Ini 5 Benda “Aneh” di Masjid Maroko

0 0
  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 208

Waktu Baca3 Menit, 0 Detik

Kalau Anda ke Maroko, sebaiknya Anda hafal kaidah idza ji’ta ilal Maghrib fala tastaghrib, yang artinya ‘jika kamu ke Maroko, jangan mudah terheran-heran (alias gumunan dalam bahasa Jawa). Sebab, saat jalan-jalan di negeri terbenamnya matahari ini, Anda akan banyak menemukan hal-hal yang tidak pernah ditemukan sebelumnya di Indonesia maupun negeri Arab pada umumnya. Yuk, kita simak apa saja hal-hal aneh di Maroko. Berikut 5 benda “aneh” di Masjid Maroko:

1. Batu

Hampir di setiap masjid atau musala—sebenarnya tak ada musala di Maroko, semua ruang salat disebut masjid—kita akan temukan batu. Kadang satu, biasanya dua atau pun tiga. Terletak di saf pertama atau pojok masjid. Batu ini bukan untuk tawuran, tapi berfungsi sebagai pengganti air alias tayamum. Karena di Maroko memiliki 4 musim. Nah, di musim dingin banyak Magharibah (orang-orang Maroko) yang bertayamum dengan batu. Apa boleh? Ya, menurut mazhab fikih yang mereka anut—yakni Maliki—dibolehkan, sebab menurutnya, tayamum boleh dengan semua benda natural yang ada di permukaan bumi seperti kayu dan batu. Berbeda dengan madhab Syafii yang banyak dianut Muslim Yaman dan Asia Tenggara yang menyatakan bahwa tayamum harus menggunakan debu. Selain itu, yang aneh lagi adalah cara tayamum mereka yang hanya muka dan kedua telapak tangan yang diusap tidak sampai siku-siku.

2. Tempat sandal

Ketika masuk masjid dan Anda melihat ada kotak-kotak panjang, jangan dikira itu tempat menaruh mushaf Alquran. Karena itu adalah tempat meletakkan sandal dan sepatu. Bawalah alas kaki Anda saat masuk masjid. Jika tidak, maka tidak ada yang menjamin alas kaki Anda masih utuh ketika keluar masjid. Alas kaki Anda bisa ditemukan lagi di pasar loakan. Karena sudah dijual oleh saffar (Pencuri) ke penadah. Yang lebih ekstrim beberapa jamaah menaruh alas kakinya di depan mereka sujud setelah sebelumnya mereka masukkan ke dalam kantong plastik atau kain yang disediakan oleh pihak masjid.

Baca juga:  Ini 5 Motif Media Tuduh Berita Media Lain Hoax

3. Kursi

Kursi adalah tempat duduk masyayikh (ulama) setiap malam jumat atau saat acara-acara PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). Di Maroko ulama sangat dihormati. Terbukti dengan disediakan kursi kebesaran khusus bagi mereka saat menyampaikan ceramah agama atau durus. Biasanya di masjid-masjid besar diselenggarakan pengajian rutin yang diisi oleh masyayikh kibar (guru-guru besar), seperti Syekh M. Rugi, Syekh Said Kamali, Syekh Bin Hamzah dll. Selain kursi yang tersebut ada juga kursi yang diletakkan di belakang. Nah, kursi yang ini fungsinya untuk mereka yang sudah uzur, tidak bisa salat dengan berdiri, karena sakit misalnya atau sudah tua. Kedua-duanya sama-sama kursi tapi beda fungsi.

4. Sutrah

Benda yang satu ini wajib ada saat kita salat sunah atau salat jamaah masbuq alias yang telat jamaah. Caranya kita letakkan benda ini—berbentuk kayu—di depan tempat shalat kita yang berfungsi simbol pemberitahuan kepada orang-orang agar mereka tidak lewat di depan kita. Hal ini diatur oleh Hadis Nabi SAW Riwayat Al-Bukhari dan Muslim yang melarang seseorang lewat di depan orang salat. Anehnya mengapa, ya, orang-orang Maroko tidak nggeh kalau ada orang salat, padahal sudah jelas-jelas berdiri dan sendakep. Memang, sih, mereka ada yang berkeyakinan bahwa salat Nabi tidak sendakep tetapi sadel alias melepaskan tangan selurus dengan paha.

Baca juga:  Teror Paris Akibatkan 5 Penderitaan Ini Bagi Muslim

5. Dispenser

Di masjid-masjid di Maroko kita juga dapat menemukan dispenser yang fungsinya barangkali untuk memberi minum musafir yang singgah yang hendak menunaikan salat di sana.

Dari semua yang disebutkan di atas mengingatkan pesan Semar, “Ojo gumunan, ojo getunan, ojo kagetan, ojo aleman”, yang kurang lebih artinya: ‘jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut, jangan manja’. Kalau terjemahan gaulnya ‘keep calm and stay cool‘.

alvianKontributor: Alvian Iqbal Zahasfan | Penggemar Semar yang sedang menyelesaikan studi  S3-nya di Maroko

 

FB: Alvian Iqbal Zahasfan

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Alvian Iqbal Zahasfan
Latest posts by Alvian Iqbal Zahasfan (see all)

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *