Ini 5 Tip Mencegah Dehidrasi di Musim Kemarau

  • 13
  •  
  •  
  •  
    13
    Shares

Datdut.Com – Saat musim kemarau seperti ini, kebutuhan air akan sangat meningkat seperti biasanya. Tubuh akan banyak membutuhkannya.

Tidak sedikit pula orang yang mengalami dehidrasi yang menjadikan daya tahan tubuhnya lemah.

Tentunya, hal ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan produktivitas kerjanya. Oleh karena itu, hal ini harus menjadi perhatian bagi siapa saja yang beraktivitas di luar saat musim kamarau tiba.

Mau tahu cara mengantisipasi dehidrasi tubuh saat musim kemarau? Silahkan baca 5 tip mencegah dehidrasi saat musim kemarau berikut:

1. Minum 8 gelas setiap hari

Rata-rata, seseorang membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap hari. Asupan cairan ini bisa melalui air mineral, buah-buahan yang mengandung cairan, atau makanan berkuah.

Jumlah 8 gelas bisa bertambah jika aktivitas yang kamu lakukan sepanjang hari menguras keringat dan tenaga. Fakta medis menunjukkan tubuh manusia 60% terdiri dari cairan.

Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi dan juga untuk mempertahankan suhu tubuh.

2. Makan buah

Buah adalah alternatif asupan untuk tubuh pengganti minuman. Mengapa, karena buah banyak mengandung banyak air yang berguna untuk mengindari diri dari rasa haus dan dehidrasi.

Baca juga:  Belajar Terima Kasih pada Kebaikan Orang Lain dari 5 Meme Ini

Beberapa buah yang bermanfaat untuk menyegarkan badan itu antara lain semangka, melon, jeruk, blewah dan apel. Buah-buah ini bisa kamu konsumsi untuk menghindari tubuh dari dehidrasi.

Selain rasanya enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina kamu selama menjalani aktivitas di saat musim kemarau.

3. Hindari stres dan emosi

Menurut penelitian, terlalu banyak emosi dan stres akan mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan. Maka di saat kemarau yang panas ini, hindarkan diri dari emosi yang berlebihan dan stres diri.

Selain terhindar dari dehidrasi, dengan hidup yang jauh dari stres tubuh kamu akan jauh lebih sehat dan awet muda. Mau kan terlihat selalu awet muda? Huhui…

4. Hindari kafein dan minuman bersoda

Sebisa mungkin, minimalkan atau hindari mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein.

Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban. Jika kamu ingin menikmati minuman hangat, pilih teh hijau atau teh chamomile.

Hindari juga minuman bersoda yang dapat membuat perut terasa penuh.

Baca juga:  ​Mengapa Anda Dapat Gelar "Guru Killer"? Ini Penyebabnya

5. Pilih pakaian yang tepat saat keluar

Jika keluar ruangan, sebisa mungkin menggunakan pakaian berwarna terang dan berukuran pas. Hindari pakaian berwarna gelap. Sebab, warna-warna yang gelap seperti hitam dapat membuat kamu semakin merasa kepanasan dan berkeringat saat berada di bawah sinar matahari.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan warna-warna yang cerah dan lembut seperti hijau mint, peach, baby blue dan sebagainya. Hindari pakaian yang ketat atau sempit.

Sebab, pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan kurangnya ruang sirkulasi udara atau keluar masuknya udara pada tubuh kamu, yang akhirnya akan membuat kamu lebih mudah berkeringat dan kehilangan banyak cairan.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Toni Pransiska

Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat ini sedang menyelesaikan program doktor di kampus yang sama.
Toni Pransiska
  •  
    13
    Shares
  • 13
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close