Ini Kiai-kiai Indonesia yang Karyanya Mendunia

  • 12
  •  
  •  
  •  
    12
    Shares

Datdut.Com – Penyebutan alim ulama di Indonesia memiliki keragaman kata yang sangat kaya. Misalnya, kiai, ustad, buya, ajengan, dan lain sebagainya.

Ternyata, tidak sedikit alim ulama yang memiliki fungsi sebagai pengayom umat dan pemersatu masyarakat juga memiliki karya-karya besar yang mendunia.

Bahkan, hingga saat ini, karya-karya mereka masih dikaji dan didiskusikan baik di forum ilmiah atau forum santai. Berikut 5 ulama yang karyanya mendunia:

1. Kiai Nawawi Banten

Beliau merupakan salah satu ulama Banten yang memiliki banyak karya. Beliau lahir di Tanara, Serang, Banten, pada tahun 1813 Masehi. Beliau merupakan ulama yang produktif dalam menulis dalam berbagai bidang ilmu, seperti fikih, tafsir, teologi, dan tasawuf.

Di antara beberapa karya beliau dalam bidang fikih adalah kitab Qutul Habib al-Gharib Tausyih, syarah Fathul Qarib. Bahkan, kitab fikih beliau ini dapat diunduh di situs waqfeya.com.

Baca juga:  Abduh, Al-Afghani, dan Muhammad bin Abdul Wahab Punya Jasa Besar dalam Pembaruan Islam di Nusantara

Situs tersebut menghimpun beberapa karya ulama-ulama ternama yang karyanya dapat diunduh secara gratis. Beliau wafat di Mekah dan dimakamkan di sana. Konon, makam beliau dekat dengan makam Siti Khadijah, istri Nabi.  

2. Kiai Mahfuz Termas

Beliau merupakan ulama yang lahir pada tahun 1285 Hijriyah, di Termas, Pacitan, Jawa Timur. Salah satu karya beliau yang mendunia dalam Ilmu Hadis adalah Manhaj Dzawinnazhar. 

Kitab ini merupakan syarah dari Mannzhumatul Astar karya imam Suyuthi yang berjumlah kurang lebih 1000 bait. Karya beliau yang satu ini menjadi kurikulum utama dalam bidang Ilmu Hadis di berbagai pesantren di Jawa.

3. Kiai Ihsan Jampes

Nama lengkapnya adalah Ihsan Muhamad Dahlan. Jampes merupakan nama salah satu dusun di Kediri, Jawa Timur, yang merupakan tempat kelahiran beliau. Beliau dikenal sebagai ulama sufi.

Baca juga:  Ini 5 Makam Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Karyanya dalam bidang tasawuf yang bernama Sirajut Thalibin menjadi bidang ilmu yang dipelajari di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga dan sudut pandang yang khas nan unik.
Redaksi

One thought on “Ini Kiai-kiai Indonesia yang Karyanya Mendunia”

  1. Jangan ditulis orang dari jawa saja gan, Indonesia itu luas, tolong ditambah wawasannya yaaaa……
    Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi (1860-1916 M), adalah ulama asal Minangkabau Sumatra barat yang menjadi Imam dan khatib di Masjidil Haram. Beliau Guru besar di Makkah diangkat oleh Kerajaan Arab saudi menjadi mufti bermazhab safi`i yang berwewenang mengeluarkan fatwa untuk ummat Islam di Dunia, Beliau adalah guru dari KH Hasyim Asy’ari pendiri Nahdatul Ulama (NU), KH Ahmad Dahlan (Muhammadiyah), Sulaiman Ar-Rasuli (Madrasah Tarbiyah Islamiyah/MTI dan Persatuan Tarbiah Islamiyah/ PERTI) . Silahkan google untuk lebih mengetahui biografi beliau…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *