Topik

Ini Keistimewaan Masjidil Aqsa dan Palestina dalam Alquran dan Hadis

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Masjidil Aqsa yang sedang ditutup oleh para tentara Zionis Israel sekarang ini adalah salah satu masjid yang sangat penting dalam Islam, sehingga kezaliman yang terjadi di masjid ini akan sangat menyakitkan hati kaum muslimin.

Masjid ini, termasuk negara di mana masjid ini berada (Palestina), banyak disebut dalam Alquran dan hadis. Ada bermacam konteks situasi penyebutannya. Secara umum Alquran dan hadis menyebut masjid dan negara ini dalam sebutan positif. Mari kita lihat apa saja yang dibicarakan Alquran dan hadis terkait masjid dan negara yang dijajah oleh kekejaman Zionis ini.

1. Tanah yang Diberkahi Allah

“Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat,” (QS Al-Isra’, 1).

2. Tanah yang Dibersihkan dan Dijauhkan dari Kesyirikan

“Wahai kaumku! Masuklah ke tanah suci atau yang disucikan (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang yang rugi,” (QS Al-Maidah, 21).

3. Tempat Hijrah dan Domisili Para Nabi

“Kami selamatkan dia (Ibrahim) dan Lut ke sebuah negeri yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam,” (QS Al-Anbiya’, 71).

“(Kami telah tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu,” (QS Al-Anbiya’, 81).

Baca juga:  Ini Sejarah Perang Arab-Israel di Era Modern Ketika Pan-Arabisme Kontra Zionisme

“Kami jadikan antara mereka (penduduk Saba’) dan negeri-negeri yang Kami berkahi (Syam yang termasuknya adalah Palestina), beberapa negeri yang berdekatan. Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di negeri-negeri itu pada malam dan siang hari dengan aman,” (QS Saba’,  18).

“Kami telah jadikan (Isa) putra Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir,” (QS Al-Mu’minun, 50).

4. Tujuan Isra dan Titik Awal Mikraj Nabi Muhammad

Tempat ini adalah tujuan Isra Rasulullah Saw. sekaligus tempat titik awal Mikraj beliau sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

5. Masjid yang Menjadi Kiblat Pertama dalam Islam

Masjid ini adalah kiblat pertama umat Islam. Setelah berjalan 16 bulan, barulah Allah Swt. menurunkan ayat agar beribadah menghadap Kakbah. Hal ini dilaporkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya, hadits no. 2836.

6. Masjid Ketiga yang Paling Utama

Masjidil Aqsa adalah masjid ketiga yang paling utama setelah Masjidilharam dan Masjid Nabawi. Keutamaan lai masjid ini adalah adanya kepastian kabar gembira akan dibukanya Masjidil Aqsa ini (Shahih Bukhari, 2940).

Palestina sendiri juga disebut-sebut sebagai tempat pengungsian umat Islam nanti di akhir zaman (Sunan Abi Daud, 2123). Bumi Palestina adalah bumi yang tidak dimasuki Dajjal nanti di akhir zaman (Musnad Imam Ahmad. 22011).

Baca juga:  Komentar Sinis Netizen soal Karangan Bunga untuk Ahok

Palestina juga disebut sebagai tempat keluarnya Nabi Isa nanti di akhir zaman untuk memerangi Dajjal (Sunan Ibnu Majah: 4067). Di sana pula tempat rusak dan binasanya Yakjuj dan Makjuj nanti di akhir zaman (Shahih Muslim), dan masih banyak lagi jika dicermati dan dikaji dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits.

Berdasarkan dalil-dalil di atas, Masjidil Aqsa dan Palestina bisa dipastikan sebagai jantung umat Islam yang wajib dibela, dilawan semua penindasan, kekerasan, dan membantu perjuangan untuk pembebasan Palestina dari cengkraman orang-orang Yahudi. Kita wajib memberi bantuan dalam bentuk apa saja: harta, tenaga, pikiran, dan doa.

Mari kita juga ikut mendoakan semoga Allah Swt. menurunkan pertolongan untuk umat Islam di Palestina dan umat Islam lain di seluruh dunia.

Muslihin, Lc.

Muslihin, Lc.

Alumni Universitas Imam Syafi'i Mukalla Hadramaut Yaman. Anggota Bahtsul Masail PCNU Kab. Grobogan. Alumni Pon Pes Al-Ma'ruf Bandungsari, Pon Pes Al-Maymun Kauman Klambu Grobogan.
Muslihin, Lc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *