Santri

Ini Kebiasaan Buruk Santri yang Berbahaya bagi Kesehatan

  • 21
  •  
  •  
  •  
    21
    Shares

DatDut.Com – Santri, tak akan pernah kehabisan cerita jika sudah membahas kisah kehidupannya. Selalu ada canda tawa, tangis bahagia yang mampu diungkapkan menjadi bingkaian cerita yang indah.

Santri mempunyai kebiasaan yang melekat pada dirinya. Kebiasaan itu bisa bersifat baik dan juga bersifat buruk. Parahnya, sebagaian santri tidak sadar bahwa yang dilakukannya merupakan kebiasaan buruk. Contohnya adalah 5 hal berikut ini:

1. Jarang Sarapan

Aktivitas yang padat di pagi hari membuat para santri terkadang tidak mementingkan rutinitas ini. Alasan klasiknya yaitu tidak sempat.

Memang, santri sudah melakukan banyak aktivitas mulai sebelum subuh. Tapi, sarapan pagi harus tetap diutamakan. Karena sarapan merupakan hal yang sangat erat kaitannya dengan kesehatan.

Tapi ada juga santri yang memang sudah terbiasa tidak pernah sarapan pagi. Asal kuat dan tidak sakit sih nggak masalah. Tapi… kalau tidak sarapan malah membuat kesehatan tubuh terganggu kan itu bahaya. Karena kalau kesehatan terganggu pastilah para santri tidak bisa dengan nyaman belajar.

Baca juga:  5 Keunggulan Bahtsul Masail (Musyawarah) Ala Santri

2. Makan sebelum Tidur

Nah, kebiasaan ini juga kurang baik. Karena makan sebelum tidur merupakan pola hidup tak sehat. Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan. Misalnya, kegemukan, diabetes, jantung dan masih banyak lagi.

Memang sih, terkadang tak terasa sambil mengerjakan tugas atau belajar bersama para santri berkumpul di ruang kelas atau di serambi sambil ngemil makanan ringan. Biasanya tak jarang yang ketiduran. Parahnya lagi belum sempat menyikat gigi. Itu bisa menjadi penyebab gigi berlubang, lho.

3. Baca Buku sambil Tiduran

Wah, kebiasaan ini sepertinya tidak hanya dilakukan oleh santri. Tetapi semua orang pasti pernah melakukan hal ini. Padahal sudah tahu kalau membaca buku sambil tiduran dapat memperburuk penglihatan. Mulai sekarang yuk hindari ini dan beralih ke pola membaca yang sehat.

4. Pakai Handuk atau Pakaian secara Bergantian

Nah, kalau pakai handuk dan pakaian secara bergantian ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan para santri. Karena santri sangat menjunjung tinggi prinsip kebersamaan.

Eits… tapi tunggu dulu, kalau gara-gara saling pinjam meminjam handuk dan pakaian secara bergantian bisa menyebabkan penyakit gudik atau scabies yang menular masih mau? Yuk, lebih memperhatikan kebersihan badan dan perhatikan kesahatan diri.

Baca juga:  Ini 5 Sikap Orangtua Santri yang Bisa Menyebabkan Anaknya Gagal di Pesantren

5. Sering Melamun

Melamun sering dilakukan oleh para santri. Sampai-sampai ada yang kesurupan makhluk gaib. Ini juga merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Bahkan di kitab Taklim al-Mutaalim dijelaskan bahwa melamun merupakan salah satu penyebab lupa. Jadi, jangan sering-sering melamun, ya.

Nah, itulah kebiasaan buruk yang banyak dilakukan para santri yang terkadang tak mereka sadari. Mulai sekarang yuk kita hindari!

Maftukhatul Inayah

Maftukhatul Inayah

Mahasiswa Program Studi Tarjamah Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta asal Martapura. Aktif berorganisasi dan kegiatan tulis-menulis.
Maftukhatul Inayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *