Hijrah yang Membuat Kita Tak Berhenti Hijrah

  • 31
  •  
  •  
  •  
    31
    Shares

DatDut.Com – Ketika kita mendengar kata hijrah, maka yang akan muncul di benak kita adalah tentang bagaimana mengubah diri dari pribadi yang belum baik menjadi pribadi yang lebih baik.

Saat ini kata hijrah menjadi sangat ngetren. Tak heran bila kisah hijrah semakin banyak terdengar dan sangat mudah untuk ditemui karena fenomena hijrah sudah sangat marak.

Pelaku dari fenomena hijrah bukan hanya saja dari kalangan biasa, bahkan banyak kita dengar berita tentang artis-artis Indonesia khususnya yang akhirnya rela meninggalkan dunia gemerlap keartisan menuju jalan hijrah.

Sejumlah pemain sinetron, musisi, hingga penyanyi memutuskan untuk berhijrah dan memulai kehidupan baru yang jauh dari ingar-bingar dunia keartisan.

Salah satunya adalah Cinta Penelope. Wanita kelahiran 1984 asal Jakarta ini adalah seorang penyanyi dan pemeran film Indonesia.

Siapa sangka, Cinta yang dulu  sangat dikenal sebagai pelantun lagu Keong Racun dan suka mengenakan baju seksi kini memutuskan untuk berhijab syar’i.

Satu alasan yang melatarbelakanginya untuk berhijrah adalah panggilan hati. Cinta mengaku tidak pernah mendapat ketenangan dengan profesi yang dijalani meskipun secara materi tercukupi.

Baca juga:  Manfaat Dunia-Akhirat yang Bisa Didapat Saat Tertimpa Musibah

Bukan hanya dirinya yang merasa tidak tenang, bahkan ibunya pun merasakan hal yang sama karena anaknya yang harus mengenakan baju-baju seksi.

Hingga akhirnya, Cinta membulatkan tekad dan niatnya untuk berhijrah mengenakan hijab. Karena sebab itu, dia meminta maaf kepada ibunya apabila uang yang dihasilkannya tidak akan sama seperti sebelum berhijrah.

Dengan rasa bangga, ibunya bahkan sangat mendukung proses hijrah anaknya itu karena mau meninggalkan masalah duniawi.

Bagi ibunya tak penting berapa banyak penghasilan yang didapat, yang terpenting adalah keadaan anaknya yang lebih baik mengikuti syariat Islam.

Hingga saat ini, Cinta Penelope masih istiqomah dengan hijrahnya itu. Di salah satu unggahannya, Cinta menuliskan caption bahwa kita tidak perlu malu mengakui kesalahan.

“Jangan pernah merasa malu mengakui apa yang pernah kita lakukan dahulu. Percuma kita dikenal di dunia ini tetapi jika kita mati nanti Allah tidak mengenal kita. Tinggalkanlah sesuatu yang salah untuk sebuah kebenaran.”

Caption yang menarik. Di sinilah kekuatan hijrah. Ia bisa mengubah seseorang hingga bisa menyadari kesalahannya.

Baca juga:  Ada 5 Kegiatan terkait Salat Jumat yang Sering Disangka Bidah

Maka, bila sudah berketetapan hati untuk hijrah, kita tidak perlu menghiraukan ocehan orang-orang yang beranggapan negatif soal hijrah.

Meskipun kita tetap harus mawas diri agar jangan sampai hijrah kita membuat kita jadi sombong. Jika demikian, berarti hijrah kita baru di luar, belum di dalam.

Hijrah yang sejati adalah hijrah yang membuat kita tak berhenti berhijrah. Karena, hijrah itu upaya terus-menerus memperbaiki diri sampai kapan pun. 

Hijrah yang sebenarnya bukan yang membuat kita merasa baik, apalagi merasa paling baik. Karena, hijrah adalah langkah tak kenal henti untuk menjadi baik.

%
Happy
%
Sad
%
Excited
%
Angry
%
Surprise

Komentar

Iip Latifah

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Iip Latifah
  •  
    31
    Shares
  • 31
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close