Ini 5 Fakta Menarik tentang Air Mata

  • 6
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

DatDut.Com – Semua orang di dunia ini pasti pernah menangis. Bahkan pertama kali dilahirkan di dunia, setiap bayi pasti menangis terlebih dahulu.

Namun faktanya, ternyata banyak orang yang tak mengetahui banyak hal tentang air mata mereka sendiri. Mau tahu fakta menarik tentang air mata? Simak 5 fakta air mata berikut ini:

1. Beragam Jenis Air Mata

Kamu mungkin berpikir bahwa hanya ada satu jenis air mata, yaitu yang keluar ketika kamu mengalami emosi. Namun fakta sesungguhnya, ada setidaknya tiga jenis air mata.

Pertama adalah air mata basah yang bertugas untuk membasahi dan menjaga kelembapan serta kesehatan mata.

Dalam jurnal The Riddle of Emotional Tears: Why Do We Cry, jenis air mata kedua adalah air mata refleks. Air mata ini biasanya muncul ketika mata kita terganggu seperti terkena angin, asap, bawang merah, atau debu.

Air mata jenis ketiga dan mungkin yang paling familiar dengan kamu adalah air mata yang berkaitan dengan emosi. Air mata emosional ini keluar ketika manusia merasa emosi yang berlebihan.

Penelitian pada tahun 1980-an mengungkap bahwa air mata emosi ini mengandung lebih banyak protein dibandingkan jenis air mata lainnya.

2. Air Mata Memberi Manfaat

Penelitian menunjukkan bahwa air mata yang dikeluarkan saat merasa emosi mengandung hormon stres.

Baca juga:  Sebelum Menyesal dan Terlambat, Yuk Ungkapkan Cinta pada 5 Orang Ini

Dengan begitu, sangat mungkin seseorang merasa lega dan sudah tak stres lagi setelah menangis. Karena air mata membantu tubuh untuk mengeluarkan hormon stres dan membuat seseorang lebih senang.

Meski begitu, peneliti melihat bahwa mekanisme tangisan bahagia dan tangisan sedih sebenarnya sama saja. Yang membedakan adalah emosi yang dirasakan oleh orang tersebut.

3. Ingus Sering Mengalir saat Menangis

Banyak orang yang mulai mengeluarkan ingus ketika mereka menangis. Hal ini sebenarnya wajar terjadi.

Ketika kelenjar air mata mengeluarkan air mata yang berlebihan, beberapa mengalir ke lubang hidung dan keluar lewat hidung.

Ini berarti yang keluar dari hidung sebenarnya bukan ingus yang berlendir, melainkan air mata yang melewati lubang hidung.

Ada juga orang yang merasa pusing setelah menangis. Peneliti berasumsi bahwa hal ini berkaitan dengan dehidrasi yang dialami dalam kepala karena terlalu banyak cairan yang dikeluarkan.

4. Mengapa Menangis saat Mengiris Bawang

Mengiris bawang merah bisa membuat beberapa orang menangis. Hal ini karena bawang mengandung zat kimia yang bisa merangsang kelenjar lacrimal, tempat diproduksinya air mata.

Untuk itulah mengapa banyak orang yang menangis dan mengeluarkan air mata ketika mengiris bawang.

5. Wanita Lebih sering Menangis Dibanding dengan Pria

Wanita menangis rata-rata 5,4 kali dalam sebulan, sementara pria hanya 1,4 kali dalam sebulan.

Baca juga:  Seharusnya Para Nabi Palsu Mengerti 5 Hal Ini Sebelum Deklarasi Kenabiannya

Dengan begitu, diketahui bahwa wanita bisa menangis lima kali lebih banyak dibandingkan pria.

Sebuah hasil penelitian di Telegraph mengungkap bahwa rata-rata wanita menangis selama enam menit, sementara pria rata-rata hanya menangis dua hingga empat menit.

Tangisan bisa berubah menjadi sesenggukan pada 65 persen wanita, sementara hal yang sama hanya terjadi pada enam persen pria.

Meski begitu, perbedaan kuantitas tangisan pda pria dan wanita juga dipengaruhi oleh budaya.

Namun secara biologi diketahui bahwa kelenjar air mata wanita memang diciptakan berbeda dan berkemungkinan lebih sering menangis daripada pria.

Kelenjar air mata wanita lebih besar dibandingkan pria, sementara bagian untuk menampung air mata pada pria lebih besar dibanding wanita, sehingga jika jumlah air mata yang dihasilkan sama, air mata wanita yang akan duluan menetes dan mengalir ke pipi.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Toni Pransiska

Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saat ini sedang menyelesaikan program doktor di kampus yang sama.
Toni Pransiska
  •  
    6
    Shares
  • 6
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close