Ini 5 Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa

  •  
  •  
  •  
  •  

Dibaca: 228

Waktu Baca1 Menit, 35 Detik

Datdut.Com – Menjadi seorang mahasiswa dan bisa menimba ilmu di sebuah perguruan tinggi memang menjadi sebuah kebanggaan dan pengalaman yang bermakna bagi seseorang.

Tapi bagi mahasiswa yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, tak jarang masalah ekonomi menjadi kendala. Namun, saya yakin bahwa akan selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha.

Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi kiat yang bisa dilakukan seorang mahasiswa agar bisa bertahan hidup di tengah-tengah himpitan ekonomi. Disimak ya!

1. Mengatur keuangan dengan baik

Ini sangat penting. Bukan hanya bagi mereka yang miskin, namun juga bagi yang kaya. Karena dengan mengatur keuangan dengan baik, semua pasti akan tercukupi. Semisal dengan tidak membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

2. Bekerja part time

Dengan bekerja, seorang mahasiswa setidaknya bisa sedikit membantu kebutuhan hidupnya. Apalagi, dia juga akan mempunyai pengalaman lebih banyak dari pada mereka yang tidak “nyambi” bekerja. Meskipun juga tak bisa dipungkiri, bekerja seringkali bisa mengganggu proses belajar. Namun, saya yakin, semua akan baik-baik saja asalkan bisa mengatur waktu dengan baik.

Baca juga:  ​Mengapa Anda Dapat Gelar "Guru Killer"? Ini Penyebabnya

3. Mencari beasiswa

Jika mau mencari, sebenarnya banyak beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa. Ada yang dari lembaga swasta, ada pula yang dari pemerintah. Jika Anda ingin mencari, saya sarankan rajin-rajinlah bertanya, entah kepada teman, dosen, atau pun Mbah Google. Insyaallah ada info.

4. Perbanyak silaturrahim

Dengan silaturrahim, insyallah akan menjadi perantara rizki kita dicukupi oleh Allah swt. Bukankah ada hadist yang menjelaskan bahwa silaturrahim bisa memperpanjang umur dan memperluas rizki? Juga, silaturrahim akan menjadikan kita mempunyai banyak teman.

5. Sedikit tirakat

Jika tak ada jalan lain, jurus terakhir yang bisa ditempuh seorang mahasiswa adalah dengan tirakat, yakni dengan menjalani hidup pas-pasan dan apa adanya. Memang berat sih, namun yakin saja, semua akan indah pada waktunya.

Baca juga:  Ini 5 Alasan Lebih Memilih Belanja Online

Itulah 5 cara hidup mahasiswa yang menginginkan atau sedang belajar hidup mandiri. Anda sudah mencoba tip yang nomer berapa?

(Editor : Neng Irin)

OKENurul Huda (Penikmat Dadar Jagung)

FB: Alamul Huda

 

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Komentar

M. Nurul Huda
Latest posts by M. Nurul Huda (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *