cara yang diridhai Allah.

Komentar

Moch. Syarif Hidayatullah

Moch. Syarif Hidayatullah

Pegiat dunia literasi dan penerjemahan. Pengkaji hadis, linguistik, naskah klasik, dan wacana media. Pengajar di Program Magister Fakultas Adab dan Humaniora. Ketua Program Studi Tarjamah FAH UIN Syarif Hidayatullah. Doktor Filologi Islam dan Analisis Wacana.
Moch. Syarif Hidayatullah

Latest posts by Moch. Syarif Hidayatullah (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *