Ini 5 Tumbuhan Berkhasiat Ini Mirip Organ Tubuh Manusia

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Tumbuhan merupakan sumberdaya alam yang sangat bermanfaat, terutama peranannya dalam bidang pangan. Tumbuhan dapat berupa buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Bentuk, ukuran buah dan sayur sangat bervariasi, di samping unik. Tanpa kita sadari, ada beberapa bentuk tumbuhan yang menyerupai organ tubuh dan ternyata memiliki khasiat untuk organ tersebut. Penasaran bukan ? Berikut ulasannya.

1. Wortel dan Iris Mata

image

Potongan melintang dari sayuran yang identik dengan kelinci ini ternyata mirip dengan iris mata, lho. Entah kebetulan atau bukan, ternyata khasiat wortel juga sangat baik untuk mata.

Menurut buku The Miracle of Vegetable karya Farah Rizky S.Gz menyebutkan bahwa sayuran yang memiliki nama latin Daucus Carota ini, memiliki khasiat yang paling dikenal adalah untuk mencegah rabun senja dan memperbaiki penglihatan.

Kandungan betakarotennya yang tinggi inilah yang dimanfaatkan sebagai makanan sumber vitamin A.

2. Tomat dan Jaringan Jantung

image-1

Potonglah tomat secara melintang, lalu perhatikan serat-seratnya, ternyata serat tomat mirip dengan jaringan jantung. Tomat mengandung zat gizi juga zat non-gizi yang sangat berkhasiat dan menjadi zat andalan, yaitu likopen.

Likopen adalah zat warna yang memberi warna merah pada tomat. Hasil penelitian di Amerika menyebutkan bahwa sari tomat dapat melenturkan sel-sel saraf jantung yang kaku akibat adanya endapan kolesterol maupun gula darah.

Dengan demikian, sari tomat tersebut dapat menghindari terjadinya serangan jantung mendadak dan stroke, seperti dikutip dari buku Makanan Enak untuk Hidup Sehat, Bahagia, dan Awet Muda karya Wied Harry Apriadji.

Baca juga:  Ini 5 Hal Terkait Hari Guru Nasional yang Harus Kamu Tahu

3. Jeruk dan Sel Payudara

image-2

Bagian dalam buah jeruk ternyata memiliki penampang yang mirip dengan sel-sel payudara hewan maupun manusia. Dikutip dari Artikelpayudara.com, kanker payudara merupakan penyakit mematikan yang paling ditakuti kaum wanita.

Buah jeruk mengandung senyawa limonen yang dapat mengurangi resiko terjadinya kanker payudara. Sebuah studi di Amerika baru-baru ini menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 75 gram buah atau jus jeruk per hari, mengalami penurunan resiko kanker payudara sekitar 22% jika belum pernah sama sekali melakukan terapi penggantian hormon.

4. Alpukat dan Rahim

image-3

Buah alpukat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut dengan buah avokad, sedangkan nama latinnya adalah Persea Americana karena asal tumbuhan buah ini dari Mexico dan Amerika Tengah. Alpukat sangat mirip dengan rahim manusia.

Ternyata, alpukat sangat bermanfaat untuk ibu hamil, yaitu dapat menguatkan saraf bayi. Di dalam buah alpukat terkandung zat asam folat yang tinggi. Zat ini bermanfaat untuk menguatkan saraf bayi dan menurunkan risiko kelainan yang akan dialami oleh bayi seperti cacat.

Asam folat ini adalah salah asatu jenis vitamin yang bisa larut dalam air sehingga dapat tersimpan di dalam tubuh lebih lama merupakan bagian dari vitamin B kompleks.

Asam folat juga membantu ibu hamil dalam menjaga dan memproduksi DNA dan RNA agar sempurna dan membantu mengurangi rasa mual yang sering melanda ibu hamil, sebagaimana dikutip dari buku Khasiat Dahsyat Alpukat Mengobati dan Mencegah Semua Penyakit karya Drg. Revina Lianti.

5. Anggur dan Kantung Udara Paru-paru

Baca juga:  Amankan Nilai Uang Anda dengan Investasi Emas, Ini 5 Keuntungan Utamanya

image-4

Dikutip dari Sehatragakita.co.id, buah anggur memiliki bentuk yang khas yaitu bentuk bulat bergerombol dan sangat mirip dengan alveoli pada paru-paru. Selain bentuknya yang mirip, ternyata buah anggur memiliki khasiat yang luar biasa untuk paru-paru.

Manfaat buah anggur dapat diperoleh dari bagaian biji dan kulit buah. Seorang peneliti asala Prancis, Dr. Masquelier menemukan bahwa biji anggur mengandung senyawa proantocyanidin yang dapat mencegah kanker paru-paru.

Kemudian penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology menyatakan bahwa di dalam kulit buah anggur terdapat senyawa yang disebut resveratrol yang mampu mencegah penyakit asma dan gangguan paru-paru kronis.

ibnu kharish1Penulis : Ibnu Kharish | Penulis Tetap Datdut.com

Fb : Ibnu Harish

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close