Ini 5 Mal dengan Musala Bersih dan Nyaman

  • 20
  •  
  •  
  •  
    20
    Shares

Datdut.Com – Selama ini ada keengganan bagi sebagian orang untuk salat di lingkungan mal, kecuali bila hanya sedang sangat terpaksa alias waktunya mepet ke waktu salat berikutnya.

Ini karena sudah menjadi rahasia umum bila banyak pengelola mal tidak memperhatikan kenyamanan dan kebersihan tempat ibadah bagi umat Muslim. Padahal, para pengelola itu tahu bahwa sebagian besar pengunjung malnya adalah orang Islam. Ini jelas suatu cara pandang yang perlu diluruskan.

Para pengelola harusnya paham, bila keuntungan yang didapat dari pengunjung-pengunjung yang mayoritas Muslim ini, mestinya dibarengi dengan menyediakan fasilitas yang membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat perbelanjaannya. Yang terutama tentu saja tempat salat.

Namun, alhamdulillah, belakangan beberapa pengelola mal sudah menyadari hal ini. Di beberapa mal musala tidak lagi di ruang sempit, di pojokan, di basement pula, dan dengan aroma menyengat, yang sangat tidak nyaman. Berikut 5 mal dengan musala bersih dan nyaman, berdasarkan pengamatan lapangan dan diolah dari berbagai sumber:

1. Gandaria City

Bagi warga Jakarta, terutama Jakarta Selatan dan sekitarnya, Gandaria City merupakan pusat perbelanjaan yang cukup megah dengan konsep tema yang keren.

Tempatnya yang luas dan lahan parkirnya yang memadai, membuat mal ini banyak menjadi tujuan masyarakat urban yang ingin menghabiskan waktu senggangnya.

Nah, salah satu kelebihan mal ini adalah ia memiliki musalah yang kemudian juga difungsikan sebagai masjid. Namanya Masjid Al-Hidayah yang terletak di lantai 4.  Masjid Al-Hidayah meskipun terletak di dekat parkiran mobil, tapi suasana di dalam masjid sangat sejuk dan tenang.

Pada waktu-waktu salat, masjid ini selalu ramai, terutama ketika Salat Jumat. Karpetnya berwarna merah dan tidak bau. Papan larangan tidur pun terpampang jelas, agar tidak menganggu ibadah pengunjung lainnya. Masjid ini diperkirakan mampu menampung hingga ribuan jamaah.

Sejauh pengamatan Datdut.Com, masjid ini di antara yang terbaik untuk ukuran mal di Jakarta dan sekitarnya. Semoga lebih banyak lagi pengelola mal yang membuat apa yang dibuat pengelola Gandaria City ini.

Baca juga:  Ini 5 Masjid Pathok Negara di Yogyakarta

2. Grand Indonesia

Grand Indonesia merupakan ikon mal di Jakarta. Ia mal terbesar yang lokasinya berada di jantung kota Jakarta. Posisinya yang berada di seberang Bundaran HI membuatnya menjadi destinasi wisata belanja warga ibukota.

Nah, Grand Indonesia punya musala yang meskipun terlihat berukuran minimalis tapi sangat bersih. Musala tersebut terletak di West Mall lantai 5. Pintu masuk jamaah pria dan wanita dipisahkan.

Musala ini mampu menampung puluhan jamaah. Di sebelahnya, terdapat toilet yang juga bersih. Petugas kebersihan terlihat berlalu-lalang membersihkannya. Selain bersih, musalanya juga sejuk karena berpendingin ruangan.

3. Pasar Raya Blok M

Pasar Raya Blok M  di antara mal-awal pioner di kawasan Jakarta Selatan. Meskipun sudah lama, tapi mal ini tak pernah kehilangan pesonanya di tengah gempuran dan pertumbuhan mal-mal baru di sekelilingnya. Ia masih bertahan dan terus berbenah untuk memanjakan pengunjungnya.

Salah satu keunggulan mal ini adalah Masjid Alatief yang terletak di lantai 5 Gedung A. Masjid Alatief sangat luas dan karpetnya berwarna merah yang halus. Masjidnya mampu menampung hingga ribuan jamaah.

Yang unik, di bagian kiri Masjid Alatief adalah kaca. Jadi, para pengunjung bisa melihat suasana Blok M dari ketinggian ratusan meter. Di dalam masjidnya sendiri juga disediakan alat salat dan Alquran. Tempat wudhu dan toiletnya pun bersih dan luas.

4. Senayan City

Mal Senayan City terletak di kawasan bisnis Jakarta Pusat. Sesuai namanya, mal ini terletak di kawasan Senaya yang amat dekat dengan kawasan tersibuk di Jakarta: Jl. Sudirman.

Meski relatif baru, mal ini mampu menyita perhatian warga Jakarta, menyalip beberapa mal di sekelilingnya. Mal ini juga terpromosi dengan banyak lantaran banyaknya even dan adanya salah satu stasiun TV yang punya kantor di mal ini. Stasiun TV ini sering menyiarkan berita dengan latar salah satu ruangan di mal ini.

Nah, Salah satunya yang membuat warga Jakarta betah di mal ini adalah fasilitas ibadah. Musala yang berada Lower Ground (LG) Senayan City.

Baca juga:  ADDAI Dipercaya Kelola Dakwah Perkantoran di MPP Pemprov DKI

Tidak seperti di mal-mal lain yang memberi nama musalah dengan bahasa Arab, mal ini melabeli musalanya dengan “Executive Musholla”. Yang membuat betah di musala ini adalah kesan mewah yang memang sudah terlihat begitu pengunjung memasuki pintu masuk musala ini.

Musala ini terdiri dari dua ruangan salat bagi pria dan wanita berkapasitas 100 orang. Ada ruangan tunggu luas untuk melepas sepatu dan tempat penitipan dengan resepsionis layaknya hotel berbintang.

Tempat wudu antara pria dan wanita terpisah, dan tentu ruangan difasilitasi pendingin ruangan.

5. Pejaten Village

Sesuai namanya, Pejaten Village adalah mal yang terletak di kawasan Pejaten. Meskipun orang lebih mengenalnya terletak di kawasan Mampang. Lokasinya cukup strategis dan biasanya menjadi tempat tujuan warga Jakarta yang terjebak macet sepulang kerja dari kawasan Kuningan dan sekitarnya.

Untuk ukuran mal di Jakarta, mal ini memang tidak tergolong mal yang besar. Namun, salah satu yang membuat mal ini mendapat tempat di hati warga Jakarta adalah musalanya. Musalanya berada satu lantai dengan Hypermarta.

Musala di Pejaten Village memisahkan tempat salat untuk pria dan wanita dalam ruangan yang berbeda. Di sini disediakan tempat duduk yang cukup untuk melepas dan memasang sepatu setelah selesai salat. Rak sepatu juga disediakan dalam jumlah yang banyak.

Selain rak, ada juga tempat untuk menitipkan tas yang dijaga oleh petugas. Musalanya sendiri sebenarnya cukup besar, tapi sayangnya tempat wudunya sedikit sempit. Inilah yang membuat musala ini bila sudah masuk waktu salat, sering terjadi antrian yang cukup panjang.

 

 

Komentar

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi
  •  
    20
    Shares
  • 20
  •  
  •  

One thought on “Ini 5 Mal dengan Musala Bersih dan Nyaman”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *