• 495
  •  
  •  
  •  
    495
    Shares

DatDut.Com – Muhammadiyah merupakan salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia. Dedikasi Muhammadiyah untuk negeri ini terlihat dari menjamurnya institusi pendidikan Muhammadiyah di Indonesia. Bahkan, tiga di antara perguruan tinggi Muhammadiyah masuk dalam daftar 50 universitas terbaik Indonesia versi Webomatrics, loh.

Nah, berdasarkan data yang diperoleh dari Republika, institusi pendidikan Muhammadiyah telah mencapai 10.381. Terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, PESANTREN, dan Perguruan Tinggi. Hal ini seperti diinformasikan pada laman republika.co.id (2/8/2015). Jumlah perguruan tingginya saja, menurut muhammadiyah.or.id, telah mencapai total 178 institusi.

Berikut daftar 5 Universitas Muhammadiyah terbaik di Indonesia versi Webomatrics dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan Nasional.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY menempati urutan ke-20 universitas terbaik Indonesia versi Webomatrics dan terakreditasi A oleh BAN-PT Kemendiknas. Kampus ini terdiri dari 7 Fakultas dengan 18 program studi, pascasarjana dengan 3 program studi, dan jenjang doktor dengan 2 program studi, yang dibangun di atas tanah seluas 25 Hektar.

Perguruan tinggi ini diresmikan menjadi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 1 Maret 1981, oleh H. Mukhlas Abrar,  Pemimpin Muhammadiyah Yogyakarta, dan K.H. A.R. Fakhrudin. Kualitas institusi pendidikan ini dapat dilihat dari jenjang pendidikan para tenaga pengajarnya.

Di antaranya: 24 orang dosen lulusan S1, 201 dosen lulusan S2, 22 dosen lulusan S3, 413 dosen sedang melanjutkan S2, dan 52 orang dosen sedang melanjutkan S3. Demikian yang diinformasikan dari Majlisdiktimuhammadiyah.org.

2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Pada tahun 1964, atas prakarsa pemimpin Muhammadiyah Malang akhirnya UMM berdiri. Kampus ini pada mulanya adalah cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan baru pada tahun 1966 diresmikan sebagai universitas yang berdiri sendiri terpisah dari UMJ.

Baca juga:  Dai Ini Meraih Gelar Doktor setelah Meneliti Ekspansi Ajaran Salafi

UMM merupakan universitas terbaik ke-24 se-Indonesia versi Webomatrics dan terakreditasi A oleh BAN-PT Kemendiknas.

Diinformasikan dari umm.ac.id, kualitas akademik UMM terlihat dari tenaga pengajar atau dosen yang direkrut dari universitas-universitas ternama Indonesia, serta upaya untuk mengirim beberapa tenaga pengajar melanjutkan S2 atau S3 di luar negeri.

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas yang diresmikan pada 24 Oktober 1981 ini pada awalnya merupakan pengembangan dari Fakultas Pendidikan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kini, UMS masuk dalam jajaran 50 Universitas di Indonesia versi Webomatrics, yaitu peringkat ke-29 dan terakreditasi B oleh BAN-PT Kemendiknas.

Sekarang UMS telah memiliki 11 Fakultas dengan 42 program studi, pascasarjana dengan 7 program studi, sedangkan program doktoral mempunyai 2 program studi.

Demi terus meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas tenaga pengajar, UMS terus mengirim tenaga pengajarnya untuk belajar di universitas terkenal di Eropa, Amerika Serikat, dan Australia, ini sebagaimana dilansir dari ums.ac.id.

4. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)

Universitas swasta yang menempati urutan ke-95 versi Webomatrics ini, pada awal berdirinya, tahun 1982,  merupakan Perguruan Tinggi Kesehatan Semarang.

Baru pada tahun 1999, ia resmi menjadi Universitas Muhammadiyah Semarang dengan surat keputusan Kemendiknas No. 139/D/O/1999. Saat ini, Unimus terakreditasi B oleh BAN-PT kemendiknas.

Menurut informasi dari unimus.ac.id, Unimus kini telah memiliki 21 program studi dan menjadi salah satu kampus dengan indeks perkembangan yang cukup pesat.

Baca juga:  Ini 5 Penderitaan Mahasiswa Tingkat Akhir yang Patut Dikasihani

Universitas ini berlokasi di 5 kampus, yaitu Kampus Wonodri, Kampus Kasipah, Kampus Terpadu Kedungmundu, Kampus Kedungmundu 2, dan Kampus Wonolopo.

5. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)

Institusi pendidikan Islam ini resmi menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) sesuai keputusan Dirjen Dikti Kemendikbud tahun 1997.

Awalnya UHAMKA merupakan perubahan bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru yang menginduk pada Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hal ini sebagaimana diinformasikan dari Uhamka.ac.id.

Sekarang UHAMKA merupakan salah satu kampus di Jakarta yang terakreditasi B serta menduduki peringkat ke-100 Universitas terbaik di Indonesia versi Webomatrics.

Penamaan kampus dengan nama Prof. Dr. Hamka bukan tanpa alasan. Beliau merupakan salah satu sosok tokoh besar Islam yang benar-benar multidimensi, tak diragukan lagi kepakarannya dalam intelektualitas, agama, dan sastra. Beliau termasuk salah satu tokoh ormas Islam yang dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional sejak tahun 2011 silam.

 

Komentar

Neneng Maghfiro

Neneng Maghfiro

Alumni Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan International Institute for Hadith Sciences Darus-Sunnah Jakarta.
Neneng Maghfiro
  •  
    495
    Shares
  • 495
  •  
  •  

5 komentar pada “Ini 5 Universitas Muhammadiyah Terbaik di Indonesia

  1. masih banyak PT Muhammadiyah yang bagus seperti Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Yarsi, Universitas Muhammadiyah Jakarta Universitas Muhammadiyah Bandung dan jangan lupa UNISBA juga berafiliasi ke Muhammadiyah juga UII Yogyakarta

Tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.