Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Diet

  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 468

Waktu Baca2 Menit, 34 Detik

Datdut.Com – Diet bukan cuma soal menjadi kurus dan langsing, tapi lebih dari itu, diet berguna juga untuk menjaga penampilan tetap good looking dan yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan. Karena over weigh sering menjadi asal mula timbulnya berbagai penyakit loh. Jadi, lakukanlah diet tapi dengan cara yang sehat dan tidak merusak kesehatan. Mau tau kiat agar diet sukses? Maka hindari 5 hal ini mulai dari sekarang ya, Cek it out…..

1. Jangan tinggalkan sarapan pagi

Banyak orang yang sedang melakukan diet meninggalkan sarapan dengan dalih meminimalisir asupan kalori, mungkin dia berasumsi seperti itu karna beranggapan itu bisa  cepat memangkas lemak di tubuh. Justru sebaliknya, American Journal of Epidemiology menyatakan, orang yang tidak pernah meninggalkan sarapan cenderung memiliki kadar gula darah yang baik dan tidak cepat lapar di siang harinya. Jadi gaes, jangan pernah tinggalkan sarapan agar anda tidak kalap saat makan siang dan berujung dengan gagal diet. Hehe.

2. Hindari kurang tidur

Saat perut kosong lambung akan memproduksi hormon yang disebut hormon grehlin, sedangkan kurang tidur merangsang lambung memproduksi hormon grehlin lebih banyak, hal itu akan membuat lambung merasa lapar akut. Jadi agar diet anda sukses tidurlah dengan teratur sekitar 6-8 jam sehari. Tapi, hindari juga tidur berlebihan karena itu bisa memperlambat pencernaan dan metabolisme tubuh, yang menyebabkan kalori tidak dikelola dengan baik sehingga berujung pada penimbunan lemak di beberapa bagian tubuh.

Baca juga:  Agar Selalu Rendah Hati, Tanamkan 5 Hal Ini dalam Diri Anda

3. Hindari kekurangan konsumsi sayur dan buah

Tips selanjutnya adalah perbanyak makan makanan yang mengandung serat tinggi, agar lambung tidak cepat lapar dan tetap sehat meskipun kita mengurangi asupan karbohidrat. Sebagai gantinya ganti menu makan anda dengan sayur dan buah yang kaya serat dan rendah kalori, kalau bisa sih bebas kalori, seperti apel, pisang, pepaya, pir, kol, brokoli, dll. Karena kandungannya yang kaya akan serat tinggi, membuat rasa kenyang awet di dalam lambung serta melancarkan pencernaan usus.

4. Hindari kurang minum air putih

Minum 8 gelas sehari benar-benar sangat penting, karena tubuh yang terhidrasi membuat kita energik selama beraktifitas. Bukan hanya sekedar agar tubuh terhindar dari dehidrasi , tapi, air membantu tubuh kita mudah mencerna makanan dan menyerap lemak serta nutrisi. Jika tubuh kekurangan air bukan hanya dehidrasi tapi akan terjadi kendala pencernaan, lalu makanan yang tidak dicerna dengan baik akan menyebabkan lemak dan nutrisi tidak bisa didistribusikan ke seluruh tubuh dan mengendap di beberapa bagian anggota tubuh saja.

Selain itu air juga dapat meredakan rasa lapar, jadi anda bisa membatasi kalori yang masuk ke tubuh. Dan itu membantu untuk menurunkan berat badan anda dengan mudah.

Baca juga:  Tata Batinmu terkait 5 Hal Ini, agar Kamu Bisa Tahajud

5. Hindari makan malam

Hindari makan malam di bawah jam 8 malam, minimal 3 jam sebelum tidur. Karena pada malam hari lambung beristirahat dan  kurang bekerja secara optimal, sehingga makanan yang dikonsumsi sebelum tidur tidak bisa dicerna dengan baik.

Dan kenapa harus 3 jam sebelum tidur? Hal itu karena lambung membutuhkan waktu 3-4 jam untuk mencerna makanan di dalam lambung, lalu ditambah penyerapan nutrisi yang terjadi di usus  berlangsung selama 6-7 jam. Karena itu, jangan makan di malam hari ya gaes, untuk menghindari proses pencernaan yang tidak optimal serta penimbunan lemak di perut. Hehe.

Penulis : Neneng Maghfiro (Penggemar telor setengah mateng)

0 2
Happy
Happy
%
Sad
Sad
100 %
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

Neneng Maghfiro

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *