Ini 5 Transportasi Umum Terunik di Dunia

  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 219

Waktu Baca2 Menit, 12 Detik

Datdut.Com – Saat ini alat transportasi umum telah mengalami banyak kemajuan dalam bidang teknologi. Di antaranya banyak juga yang unik dan menjadi daya tarik wisata di negara asalnya. Berikut ulasannya.

1. Monorel Gantung di Wuppertal Jerman

Monorel Mengambang atau Schwebebahn Wuppertaler di kota Wuppertal Jerman ini telah dibangun sejak seabad yang lalu, loh. Kereta yang seperti tergantung di udara ini, telah selesai  pada tahun 1990 dan mulai beroprasi tahun 1991. Demikian dilansir dalam mobgenic.com.

Tantangan perencanaan kota Wuppertal dengan kondisi alam yang merupakan daerah perbukitan, sungai yang rawan banjir serta tingkat air tanah yang tinggi, membutuhkan solusi sarana transportasi umum yang tetap bisa beroperasi meski di kondisi alam yang demikian. Hal tersebut, akhirnya melahirkan kereta ngambang ini, yang terus berinovasi menjadi monorel seiring kemajuan teknologi di Jerman.

2. Kereta Miring di Istanbul Turki

Kereta atau monorel bawah tanah Turki yang bernama Istanbul Tunel ini terbilang unik. Monorel tersebut bisa berhenti dalam posisi miring, seakan terlihat dalam posisi mendaki. Uniknya kereta ini meluncur di atas kabel trem yang naik turun di atas bukit. Diresmikan pada 17 Januari 1875 dan merupakan kereta bawah tanah tertua kedua di dunia setelah London, 1863.

Baca juga:  Ini 5 Hal yang Sering Diabaikan Pedagang Makanan, Terutama yang di Pinggir-pinggir Jalan

Sampai saat ini, Istanbul Tunel masih merupakan pilihan transportasi yang nyaman untuk mendaki atau menuruni lereng curam antara Karakoy Square dan Tunel Square, seperti dilansir Turkeytravelplaner.com

3. Perahu Klotok di Kalimantan Indonesia
Perahu klotok banyak dijumpai di Kalimantan. Merupakan alat transportasi utama terutama di Kalimantan Tengah, di mana transportasi sungai merupakan urat nadi bagi masyarakat.

Penyematan nama klotok sendiri, karena mesin perahu itu berbunyi tok tok tok. Sampai sekarang masyarakat masih menyebut alat transportasi ini dengan perahu klotok meski sekarang telah menggunakan mesin kecil yang bersuara lebih halus.

Selain sebagai alat transportasi, perahu klotok juga dimanfaatkan sebagai daya tarik untuk wisatawan. Kamu juga dapat menemukan perahu klotok ini di wisata pasar terapung di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

4. Canal Taxi di Thailand

Canal taxi ini adalah alat transportasi air seperti perahu klotok, merupakan salah satu alternatif transportasi yang ditawarkan di negeri Thailand yang mempunyai banyak canal dan aliran sungai. Uniknya, Canal Taxi melayani hingga rute-rute wilayah pusat kota. Misalnya Bangkok, dan itu sangat membantu di tengah macetnya ibu kota Thailand tersebut.

Baca juga:  Terkait Hubungan Bos-Pekerja, ini 5 Pesan Rasulullah tentang Cara Memperlakukan Bawahan dengan Baik

5. Kereta Bambu di Kamboja

Tidak seperti kereta pada umumnya, kereta ini menggunakan bambu yang dipasang roda lalu diletakkan di atas rel dan menggunakan mesin kecil sepeda motor atau traktor untuk menjalankannya. Meski terbilang sangat aneh, tapi masyarakat Kamboja hingga sekarang masih memanfaatkan kereta bambu ini sebagai alat transportasi.

Bahkan di Battambang sebuah kota di Kamboja, kereta bambu ini menjadi obyek daya tarik wisata yang unik bagi para turis.

nenengPenulis : Neneng Maghfiro (Penikmat telor setengah mateng)

Twitter : @NengAirin

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Neneng Maghfiro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *