Tip

Ini 5 Tip Merawat Kacamata

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Belasan tahun memakai kacamata tentu menyisakan pengalaman tak terlupa. Sebut saja, kaca pecah, gagang patah, hingga lensa lepas sebelah. Beli baru terkadang bukan pilihan yang murah. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik merawat susah payah sebelum sesal hati. Berikut 5 tip merawat kacamata:

1. Mengelap Searah

Tidak hanya layar laptop yang harus dilap searah, lensa kacamata juga demikian. Laplah dengan sekali usap, ke kanan saja atau ke kiri saja. Janganlah mengelap dengan gerakan memutar. Gunakan spray pembersih lensa atau sabun cair plus air, lalu lap dengan kain halus atau tissue.

2. Melepas dengan Kedua Tangan

Sambil juga memegang gagang frame kanan kiri yang paling depan (dekat pelipis). Jangan melepas kacamata dengan satu tangan atau dari gagang belakang (dekat telinga) agar kacamata tidak lekas kendur. Begitu pula tidak memakainya saat tidur.

Baca juga:  5 Sikap saat Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan

3. Meletakkan tanpa Melipat

Letakkanlah kacamata dalam posisi terbuka seperti sedang dipakai. Kecuali bila cara melipatnya benar; dimulai dari gagang terdepan, menggunakan kedua tangan, dan tidak memaksakan.

4. Mempunyai Cadangan

Serep itu penting, kecuali pasangan. Piss…hehe. Punya dua kacamata tidaklah berlebihan. Karena bila kacamata yang satu diistirahatkan, masih ada gantinya. Ini juga dalam rangka menjaga keawetan.

5. Membawanya ke Optik

Secara berkala, bawalah kacamata ke optik untuk dibersihkan lensanya dan dikencangkan gagang framenya. Bila kacamata lama dirasa sudah tidak nyaman, konsultasikan. Mungkin sudah saatnya beli baru. Saat ada rezekinya, tentu.

Itu dia 5 tip perawatan kacamata. Ternyata tak susah. Hanya butuh sedikit kesabaran agar kacamata lebih awet dan nyaman dipakai. Gak usah minder berkacamata. Kadang yang berkacamata justru lebih menarik daripada yang tidak, lho. Gak percaya? Tanya deh ke tukang kacamata. Hehe.

Baca juga:  5 Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa
Fatima El-Zahraa

Fatima El-Zahraa

Dosen Bahasa Arab pada UIN Syarif Hidayatullah. Alumni Program Magister Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fatima El-Zahraa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *