Ide Bisnis Memadukan Jual Pulsa Murah Online dan Offline

  •  
  •  
  •  
  •  

DatDut.Com – Pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Hal itu tak lepas dari semakin banyaknya pemilik ponsel.

Didukung dengan jangkauan layanan internet yang kian merambah berbagai wilayah hingga pelosok, maka ponsel, pulsa dan kuota internet adalah 3 hal yang saling berkaitan.

Dari sinilah ide bisnis bisa Anda kembangkan, yaitu jual pulsa murah online dan offline.

Anda pun bisa memanfaatkan layanan jual pulsa seperti Traveloka dan sejenisnya. Pulsa di situs Traveloka.com misalnya, sangat menguntungkan jika Anda jual lagi secara offline.

Tinggal daftar, isi saldo, dan lakukan penjualan. Hanya saja, Anda harus selalu terhubung dengan internet untuk bisa melakukannya.

Umumnya orang berjualan pulsa hanya sebagai sampingan dan memanfaatkan salah satu dari dua metode di atas. Bisnis jualan pulsa pun hanya jadi tambahan pemasukan dari toko ataupun warung.

Dengan menggabungkan dua metode daring dan luring, tentunya akan lebih banyak keuntungan yang diraup.

Pengembangan ide bisnis ini cukup menarik. Agar semakin mantap coba cek dan pikirkan poin-poin berikut ini.

Kenapa Harus Menggabungkan Dua Metode Jualan Pulsa?

Sebelum membahas langkah-langkah untuk bisnis juala pulsa online dan offline, alasan berikut bisa jadi pertimbangan yang baik.

1. Memperluas Jangkauan Konsumen

Menurut hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dikutip Kompas (19/2/2018), jumlah pengguna internet di Indonesia hingga tahun 2017 telah mencapai 143,26 juta jiwa.

Jumlah ini akan terus meningkat di setiap tahunnya.

Itu artinya, konsumen yang membutuhkan layanan pulsa juga semakin bertambah. Dan untuk menjaring konsumen lebih luas, mau tak mau penjual pulsa harus terjun di bisnis jual pulsa secara online.

Hal ini juga tak lepas dari kecenderungan pengguna internet untuk membeli pulsa secara online ketimbang membeli pulsa di konter.

Pertimbangan harga pulsa murah di layanan online merupakan salah satu daya tarik terkuat, ditambah efektifitas dan efesiensi waktu serta layanan yang bisa diakses kapan pun.

Baca juga:  Dunia Darurat Virus Zika, Ini 5 Fakta Penting di Baliknya

Jadi alasan pertama menggabungkan dua metode online dan offline adalah untuk memperluas jangkauan konsumen.

2. Menambah Usaha, Mempertahankan yang Sudah Ada

Alasan kedua adalah untuk menambah usaha tanpa harus meninggalkan usaha yang lama.

Ketika bisnis jual pulsa sudah berjalan secara offline, tentu konsumennya hanya masyarakat sekitar, maupun dari daerah lain yang kebetulan singgah jika konter Anda.

Namun seiring semakin menjamurnya konter-konter pulsa, persaingan pun kiat ketat. Nah, dengan menambah layanan online, jangkauan Anda akan lebih luas.

3. Menekan Kemungkinan Pulsa Dihutang

Hutang masih jadi kendala sebagian penjual pulsa di lingkungan. Dengan tetangga, saudara, dan orang terdekat yang kadang kurang pengertian, usaha pulsa jadi sasaran bon.

Lain halnya jika Anda jualan pulsa online. Transaksi akan terjadi jika pembeli sudah bayar. Benar-benar menguntungkan.

Langkah Memulai Bisnis Pulsa Offline

Secara umum bisnis jualan pulsa secara online maupun offline dimulai dari langkah yang sama meskipun beda bentuknya. Berikut ini rinciannya, dimulai dari bisnis pulsa secara offline.

1. Siapkan Modal

Modal tentu jadi hal pertama yang wajib disiapkan. Tak perlu langsung besar jika masih pemula.

Termasuk dalam modal ini adalah ponsel kerja yang Anda gunakan untuk mengirim sms kode transaksi. Tak perlu ponsel mahal, yang penting bisa untuk kirim sms.

2. Cari Server Pulsa ataupun Distributor, Daftarkan Diri

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri ke distributor pulsa maupun server.

Distributor biasanya sudah banyak di lingkungan sekitar, tinggal memilih mana yang meyakinkan saja.

Demikian juga untuk mendaftar ke server pulsa online, sudah banyak website-website server pulsa yang bisa Anda jadikan langganan. Biasanya Anda akan kena kewajiban untuk isi saldo minimal.

3. Mulai Berjualan Pulsa

Setelah siap semuanya, mulailah berjualan pulsa elektrik.

Caranya bisa dengan menawarkan langsung ke orang-orang di sekitar Anda, memasang poster ataupun tulisan yang besar, ataupun promosi lainnya.

Sebagai permulaan, sebaiknya Anda memasang tarif pulsa murah saja. Selisih sedikit dengan penjual pulsa lain adalah salah strategi awal untuk menarik pelanggan.

Baca juga:  Ini 5 Kesan Setelah Menonton Film ‘Bulan Terbelah di Langit Amerika’

Bisnis Jual Pulsa Murah Online yang Otomatis

Beralih ke bisnis pulsa online. Pada dasarnya ungkapan jual pulsa online bisa diterapkan pada penjual pulsa yang melayani pembeli secara manual yang memasarkan layanan lewat media sosial.

Artinya ketika ada pembeli pulsa, ia harus mengirim SMS dengan format tertentu, barulah pulsa terkirim.

Juga berlaku pada penjual pulsa berbasis web yang melakukan transaksi dengan mengakses website server pulsanya.

Namun yang paling seru dari bisnis pulsa murah secara online adalah jika sudah memiliki pengetahuan dasar pemograman.

Beberapa layanan server pulsa menyediakan API (Application Programming Interface) untuk anggotanya.

Dengan API ini, Anda bisa membuat website penjualan pulsa sendiri namun tetap terhubung dengan sistem server utama.

Keunggulan dari sistem ini, Anda tak perlu repot lagi melakukan transaksi dengan mengirim SMS berformat khusus, maupun melayani pembeli dengan mengakses website.

Justru Anda seolah punya server pulsa sendiri dan berjalan otomatis. Anda hanya perlu mengisi saldo pulsa di server pulsa utama, sehingga cukup untuk melayani pembeli di website Anda.

Demikian ulasan tentang ide bisnis jual pulsa murah secara offline dan online.

Perubahan dan kemajuan teknologi memang menuntut kita untuk meningkatkan kemampuan, termasuk dalam hal jualan pulsa. Selamat mencoba.

 

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Redaksi

Mengabarkan dan menghadirkan berbagai hal yang sedang ramai diperbincangkan oleh publik dan netizen dengan pendekatan jurnalisme warga.
Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close