Ini 5 Sikap saat Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan

0 0
  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 1084

Waktu Baca1 Menit, 43 Detik

Datdut.Com – Setiap manusia dikaruniai pengetahuan oleh Allah swt. Ada yang banyak, namun ada pula yang sedikit. Semua sudah menjadi kehendak-Nya. Dan yang perlu diingat, tak ada manusia yang serba tahu. Karena yang serba mengetahui hanyalah Dia.

Pernahkah Anda ditanya seseorang tentang sesuatu hal dan Anda tidak bisa menjawab pertanyaan itu? Mungkin ketika mengajar, ceramah, atau sekedar ngobrol dengan teman. Bagaimana sikap Anda ketika itu?

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi lima sikap yang harus Anda lakukan ketika mengalami hal tersebut.

1. Jangan sok tahu

Ini bahaya. Jangan sampai ketidaktahuan Anda terhadap satu hal menyebabkan Anda sok pinter, sok alim, atau sok tahu. Jangan sampai Anda menyesatkan orang lain dengan jawaban ngawur Anda.

2. Mengakui ketidaktahuan diri sendiri

Mengakui kebodohan diri kita kepada orang lain memang berat. Apalagi ketika kita sudah dianggap pintar oleh masyarakat. Mungkin dengan pertimbangan gengsi atau malu, Anda tak mau mengakuinya. Tapi kalau dipikir-pikir secara mendalam dan dengan kepala dingin, sebenarnya tidak memalukan juga sih jika Anda mengakui ketidaktahuan Anda. Manusia bukanlah makhluk serba bisa, bukan?

Baca juga:  Jauhi 5 Tempat yang Paling Disukai Jin Ini

3. Lemparkan pertanyaan kepada orang lain

Kalau yang ini hanya sekedar trik saja untuk ngeles, hehe. Misalnya ketika Anda mengajar, ada seorang murid yang bertanya dan Anda tidak bisa menjawabnya, maka cobalah trik ini: tanyakan pertanyaan itu kepada murid-murid yang lain, siapa tau ada yang bisa. Namun kalau tak ada yang bisa menjawab, saya sarankan Anda menggunakan tip nomer satu dan dua.

4. Jangan mengalihkan pembicaraan

Jangan sampai Anda melakukan hal satu ini, mengalihkan pembicaraan. Jika anda melakukannya, saya khawatir akan mengurangi kepercayaan publik kepada Anda. Mungkin sekali dua kali, orang lain tidak sadar jika Anda sedang mengalihkan pembicaraan. Tapi jika sering, akan membahayakan diri anda.

Baca juga:  Difitnah Orang? Tak Usah Galau! Belajarlah dari 5 Hal yang Dilakukan Istri Nabi Ini

5. Ambil hikmahnya dan belajarlah

Ketika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan dari seorang aundien (seumpama Anda menjadi pembicara di sebuah acara) dan Anda malu, itu normal saja sebenarnya. Tapi dari situlah Anda mendapat sebuah pelajaran berharga, yakni: ilmu anda masih sedikit. Jangan sombong dan teruslah  belajar!

Ini lima kiat dari saya, tidak ada salahnya dicoba.

(Editor : Neng Irin)

OKENurul Huda (Penikmat Dadar Jagung)

FB: Alamul Huda

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

M. Nurul Huda
Latest posts by M. Nurul Huda (see all)

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *