Ini 5 Fakta Menakjubkan Seputar Semangka

  • 32
  •  
  •  
  •  
    32
    Shares

Datdut.Com – Buah ini masuk dalam kategori buah berair yang sebagian besar jenis daging buahnya bewarna merah. Saat udara panas dan terik, buah ini sangat cocok dikonsumsi.

Kandungan airnya yang besar, membuat buah ini sangat cocok sebagai penghilang dahaga. Meski kaya manfaat, buah ini mudah didapat baik di pasar tradisional maupun di pasar modern.

Hampir sepanjang tahun buah ini bisa ditemukan di pasar-pasar tersebut. Ternyata banyak sekali manfaat dan khasiat buah semangka bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut 5 fakta menakjubkan mengenai semangka:

1. Buah Kesukaan Nabi Muhammad

Menurut riwayat Aisyah, dulu Nabi Muhammad Saw. biasa menyantap semangka dengan kurma masak.

Abu Dawud menambahkan dalam riwayatnya bahwa Nabi pernah bersabda, “Panasnya buah ini (kurma), kita seimbangkan dengan dinginnya buah ini  (semangka).”

Hadis ini disahihkan oleh Suyuthi dan Arnauth. Disebutkan pula oleh Thabrani dalam kitab Al-Mu‘jam Al-Ausath dan juga Hakim bahwa Anas r.a. menuturkan, Nabi mengambil kurma masak itu dengan tangan kanan dan semangka dengan tangan kiri. Beliau lalu menyantap keduanya, yang merupakan buah yang paling beliau sukai.

2. Kaya Manfaat secara Medis

Buah ini lebih cepat dicerna oleh lambung daripada buah ketimun dan wortel. Di samping itu, ia juga cepat mengalami perubahan ketika bercampur dengan zat-zat lain di dalam lambung.

Baca juga:  5 Mitos Orang Tua yang Bersumber dari Ajaran Islam

Buah ini sebaiknya dikonsumsi sebelum makan. Menurut sebagian dokter, mengonsumsi semangka sebelum makan dapat membersihkan perut dan menghindarkan dari penyakit.

Semangka mudah dicerna dan dapat memperlancar jalannya air seni. Bijinya dapat digunakan untuk menyembuhkan batu ginjal dan kista.

Tapi tidak dianjurkan mengonsumsinya terlalu banyak setelah makan, karena dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Kalau mengonsumsinya setelah makan, sebaiknya setelah jeda yang agak lama.

3. Sejarah Semangka

Semangka merupakan tanaman musiman yang biasanya berbuah banyak di musim panas. Ia termasuk jenis tanaman dalam famili cucurbitaceae.

Pada awalnya tanaman ini tumbuh di India dan Mesir karena pernah disebut-sebut dalam pengobatan papirus Epres.

Dari sana semangka menyebar ke berbagai negara di pesisir Laut Mediterania. Semangka merupakan salah satu buah utama di musim panas, karena mengandung kadar air yang tinggi (90-93%), sehingga dapat menghilangkan rasa haus dan menyegarkan tubuh.

4. Kandungan Vitamin Semangka

Sebutir semangka mengandung kadar gula antara 6-9%, kaya akan vitamin C, serta sedikit sekali mengandung vitamin A dan asam nikotinat (niasin).

Buah ini juga mengandung cukup banyak unsur garam mineral, seperti fosforus (P), klorin (Cl), sulfur (S), dan natrium atau sodium (Na). Kadar potasium (K)-nya yang tinggi sudah tidak diragukan lagi.

Kandungan vitaminnya yang tinggi membuat jus semangka sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit tifus dan penderita rematik.

Baca juga:  Terkait Serangan Paris, Ini 5 Bukti Nabi Larang Bunuh Non-Muslim

Biji semangka pun memiliki kandungan gizi yang tinggi, karena mengandung lemak sebanyak 43%, protein 27%, dan glukosa 15%.

Biji ini dapat digunakan untuk bahan pelembut kulit dan untuk peningkat stamina. Ia dapat dikonsumsi setelah dipanaskan bersama-sama dengan kue mentega.

5. Khasiat Semangka

Selain menyegarkan dan dapat menghilangkan rasa haus, semangka juga memiliki beberapa khasiat untuk pengobatan.

Ia sangat baik untuk menyembuhkan penyakit konstipasi (sembelit) ketika bercampur dengan air liur. Jika irisannya ditempelkan pada kulit yang berkerut (keriput), kulit itu akan bersinar dan sedikit kencang.

Di samping itu, buah ini juga bagus untuk mengobati kanker kulit. Namun, para penderita kanker lambung dan usus sangat tidak dianjurkan mengonsumsinya, karena buah ini tidak mudah untuk dicerna bagi mereka.

Air buah semangka ternyata juga berkhasiat untuk membersihkan kulit dari bintik-bintik dan jerawat.

 

 

Komentar

Redaksi

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi
  •  
    32
    Shares
  • 32
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *